Terbit: 19 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Para pencinta musik mungkin setuju jika nonton konser musik membuat perasaan bahagia. Terlebih jika konser musik yang didatangi adalah musisi favorit. Tak hanya menyenangkan, ada sejumlah manfaat menonton konser yang jarang diketahui. Simak di sini!

Tak Disangka, Ini 8 Manfaat Menonton Konser bagi Kesehatan

Manfaat Menonton Konser untuk Kesehatan

Setelah menghadiri konser musisi kesukaan, ada perasaan bahagia yang mungkin sulit untuk diungkapkan. Jangan salah, tidak hanya meningkatkan emosi positif, menonton konser juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang tak terkira.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat menonton konser bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesejahteraan Diri

Menurut studi yang dilakukan di Deakin University Australia, seseorang yang secara rutin menonton konser musik memiliki perasaan sejahtera yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Studi yang melibatkan 1.000 partisipan ini menemukan bahwa keterlibatan dengan musik—baik itu menonton konser maupun menari di acara musik—berhubungan dengan rasa sejahtera yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak terlibat.

Baca JugaPunya Kebiasaan Mendengarkan Musik saat Tidur, Berbahayakah?

2. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat menonton konser adalah mengurangi stres. Pasalnya, kegiatan ini dapat mengurangi produksi kortisol, yaitu hormon pemicu stres.

Manfaat yang satu ini juga telah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti di Imperial College London.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Public Health tersebut, sejumlah 117 partisipan mengalami penurunan kadar kortisol di dalam tubuh setelah menghadiri konser komposer Eric Whitacre.

Seorang ahli jantung di Cardiology Consultants of Philadelphia yang terlibat dalam penelitian mengungkapkan, jika partisipan tersebut mengalami penurunan denyut jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan.

3. Mengatasi Nyeri

Satu lagi manfaat menonton konser yang sayang untuk dilewatkan yaitu sebagai analgesik alami.

Penelitian telah membuktikan bahwa mendengarkan musik sebelum, selama, dan setelah operasi dapat memberikan efek analgesik pada pasien. Manfaat serupa juga dapat Anda rasakan ketika mendatangi konser.

Menurut Dr. Steven Eisenberg, seorang ahli onkologi, hematologi, dan spesialis penyakit dalam, rasa bersemangat di suatu konser bisa membantu tubuh memproduksi endorfin, yaitu neurotransmitter yang berguna untuk memblokir rasa sakit.

Selain itu, Eisenberg juga mengungkapkan jika mendengarkan musik bisa menambah ambang batas rasa sakit pada seseorang. Dengan begitu, rasa sakit tidak akan mudah Anda rasakan.

4. Aktivitas Fisik yang Baik

Jarang olahraga karena aktivitas yang padat? Menonton konser bisa menjadi salah satu alternatif  “olahraga” yang baik.

Bagaimana tidak, saat menonton suatu konser, Anda biasanya harus berjalan cukup jauh ke tempat konser saat tiba di lokasi, lalu melompat-lompat selama konser berlangsung.

Mengutip Health US News, aktivitas fisik tersebut mungkin setara dengan olahraga sebanyak 30 menit di treadmill.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UK music venue O2 dan Patrick Fagan, seorang dosen di Universitas Goldsmith sekaligus ahli dalam bidang ilmu perilaku, menonton konser memberikan dampak yang positif untuk kesehatan mental. 

Penelitian tersebut menemukan bahwa saat menonton musik secara langsung dapat menstimulasi mental hingga 75 persen.

Oleh sebab itu, jika Anda sedang jenuh dan membutuhkan hiburan, menonton konser dapat menjadi pilihan yang bagus.

6. Menghargai Diri Sendiri

Masih menurut penelitian yang sama, partisipan yang menonton konser musik secara langsung dapat membantu meningkatkan harga diri dan kedekatan dengan seseorang sebanyak 25 persen. Efek positifnya, Anda bisa lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

7. Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik

Manfaat menonton konser musik tidak hanya sebatas meningkatkan rasa percaya diri, melainkan dapat membantu Anda lebih mengenal diri sendiri.

Dengan mendengarkan band atau penyanyi favorit membawakan suatu lagu secara langsung, Anda bisa terbawa kembali ke waktu ketika Anda baru pertama kali mendengarkan lagu tersebut.

Hal tersebut bisa membantu menghidupkan kembali kegembiraan, kekecewaan, penyesalan, kemarahan, dan emosi-emosi lainnya yang Anda rasakan pada waktu itu.

Pada gilirannya, Anda bisa meninjau ulang segala hal yang ada di dalam diri sendiri dan berpikir tentang perbuatan yang sudah dilakukan di masa lampau.

Baca JugaSound Healing, Terapi Musik yang Mengobati Masalah Fisik dan Mental

8. Menjadi Lebih Terhubung dengan Orang Lain

Menonton konser baik untuk membantu Anda lebih terhubung dengan orang lain. Pasalnya, saat konser Anda menikmati musik bersama ribuan orang.

Pada gilirannya, hal tersebut baik untuk menjaga kesehatan mental, dan dipercaya dapat membuat umur Anda lebih panjang.

Demikian beberapa manfaat menonton konser yang sebaiknya Anda ketahui. Sebelum mendatangi acara musik favorit Anda, jangan lupa untuk memastikan bahwa kesehatan tubuh Anda sedang prima. Semoga bermanfaat!

 

  1. Brockington, Ariana. 2018. Going to Concerts Is Good for Your Health (Study). https://variety.com/2018/music/news/new-research-finds-concerts-good-for-health-1202739766/. (Diakses pada 19 September 2022).
  2. Castaneda, Ruben. 2016. 6 Reasons Going to Concerts Is Good for Your Health. https://health.usnews.com/wellness/mind/slideshows/6-reasons-going-to-concerts-is-good-for-your-health. (Diakses pada 19 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi