Terbit: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, perjalanan mudik bisa cukup menantang. Anak bisa saja kelelahan, jatuh sakit selama atau setelah perjalanan, bahkan malah menjadi lebih rewel dari biasanya. Agar perjalanan aman dan nyaman, simak berbagai tips mudik bersama anak dalam ulasan berikut!

Tetap Aman dan Nyaman, Ini 9 Tips Mudik Bersama Anak

Tips Mudik Bersama Anak

Kebanyakan orang tua mungkin akan merasa waswas ketika harus menyertakan si Kecil untuk ikut mudik. Bagaimana tidak, anak bisa menjadi rewel, merasa bosan, hingga risiko masalah kesehatan.

Namun, tenang saja, menurut Rainer Jenss, pendiri Family Travel Association, anak yang berusia dua tahun ke bawah sebenarnya mudah untuk dibawa bepergian, asalkan Anda menciptakan suasana yang tidak membosankan.

Berikut ini merupakan tips-tipsnya untuk Anda:

1. Persiapkan kebutuhan jauh-jauh hari

Jika kebutuhan Anda dan pasangan bisa disiapkan mendadak, tidak demikian dengan perlengkapan anak. Kebutuhan si Kecil harus Anda persiapkan sejak jauh-jauh hari.

Terlebih dahulu, Anda bisa menuliskan daftar kebutuhan anak. Secara umum, berbagai keperluan anak, di antaranya:

  • Pakaian ganti dan popok.
  • Kaus kaki, topi, jaket, selimut untuk menjaga si Kecil tetap hangat dan nyaman.
  • Plastik atau wadah khusus untuk menyimpan pakaian kotor.
  • Lap atau tisu basah.

Hindari membawa terlalu banyak barang untuk mencegah Anda kerepotan. Selain itu, pastikan agar peralatan yang penting disimpan dalam tas atau wadah yang mudah untuk dijangkau.

2. Tetapkan waktu keberangkatan

Tips mudik bersama anak selanjutnya adalah menentukan waktu keberangkatan. Sebaiknya perjalanan dilakukan pada jam istirahat si Kecil sehingga Anda sekeluarga bisa nyaman selama di perjalanan.

Cara ini juga dapat sangat membantu jika anak Anda berusia lebih kecil. Dengan begitu, ia cenderung tidak rewel.

Baca Juga10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

3. Berikan pengertian kepada anak

Sebelum mudik, pastikan Anda membicarakan terlebih dahulu kepada anak. Mulai dari tujuan melakukan perjalanan hingga apa yang mungkin dihadapi selama di perjalanan. Dengan demikian, secara mental ia akan lebih siap.

Selain itu, anak akan mendapatkan gambaran apa yang akan dilakukan selama perjalanan dan setelah sampai di kampung halaman. Ia pun cenderung tidak rewel, bahkan bisa membantu Anda mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa.

4. Membawa makanan dan camilan

Tips mudik bersama anak selanjutnya adalah pastikan Anda membawa makanan atau camilan. Pilihlah makanan sehat dan jangan lupa untuk membawa air yang cukup. Saat mudik pastikan anak tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air agar tidak dehidrasi.

Oleh karena itu, para orang tua untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup atau berhenti di tempat makan yang higienis demi memastikan anak tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup. 

5. Luangkan waktu untuk istirahat

Ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk berhenti dan beristirahat agar anak bisa sempat bergerak dan bermain sehingga mood-nya tetap ceria selama perjalanan.

Jika anak rewel karena bosan saat perjalanan, Anda bisa berhenti sejenak bila memungkinkan. Ajak anak untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar.

Selain itu, ajaklah anak mengobrol tentang pemandangan di luar atau memberikannya gadget yang berisi tentang permainan atau tontonan edukasi.

Pastikan Anda memberikan kursi tersendiri untuk anak agar ia bebas untuk duduk atau tiduran. Berikan pula pijatan pada anak agar rasa lelah atau pegal pada tubuhnya bisa hilang.

6. Antisipasi mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan dapat terjadi pada siapa saja, terutama anak-anak. Oleh karena itu, antisipasi keadaan ini dengan persiapan yang matang.

Mabuk perjalanan memang tidak memengaruhi sebagian besar bayi dan balita. Namun, anak-anak usia 2 hingga 12 tahun sangat rentan mengalaminya.

Tips mudik bersama anak yang sering mabuk bisa Anda lakukan dengan berbagai tindakan pencegahan sebagai berikut:

  • Ajak anak untuk melihat keluar daripada hanya berfokus pada gadget atau buku bacaan.
  • Hindari memberikan makanan berat kepada anak sebelum perjalanan. Sebaliknya, berikan ia camilan, seperti biskuit atau buah-buahan.
  • Alihkan perhatian anak dengan mengajaknya mengobrol, bernyanyi, atau mendengarkan musik.
  • Pastikan Anda membawa serta obat-obatan untuk mengatasi mabuk perjalanan anak.

7. Bawa mainan kesukaan anak

Tips mudik bersama anak agar tidak rewel salah satunya adalah dengan membawa mainan kesukaannya. Dengan demikian, ia dapat mengatasi kebosanan dengan bermain.

Pastikan mainan tersebut mudah untuk dibawa. Selain itu, Anda juga bisa memilih permainan yang edukatif, seperti buku bergambar.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Lebaran agar Tetap Sehat dan Aman Sampai Tujuan

8. Membawa obat dan kotak P3K

Hal yang tak kalah penting untuk Anda bawa dalam perjalanan mudik adalah obat-obatan dan kotak P3K. Apalagi jika anak memiliki riwayat penyakit tertentu.

Pastikan obat-obatan yang memang harus dikonsumsi anak terletak pada tempat yang mudah untuk dijangkau.

9. Antisipasi hal-hal yang tidak terduga

Selama perjalanan, Anda tentu tidak bisa menebak apa yang akan terjadi. Sebagai contoh, anak malah rewel dan mengamuk ingin kembali ke rumah.

Jika hal ini Anda hadapi, berikan waktu lebih untuk menenangkan si Kecil. Anda bisa berhenti dan beristirahat sejenak agar anak bisa bergerak dan bermain sehingga mood-nya kembali baik.

Itulah beberapa tips mudik bersama anak yang bisa Anda terapkan. Ingat, jangan terlalu terpaku pada estimasi waktu untuk sampai ke kota tujuan, ya. Yang terpenting adalah kenyamanan dan keamanan Anda sekeluarga.

 

  1. Barbagallo, Lauren. 2021. 16 Tips for Flying with Toddlers and Young Kids. https://www.parents.com/fun/vacation/traveling-with-kids/12-strategies-for-stress-free-air-travel-with-children/. (Diakses pada 27 April 2022).
  2. Hoecker, Jay L. 2022. What Causes Car Sickness in Children and How Can I Prevent It? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/expert-answers/car-sickness-in-children/faq-20057876#. (Diakses pada 27 April 2022).
  3. Milbrand, Lisa. 2020. 12 Road Trip Hacks Every Family Needs. https://www.familyvacationcritic.com/12-tips-for-mastering-road-trip/art/. (Diakses pada 27 April 2022).
  4. Vora, Shivani. How to Travel With Children. https://www.nytimes.com/guides/travel/travel-with-kids. (Diakses pada 27 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi