Terbit: 27 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat minum susu sebelum olahraga membuat tubuh tetap terhidrasi dan dapat memulihkan diri setelah sesi latihan. Selain itu, apa saja khasiatnya minum susu sebelum latihan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Minum Susu sebelum Berolahraga Ternyata Baik untuk Tubuh

Manfaat Minum Susu sebelum Olahraga

Tren bahwa minum susu sebelum olahraga adalah langkah yang tepat. Hal ini karena setiap produk susu memberikan jumlah protein yang baik. Menjadikan susu pilihan yang cocok untuk membantu latihan lebih baik di gym atau di rumah.

Berikut ini manfaat minum susu sebelum olahraga:

1. Sumber Protein

Baik susu maupun yoghurt adalah sumber protein yang sangat baik dari nilai biologis dan merupakan alternatif alami untuk protein shake. Kasein (sejenis protein dalam susu) dan whey (bagian cair dari susu) sangat penting bagi mereka yang gemar berolahraga dan seorang atlet saat berlatih.

2. Menghidrasi Tubuh

Selain itu, susu adalah produk yang sebagian besar dari air, yang mendukung hidrasi (pemenuhan kebutuhan cairan tubuh) sebelum berolahraga. Siapa pun harus melengkapi olahraga dengan cairan, selama dan setelah rutinitas.

3. Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan

Manfaat minum susu sebelum olahraga juga dapat membantu merangsang sintesis protein di otot dan mengurangi degradasi serat. Hal ini berarti bahwa di satu sisi, protein dalam susu dapat membantu tubuh memiliki lebih banyak kekuatan dan ketahanan dan di sisi lain, dapat mempercepat proses pemulihan setelah latihan.

Dengan minum susu, Anda juga akan memperoleh gula yang langsung masuk ke darah dan akan meningkatkan ketahanan fisik. Sebuah peneltian di tahun 2008 menemukan bahwa orang yang minum susu dan susu yang ditambah glukosa memiliki kecenderungan berolahraga lebih lama daripada orang yang hanya minum air putih.

4. Memenuhi Nutrisi

Selain itu, minum milkshake dan sepotong buah beberapa jam sebelum pergi ke gym akan memberi tubuh semua nutrisi yang dibutuhkan. Tidak hanya protein, manfaat minum susu sebelum olahraga juga memberi beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin A, B2, B12, D, dan kalsium.

Tips Minum Susu Sebelum Olahraga

Minum susu dengan jumlah yang banyak sebelum berolahraga dapat membuat perut terasa sakit dan cepat lelah. Jika berencana untuk minum susu sebagai makanan kecil sebelum berolahraga, sebaiknya biarkan dua hingga tiga jam untuk pencernaan sebelum berolahraga. Sedangkan jika makan besar, tunggu minimal tiga sampai empat jam sebelum berolahraga.

Makanan kecil sebelum berolahraga mungkin termasuk susu rendah lemak atau susu skim. Lemak dalam susu murni atau dua persen susu bisa menyebabkan gangguan perut saat berolahraga.

Bagaimana Jika Memiliki Inteloransi Laktosa?

Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, hindari susu sebelum dan sesudah berolahraga. Intoleransi laktosa adalah masalah pencernaan akibat tubuh tidak mampu mencerna laktosa. Gejala intoleransi laktosa termasuk mual, sembelit, diare, dan kembung.

Jika memiliki intoleransi lantosa, Anda harus menghindari susu dan produk susu yang mengandung laktosa. Jika ingin tetap minum susu, konsumsilah jenis susu bebas laktosa sebagai bagian dari makanan sebelum atau sesudah berolahraga.

Minum Susu setelah Olahraga

Minum susu setelah berolahraga juga merupakan langkah yang dilaim tepat. Alasannya karena makanan susu membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan merangsang tubuh untuk memproduksi lendir. Hal ini dapat mencegah kinerja olahraga yang baik.

Gagasan yang mendukung minum susu setelah berolahraga menyatakan bahwa ini adalah pilihan yang baik jika ingin memulihkan otot. Oleh karena itu, susu adalah alternatif yang direkomendasikan untuk diminum setelah latihan. Terutama karena susu akan membantu menggantikan cairan yang hilang dan cadangan karbohidrat.

Seberapa Banyak Minum Susu Setelah Olahraga?

Wanita yang melakukan rutinitas latihan angkat beban mungkin lebih baik minum dua gelas besar susu daripada minuman energi berbahan gula setelah olahraga, menurut sebuah penelitian.

Jika Anda merasa susu terlalu berat atau membuat badan lesu setelah meminumnya, maka sebaiknya hindari susu setelah berolahraga. Dengan cara ini, Anda akan pulih lebih cepat, terhidrasi dengan baik, dan tanpa gangguan pencernaan.

 

  1. Anonim. 2019. Is it Good to Drink Milk Before Exercising?. https://fitpeople.com/diet-and-nutrition/is-it-good-to-drink-milk-before-exercising/ (Diakses pada 27 September 2021)
  2. Hendrick, Bill. 2010. Drinking Milk May Boost Benefits of a Workout. https://www.webmd.com/diet/news/20100528/drinking-milk-may-boost-benefits-of-a-workout#1 (Diakses pada 27 September 2021)
  3. Wood, Heather T. Tanpa Tahun. Can Drinking Milk Before a Workout Make You Sick?. https://www.livestrong.com/article/525426-can-drinking-milk-before-a-workout-make-you-sick/ (Diakses pada 27 September 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi