Terbit: 19 Januari 2022 | Diperbarui: 20 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makanan Korea yang sehat bisa menjadi pilihan menu makan untuk Anda, karena bahan dan cara memasaknya tergolong sehat. Bahkan masakan Korea bisa menjadi menu untuk menjalani diet penurunan berat badan. Yuk, selengkapnya ketahui daftar makanan sehat dari Korea di bawah ini!

10 Menu Makanan Korea yang Sehat dan Tips Memasaknya

Apakah Makanan Korea Menyehatkan?

Bahan dan cara memasak makanan tradisional Korea, umumnya dianggap sehat. Karena biasanya menggunakan banyak sayuran dan dimasak tanpa banyak minyak, sehingga makanan Korea sering kali lebih rendah kalori.

Satu penelitian menemukan adanya kaitan antara makanan Korea yang sehat dengan penurunan risiko sindrom metabolik. Ini adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Terlebih lagi, makanan yang difermentasi dari Korea, memberikan manfaat kesehatan karena kandungan bakteri baik yang disebut probiotik.

Salah satu makanan Korea yang difermentasi adalah kimchi, makanan khas ini dibuat melalui fermentasi lakto. Itu berarti kimchi  mengandung bakteri Lactobacillus. Menurut penelitian, bakteri ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan Khas Korea yang Sehat

Sebagian besar makanan Korea sehat dan penuh dengan makanan bergizi seperti sayuran, nasi, daging, dan ikan.

Makanan dari negara yang dijuluki negeri ginseng ini sering kali disajikan dengan porsi sedikit, sup berbahan kaldu, dan kubis yang difermentasi. Ini umumnya dianggap sehat dan dikenal karena menggabungkan banyak bahan yang meningkatkan imun.

Berikut ini makanan korea yang sehat:

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang melalui proses fermentasi. Makanan ini terbuat dari kubis, lobak, daun bawang, dan berbagai bumbu, seperti bubuk cabai merah, bawang putih, jahe, dan saus ikan.

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kimchi dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh. Salah satunya kolin, adalah senyawa alami yang penting untuk menjaga sel, otot, sistem saraf, dan bahkan suasana hati.

Kimchi juga memiliki banyak kandungan vitamin K, yang membantu pembekuan darah dan menjaga tulang agar tidak rapuh.

2. Kimbap

Kimbap atau juga disebut gimbap, merupakan makanan yang terbuat dari gulungan rumput laut dan nasi. Gulungan ini menyerupai sushi dan bisa dibuat dengan bahan lainnya, seperti sayuran, daging, telur, dan ikan, atau disesuaikan dengan selera.

Jika melihat kandungan nutrisinya, kimbap menjadi makanan korea yang sehat, Ini karena kimbap memiliki 0 gram lemak untuk setiap 32 gram karbohidrat dan 3 gram protein, serta mengandung serat.

3. Bibimbap

Bibimbab dibuat dari nasi, sayuran, daging, dan telur, yang disajikan dalam satu mangkuk. Ini adalah makanan yang seimbang dan bergizi.

Jika sedang mengikuti diet vegetarian, Anda dapat mengganti daging dengan protein nabati seperti tahu, tempa, atau protein nabati lainnya.

4. Kongguksu

Makanan khas Korea Selatan ini adalah sup mie susu kedelai yang dingin. Kongguksu menyajikan mie gandum dalam kaldu susu kedelai.

Makanan ini biasanya menggunakan toping atau bahan tambahan di atasnya, seperti mentimun dan tomat yang membuatnya lezat dan sehat.

5. Soondubu jjigae

Disajikan dalam satu mangkuk, soondubu jjigae terbuat dari tahu lembut, jamur, sayuran, dan terkadang daging, yang direbus dengan kuah yang pedas.

Soondubu jjigae menjadi makanan khas korea yang sehat, karena dalam setiap 6 gram lemak dari daging, terdapat 2 gram karbohidrat dan 6 gram protein. Kandungan ini sangat bagus karena hampir tidak ada karbohidrat, sehingga ada ruang untuk semangkuk nasi.

Baca Juga: 11 Makanan Fermentasi untuk Pencernaan & Cegah Penyakit

6. Bulgogi

Bulgogi adalah salah satu masakan Korea paling populer yang terbuat dari irisan daging sapi dengan sayuran dan nasi.

Makanan ini tinggi protein dan memberikan mikronutrien, meskipun bisa tinggi lemak tapi tergantung pada potongan daging yang digunakan. Anda bisa sayuran untuk melengkapi makanan menjadi lebih sehat.

7. Bookeo guk

Jika menyukai sup ringan dan ikan, bookeo guk adalah hidangan yang tepat untuk Anda. Makanan khas korea yang sehat ini adalah hidangan yang sangat ringan dan biasanya hidangkan dengan nasi dan daging.

Sup ini menggunakan potongan kecil ikan Pollack yang membuat kombinasi rasa dan tekstur yang sangat menarik karena supnya terasa gurih.

Dalam hidangan khas bookeo guk, untuk setiap 2 gram lemak, terdapat 1 gram karbohidrat dan 5 gram protein. Ini menjadi hidangan yang bagus ketika sedang berdiet karena hampir tidak mengandung lemak dan karbohidrat.

Baca Juga: Mengenali Fakta Soju, Minuman Keras Khas Korea yang Mendunia

8. Galbi tang

Galbi Tang adalah sup Korea dengan cita rasa yang pedas, hangat, dan memiliki banyak potongan iga yang lezat. Sup ini dikombinasikan dengan nasi dan sayuran yang menyehatkan.

Dalam satu porsi khas galbi tang, untuk setiap 8 gram lemaknya memiliki 3 gram karbohidrat dan 8 gram protein.

Kandungan karbohidrat dalam masakan ini hanya ada 3 gram, jadi memadukannya dengan nasi adalah cara yang cocok agar menjadi makanan lengkap.

9. SamGyeTang

SamGyeTang adalah sup ayam ginseng yang memiliki rasa dan nilai gizinya yang luar biasa. Sup ini menyajikan satu ekor ayam muda yang direbus selama berapa jam 2-3 jam sampai empuk.

Selain lezat, makanan ini memberikan banyak manfaat karena untuk setiap 3 gram lemak, terdapat 4 gram karbohidrat dan 11 gram protein.

Masyarakat Korea biasanya menyantap SamGyeTang untuk tetap bugar dan merampingkan tubuh.

10. Sayuran kukus, tumis, dan berbumbu

Makanan yang dimasak dengan cara yang sehat dan tidak merusak gizi menjadi andalan makanan Korea.

Misanya terong kukus, zucchini tumis, tauge berbumbu, dan bayam berbumbu adalah di antara banyak sayuran sehat yang disajikan dalam masakan Korea.

Baca Juga: Lezat dan Bergizi, Ini Rekomendasi Makanan Tradisional yang Sehat

Tips Memasak Makanan Korea yang Sehat di Rumah

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari masakan khas Korea, Anda dapat mencoba memasaknya di rumah.

Carilah resep yang memiliki keseimbangan gizi untuk Anda, seperti protein, lemak, karbohidrat, dan sayuran non-tepung. Namun, jangan berlebihan dengan daging berlemak atau nasi yang banyak mengandung karbohidrat.

Ketika membuat resep yang membutuhkan saus fermentasi atau bumbu lainnya, perhatikan kandungan garamnya. Sebaiknya tambahkan sedikit demi sedikit terlebih dahulu, lalu beri tambahan rasa pada masakan.

Kemudian setelah itu menyesuaikan bumbu untuk menghindari menambahkan terlalu banyak garam.

Jika menggunakan daging sapi dalam resep tetapi ingin mengurangi kandungan lemaknya, mintalah kepada penjual daging untuk potongan yang lebih kecil.

Agar lebih sehat, sajikan masakan dengan lebih banyak sayuran dan porsi daging yang lebih sedikit.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Health Benefits of Kimchi. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-kimchi#1 (Diakses pada Januari 2022).
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 25 Healthy Korean Foods For Weight Loss. https://aspirefitnesswalnut.com/25-healthy-korean-foods-for-weight-loss (Diakses pada Januari 2022).
  3. Snyder, Cecilia. 2021. 9 Surprising Benefits of Kimchi. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-kimchi (Diakses pada Januari 2022).
  4. Streit, Lizzie. 2021. Healthy Korean Food Choices, According to a Dietitian. https://www.healthline.com/nutrition/is-korean-food-healthy#healthy-options (Diakses pada Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi