Terbit: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Salah satu cara menstabilkan kesehatan mental dan mengurangi stres adalah dengan memelihara hewan di rumah. Berikut ini jenis hewan peliharaan dan manfaatnya bagi psikologi pemiliknya!

10 Jenis Hewan Peliharaan Unik untuk Jaga Kesehatan Mental

Jenis Hewan Peliharaan Unik untuk Menstabilkan Kesehatan Mental Pemiliknya

Bagi beberapa orang, keputusan untuk memelihara seekor hewan merupakan suatu komitmen yang besar dan harus dipertanggungjawabkan sepanjang hidup mereka. Hal tersebut dikarenakan ketika kita memutuskan untuk mengadopsi hewan peliharaan, maka kita juga yang dituntut untuk menjaga hewan tersebut selama sisa hidupnya.

Menurut beberapa penelitian, memiliki hewan peliharaan dapat memperbaiki kondisi kesehatan mental seseorang. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis hewan peliharaan dan manfaatnya bagi kesehatan mental pemiliknya:

1. Ikan Hias

Ikan hias merupakan jenis hewan yang cukup banyak dipelihara di Indonesia. Perawatannya mudah serta menyenangkan. Beberapa contoh ikan hias yang banyak dipelihara antara lain ikan guppy, ikan cupang, ikan emas, angelfish, dan lain-lain.

Aneka ikan hias ini umumnya ditempatkan di akuarium berukuran besar yang dihias secara unik, misalnya dengan memberikan tanaman air, pasir yang lembut, mesin oksigen yang dibutuhkan oleh ikan, filter air, serta berbagai hiasan lain untuk mempercantik akuarium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memelihara ikan dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Oleh sebab itu, kalian biasanya menemukan akuarium berisi aneka hias yang diletakkan di ruang kerja maupun di lobi kantor.

2. Ikan Koi

Masih satu saudara dengan ikan mas, ikan koi juga sebenarnya tergolong sebagai ikan hias. Ikan ini berasal dari Jepang dan nama aslinya adalah nishikigoi yang berarti ikan karper yang disulam di atas emas atau perak.

Ikan koi memiliki warna yang indah dan hal ini pulalah yang membuat koi memiliki daya jual yang tinggi.

Memelihara ikan koi biasanya dikaitkan dengan makna filosofi seperti keberuntungan, kemakmuran, dan nasib baik. Beberapa orang juga memelihara ikan koi karena dipercaya mampu memberikan manfaat spiritual.

3. Kelinci

Salah satu mamalia yang banyak dipelihara selain anjing dan kucing adalah kelinci. Ada berbagai jenis kelinci yang dapat dipelihara, mulai dari kelinci anggora, rex, dan kelinci putih.

Tingkahnya yang lucu menjadi daya tarik bagi beberapa orang sehingga akhirnya memutuskan untuk memelihara binatang pengerat yang satu ini.

Selain kelakuannya yang lucu, memelihara kelinci juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuat kalian merasa bahagia dan terhindar dari berbagai penyakit mental.

4. Kucing

Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk memelihara kucing. Pasalnya, kucing sangat mudah kita temukan di beberapa wilayah dan jenisnya pun beragam.

Ada berbagai jenis kucing yang dapat kalian pelihara, mulai dari kucing kampung, kucing anggora, kucing Persia, scottish fold, sphinx, hingga Maine coon. Masing-masing jenis kucing tersebut memiliki kebutuhan nutrisi dan cara perawatan yang berbeda-beda.

Kucing senang sekali berada di dekat manusia, dan hal ini membuat mereka dapat mengetahui perasaan manusia di sekitar mereka. Oleh sebab itu, memelihara kucing disebut mampu meredakan stres, depresi, hingga gangguan kecemasan.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan dari Bayi hingga Dewasa

5. Anjing

Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang luar biasa setia pada pemiliknya. Mudah dilatih untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bersalaman, berbelanja, hingga merawat pemiliknya.

Selain setia, hewan yang satu ini juga memiliki empati dan dapat merasakan apa yang sedang dirasakan oleh pemiliknya. Mereka bahkan bisa menangis karena merindukan pemiliknya.

Jenis hewan peliharaan unik ini juga senang diajak bermain dan pintar. Sama halnya dengan kucing, berbagai penelitian juga membuktikan bahwa memelihara anjing dapat meredakan perasaan kesepian, dan bahkan meningkatkan kesehatan kardiovaskular saat melatihnya.

Baca Juga: 7 Penyakit Kulit pada Anjing dan Cara Mengatasinya

6. Landak Mini

Di Indonesia, orang yang memelihara landak mungkin tidak banyak. Hal itulah yang menjadikan  landak mini sebagai salah satu jenis hewan peliharaan unik.

Landak mini umumnya berasal dari benua Afrika dan merupakan jenis hewan peliharaan yang aktif dan membutuhkan cukup banyak perawatan. Mulai dari makanan yang berkualitas dengan komposisi buah, sayur, dan camilan, hingga air yang berkualitas untuk diminum.

Merawat dan bermain dengan landak bisa mengurangi tingkat stres pemiliknya. Tingkah landak yang aktif bisa sangat menghibur.

7. Kura-Kura

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai jenis hewan eksotis, dan di antaranya memiliki karakteristik yang jinak sehingga mudah dipelihara. Salah satunya adalah kura-kura yang juga dikenal sebagai hewan yang panjang umur.

Kura-kura juga tergolong sebagai jenis hewan peliharaan unik yang perawatannya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyediakan kolam berisi air agar mereka dapat berenang. Sementara makanan untuk dikonsumsi kura-kura bisa sangat bervariasi tergantung jenisnya.

Terdapat berbagai jenis kura-kura yang dapat dipelihara, namun sebagian besar orang memelihara kura-kura jenis Red Ear Slider yang berasal dari Brasil dan memiliki ciri khas berupa warna merah di bagian telinga.

Akan tetapi, sebelum memelihara jenis kura-kura tertentu pastikan bahwa kura-kura tersebut diijinkan oleh Pemerintah untuk dipelihara. Ada beberapa spesies kura-kura yang dilindungi sehingga tidak boleh dipelihara oleh masyarakat.

8. Gecko 

Selain kura-kura, gecko (tokek) juga dapat menjadi alternatif hewan eksotis untuk dipelihara. Memelihara hewan eksotis atau reptil sejenis gecko ini sangat bermanfaat khususnya bagi kalian yang tinggal di kawasan apartemen atau kalian yang memiliki alergi terhadap hewan berbulu.

Terdapat berbagai jenis gecko yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun yang paling populer adalah Leopard Gecko. Gecko jenis ini sangat mudah akrab dan nyaman berada di dekat anak-anak.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak

9. Ferret 

Ferret adalah salah satu jenis hewan peliharaan unik yang tak banyak dipelihara di Indonesia, jenis mamalia karnivora yang masih satu famili dengan musang.

Tergolong sebagai hewan peliharaan yang ramah dan mudah dilatih terlepas dari ukurannya yang mungil. Mereka juga tipikal hewan peliharaan unik yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Ferret memiliki kepribadian yang tenang dan senang tidur di pelukan pemiliknya. Hal tersebut menjadi penyebab utama mengapa memelihara ferret sangat direkomendasikan bagi penderita depresi dan gangguan kecemasan.

10. Sugar Glider 

Para pecinta hewan tentunya sudah tidak asing dengan hewan peliharaan yang satu ini. Sugar glider merupakan hewan peliharaan unik yang dapat dijumpai dengan mudah di beberapa wilayah Indonesia, Papua Nugini, dan Australia.

Sugar glider memiliki ciri khas berupa membran kulit yang dapat berfungsi layaknya parasut serta adanya kantong kecil pada bagian perutnya. Jenis hewan peliharaan unik ini banyak menarik minat para pecinta hewan berkat penampilannya yang kecil dan imut.

Itulah beberapa jenis hewan peliharaan dan manfaatnya. Ini adalah salah satu cara mengatasi stres sehari-hari dan menyalurkan kasih sayang pada makhluk hidup lainnya.

 

  1. CBS News. 2012. Unusual pets that are legal to own. https://www.cbsnews.com/pictures/unusual-pets-that-are-legal-to-own/2/. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  2. Help Guide. 2021. The Health and Mood-Boosting Benefits of Pets. https://www.helpguide.org/articles/mental-health/mood-boosting-power-of-dogs.htm. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  3. McLeod, Lianne. 2021. 12 Best Exotic Pets for Apartment Living. https://www.thesprucepets.com/exotic-pets-for-apartment-living-1238589. (Diakses tanggal 26-12-2021)
  4. 2020. 15 WAYS FISH REDUCE STRESS AND IMPROVE MENTAL HEALTH. https://petable.care/2017/11/15/fish-reduce-stress-and-mental-health/. (Diakses tanggal 26-12-2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi