Terbit: 20 Desember 2021 | Diperbarui: 30 Desember 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Makanan tradisional sehat dari Indonesia memiliki cita rasa yang diakui dunia soal kelezatannya.  Yuk, simak rekomendasi masakan lezat dan menyehatkan berikut ini!

Lezat dan Bergizi, Ini Rekomendasi Makanan Tradisional yang Sehat

Rekomendasi Makanan Tradisional Sehat dan Lezat

Indonesia memiliki 931 suku bangsa dan 900 lebih jenis masakan di Indonesia. Keragaman geografis dan budayanya telah menghasilkan beragam masakan yang paling khas. Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ada sekitar 30 kuliner ikon makanan tradisional di Indonesia.

Dalam sebuah penelitian, Yogyakarta menjadi perwakilan dari makanan dan budaya tradisional Jawa. Berkat makanan sehat, angka harapan hidup penduduk Yogyakarta sekitar 74,2 tahun, yang merupakan tertinggi di Indonesia. Daerah lainnya juga memiliki masakan yang sehat.

Berikut ini beberapa makanan tradisional sehat dari Indonesia:

1. Pecel Sayur

Pecel adalah campuran sayuran yang direbus, termasuk wortel, bayam, dan kecambah dan disajikan dengan saus kacang. Sambal kacang biasanya dicampur dengan bawang putih, gula merah, garam, cabai, daun jeruk, dan asam jawa.

Secara tradisional, pecel disajikan menggunakan daun pisang yang disebut pincuk atau piring tradisional bernama ingke. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan nasi dan lauk pauk seperti tempe dan telur.

Pecel adalah makanan tradisional yang mengandung banyak senyawa bioaktif, seperti karoten, zat besi, lutein, asam folat, vitamin E, kavanin, genistein, dan kandungan menyehatkan lainnya.

2. Brongkos

Brongkos adalah makanan favorit masyarakat Jawa termasuk Sri Sultan Hamengku Buwono X. Makanan ini merupakan semur daging yang dipadukan bersama tahu dan kacang polong serta dimasak dengan santan.

Bahan-bahan digunakan dalam pembuatan brongkos adalah daging sandung lamur, tahu, kacang polong, ampas melinjo, cabai, serai, santan, daun salam, lengkuas, daun jeruk, bawang putih, bawang merah, kluwak, ketumbar, kemiri, gula aren, garam, dan kunyit.

Alasan brongkos menjadi makanan sehat tradisional karena mengandung banyak gizi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, kalsium, dan zat besi. Brongkos juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

3. Gado-Gado

Gado-gado adalah salah satu masakan sehat tradisional dari Indonesia. Makan sehat ini terdiri dari beberapa sayuran, seperti kacang panjang, selada, kentang rebus, taoge, kol, satu butir telur rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Komposisinya membuat hidangan ini lebih sehat dan bagus untuk diet.

Sayuran dalam gado-gado memiliki vitamin dan mineral yang dapat membuat penikmatnya awet muda. Sayuran dari makanan tradisional sehat ini juga menjadi sumber serat pangan dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Sayur Tempe Lombok Ijo

Sayur tempe lombok ijo adalah masakan tradisional Yogyakarta yang berbahan dasar tempe, cabai hijau, dan santan. Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi, yang secara tradisional menjadi sumber protein alternatif.

Tempe memiliki kandungan gizi lainnya, seperti vitamin B12, fitokimia, konstituen antioksidan, dan polisakarida, antioksidan, dan zat bioaktif lainnya.

Dengan kandungan ini, tempe dapat meningkatkan kesehatan usus, mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu, dan meningkatkan kesehatan menopause.

Baca Juga: 11 Makanan Sehat untuk Anak (Bergizi Tinggi)

5. Soto

Soto juga menjadi salah satu masakan tradisional Indonesia terlezat yang bisa kita temukan dengan mudah. Biasanya, setiap daerah memiliki nama dan ciri khas khusus yang membuatnya berbeda.

Jenis soto di Indonesia biasanya menggunakan bahan-bahan yang sama. Soto bisa dibuat dari daging ayam atau sapi yang ditambahkan bihun, kol, tauge, tomat, telur rebus, jeruk nipis, dan emping.

Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang membuat makanan ini menyehatkan. Kandungan ini seperti protein, kalsium, karbohidrat, asam amino, zat besi, fosfor, vitamin D, A, C,  dan E, yang masing-masingnya memiliki khasiat untuk kesehatan.

6. Rendang

Rendang adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Berkat rasanya, rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Rendang ternyata juga tergolong makan sehat tradisional.

Tidak hanya lezat, manfaat makan rendang juga baik untuk kesehatan. Ini karena kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, termasuk protein, mineral (kalsium, zat besi, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, potasium, selenium, dan zinc), L-Carnitine, dan glutathione.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Sehat yang Praktis dan Hemat

Itulah rekomendasi makanan sehat tradisional yang mungkin cocok untuk menjadi makanan sehari-hari Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Healthy Food of Asia Part 1: Indonesian Cuisine. https://asiasociety.org/korea/healthy-food-asia-part-1-indonesian-cuisine-1. (Diakses pada 20 Desember 2021)
  2. Harmayani, Eni et al. 2019. Healthy food traditions of Asia: exploratory case studies from Indonesia, Thailand, Malaysia, and Nepal. https://journalofethnicfoods.biomedcentral.com/articles/10.1186/s42779-019-0002-x (Diakses pada 20 Desember 2021)
  3. Susanti. Tanpa Tahun. The Most 8 Healthier Indonesian National Dishes. https://factsofindonesia.com/indonesian-national-dishes. (Diakses pada 20 Desember 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi