Terbit: 11 February 2022 | Diperbarui: 9 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak makanan sehat Thailand yang juga enak dan mengenyangkan. Bagi pecinta kuliner, yuk coba makanan khas Thailand halal, enak, dan sehat berikut ini!

14 Makanan Khas Thailand yang Sehat dan Lezat, Mau Coba?

Makanan Sehat Thailand yang Menggugah Selera

Bagi penggemar makanan pedas, menu-menu makanan Thailand pasti menjadi salah satu pilihan. Selain enak dan menggugah selera, banyak makanan khas Thailand juga menyehatkan. Makanan sehat Thailand biasanya menyatukan sumber protein seperti ayam dan seafood dengan aneka sayuran.

Berikut ini adalah menu khas Thailand yang sehat dan lezat:

1. Ikan Kukus

Ikan kukus khas Thailand disajikan dengan aneka sayuran. Ini termasuk makanan Thailand yang paling sehat karena minim lemak dan minyak. Menu ikan kukus juga bisa ditemukan di nyaris semua restoran Thailand dalam porsi besar.

2. Som Tam (Salad Pepaya)

Salad pepaya biasanya disajikan sebagai menu pembuka. Terbuat dari pepaya, kacang polong, cabai merah, udang kering, dan tomat. Mengandung vitamin A dan C yang tinggi, antioksidan, vitamin B, dan sejumlah mineral.

Selain lezat, warnanya yang menarik menambah nafsu makan. Salad ini juga dapat dimakan bersama sate ayam agar nutrisinya semakin lengkap. Ada juga beberapa jenis Som Tam dengan isian berbeda, seperti suwiran ikan, pasta udang, dan daging kepiting.

3. Salad Larb Gai

Salad Larb Gai sebenarnya berasal dari Laos, tetapi cukup populer di Thailand. Larb Gai terbuat dari daging sapi atau ayam yang dicampur dengan sayuran, bawang merah, perasan lemon, dan disajikan di dalam mangkuk selada.

Salad ini segar, dengan paduan rasa gurih dan asam. Menu ini kaya protein, serat, vitamin, dan antioksidan yang patut kamu coba.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Korea yang Sehat dan Tips Memasaknya

4. Sate Ayam

Sate ayam Thailand disajikan sebagai menu pembuka. Menu ini kaya protein dan dapat dimakan bersama salad atau menu sayuran lainnya agar gizinya lebih seimbang.

Sate ayam yang tinggi protein juga dapat dimakan bersama nasi untuk menambah kandungan karbohidrat. Ini salah satu makanan khas Thailand halal yang paling diminati.

5. Kari Tahu dan Sayuran

Kari Thailand, seperti juga menu gulai dan kari di Indonesia, di mana sama-sama menggunakan santan. Walaupun lezat, tetapi mengandung banyak lemak.

Namun kari tahu menggunakan berbagai jenis sayuran dan tahu, yang menambah kandungan vitamin dan serat serta menyeimbangkan nutrisi di dalamnya.

6. Salad Thai Beef

Salad Thai Beef adalah menu yang tinggi protein, serat, dan vitamin. Selain daging, isi salad adalah aneka sayuran dan dimakan bersama nasi gulung.

Jika ingin lebih banyak serat, isi salad dapat ditambah sayuran sementara daging dalam porsi kecil saja. Apa kamu mau coba makanan Thailand ini?

7. Tom Yum

Siapa yang tidak kenal menu yang satu ini? Tom Yum adalah sejenis sup dengan isian daging ayam atau seafood yang disajikan hangat.

Rasanya yang pedas dan asam memberi sensasi segar dan menggugah selera. Di beberapa restoran, salah satu makanan khas Thailand halal ini disajikan sebagai menu pembuka. Namun, bisa juga dimakan sebagai lauk bersama nasi putih atau nasi bakar.

8. Yum Ma Muang (Salad Mangga Muda)

Menu ini mirip dengan salad pepaya, mudah dibuat dan kaya nutrisi. Yum Ma Muang berisi wortel, mangga, dan air perasan lemon yang dicampur menjadi satu.

Dapat juga ditambahkan gula aren dan rasanya menjadi mirip dengan rujak. Salad mangga biasa dimakan sebagai camilan atau sajian penutup. Bisa juga dimakan sebagai menu utama bersama daging ikan rebus, udang, dan nasi

9. Yum Talay (Salad Seafood)

Salad seafood adalah campuran dari makanan laut, tomat, mangga, wortel, selada, dan bawang merah atau bawang bombay.

Menu lautnya sendiri beragam, namun biasanya terdiri dari cumi-cumi, udang, kerang, daging kepiting atau ikan. Selain lezat, salad ini juga kaya akan protein, omega 3 dan 6, aneka mineral, dan vitamin C.

Baca Juga: Lezat dan Bergizi, Ini Rekomendasi Makanan Tradisional yang Sehat

10. Gai Pad Med Mamuang

Menu ini dimasak dengan cara digoreng, dan merupakan salah satu menu Thailand yang paling sehat. Terdiri dari ayam dengan kacang mete, jagung muda, dan bawang bombay.

Kacang mete kaya protein dan vitamin B serta lemak tak jenuh. Daging ayam memenuhi asupan protein harian. Sedangkan jagung muda dan bawang memberikan serat, karbohidrat, dan antioksidan.

11. Mie Ladna

Mie ladna adalah sajian mi goreng dengan kuah khas Thailand yang segar. Rasa mie yang gurih, dipadukan dengan kuah yang pedas dan asam benar-benar menggugah selera.

Topping-nya adalah berbagai jenis sayuran seperti sawi, wortel, jamur, dan buncis. Ditambah daging ayam cincang, udang, dan cumi, menu ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan mengenyangkan.

12. Kaeng Liang

Makanan sehat Thailand yang kaya protein, omega 3, vitamin, serat, tapi rendah lemak. Bentuknya seperti sup ikan di Indonesia.

Berisi udang atau ikan, jagung muda, labu kuning, jamur, kaldu ayam, dan daun kemangi. Agar lebih nikmat, sup ini dimakan hangat-hangat bersama pasta udang dan saus ikan.

13. Khao Man Gai

Jika menu-menu sebelumnya didominasi oleh seafood, maka Khao Man Gai memakai daging ayam sebagai bahan utama. Ayam direbus dengan rempah-rempah dan disajikan dengan taburan saus pedas dan daun ketumbar. Menu kaya protein ini merupakan menu utama dan dimakan bersama nasi hangat.

14. Nam Prik

Nam Prik bukan nama makanan utama atau camilan, melainkan saus cocolan. Saus ini terbuat dari pasta udang, cabai, air perasan lemon, bawang, serta potongan udang.

Nam Prik dimakan bersama aneka sayuran rebus. Rasanya pedas asam dan segar. Nam Prik bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sedang diet dan ingin sayurannya lebih bercitarasa.

Ternyata selain menggugah selera dan kaya akan rasa, makanan khas Thailand juga menyehatkan. Bagi mereka yang tidak terlalu menyukai pedas, dapat memilih menu yang tidak memakai banyak cabai atau saus pedas khas Thailand. Dengan memilih menu yang menyehatkan, acara makan bersama tentu akan lebih menyenangkan.

 

  1. Eating Thai Food. 2021. Healthy Thai Food: 21 Delicious Dishes that are Actually Good For You! https://www.eatingthaifood.com/healthy-thai-food-21-delicious-dishes-that-are-actually-good-for-you/. (Diakses pada 30 Januari 2022).
  2. H&P Collective Team. 2021. 10 Of The Healthiest Thai Dishes You Can Order. https://healthandperformancecollective.com/healthiest-thai-dishes-to-order/. (Diakses pada 30 Januari 2022).
  3. Iverson, Kelly. 2018. The Top 10 Healthy Thai Dishes. https://theculturetrip.com/asia/thailand/articles/the-top-10-healthy-thai-dishes/. (Diakses pada 30 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi