Terbit: 20 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Meski terlihat sepele, hidung yang gatal bisa mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan. Pada beberapa kasus, sensasi ini juga dapat disebabkan oleh kondisi yang serius. Lantas, apa penyebab dan cara mengatasinya? Simak dalam penjelasan di bawah ini! 

Mengenali Penyebab Hidung Gatal dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Hidung Gatal

Gatal yang terjadi pada hidung bisa disebabkan oleh kondisi yang ringan hingga serius, tergantung pada bagian dalam atau luar yang terpengaruh. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan hidung terasa gatal, di antaranya:

1. Pilek

Hampir semua orang pernah merasakan pilek. Apakah Anda menyadari bahwa setiap pilek, hidung akan terasa gatal?

Ketika mengalami pilek, maka hidungakan langsung terasa gatal dan membuat Anda bersin-bersin. Kondisi ini dapat terjadi karena virus influenza telah menginfeksi hidung.

Infeksi virus juga dapat memicu hidung mengeluarkan ingus dan bersin-bersin sebagai respons alami tubuh dalam menyingkirkan kuman. 

2. Benda Asing

Penyebab hidung gatal bisa juga akibat masuknya benda asing ke dalam hidung. Biasanya anak-anak kecil mengalami kondisi ini sehingga hidungnya terasa gatal.

Beberapa benda asing yang biasanya masuk ke dalam hidung seperti serangga, pasir, debu, makanan, atau minuman serbuk, dan lainnya.

3. Hidung Kering

Hidung dengan tingkat kelembapan tertentu dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada kalanya udara kering dapat membuat hidung menjadi ikut kering. Keringnya hidung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit termasuk munculnya rasa gatal pada hidung.

Selain karena udara kering, hidung bisa menjadi kering karena kelembapan udara dan terapi obat tertentu.

4. Migrain

Migrain tidak hanya memiliki gejala berupa sakit kepala sebelah. Orang yang terkena migrain juga akan mengalami sensasi rhinitis alergi, salah satu gejalanya adalah gatal pada hidung.

Penderita demam dan migrain biasanya akan mengalami lebih banyak merasakan sakit kepala daripada hanya mengalami migrain saja.

5. Iritasi

Terdapat banyak hal di lingkungan sekitar yang dapat mengiritasi saluran hidung. Kondisi ini disebut juga sebagai rhinitis non-alergi. Gejalanya mirip alergi musiman, tetapi tidak memiliki reaksi kekebalan tubuh.

Beberapa iritan yang bisa menjadi penyebab hidung gatal di antaranya asap, produk pembersih, parfum, dan semprotan kimia.

6. Paresthesia

Penyebab hidung gatal juga bisa dikarenakan paresthesia, yaitu kesemutan atau mati rasa yang  bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Ini terjadi karena saraf di hidung mengalami tekanan atau kerusakan. Jika tidak segera ditangani kondisi ini bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih parah.

7. Alergi

Tubuh yang memiliki hipersensitivitas terhadap sesuatu akan mengalami reaksi alergi ketika kontak terhadap alergen tersebut. Salah satu tanda reaksi alergi adalah pilek yang memicu hidung gatal.

Alergi dapat terjadi saat tubuh memiliki respons imun terhadap sesuatu di lingkungan. Ketika alergi terhadap sesuatu, tubuh akan salah mengira benda/zat tersebut adalah sesuatu yang berbahaya seperti virus flu.

Banyak orang memiliki alergi terhadap zat dari dalam dan luar ruangan, seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, dan tungau debu.

8. Sinusitis

Sinusitis atau radang pada rongga yang saling terhubung di dalam tulang kepala juga dapat menyebabkan hidung gatal.

Jika merasakan sensasi gatal di hidung selama lebih dari beberapa minggu bersama dengan gejala lainnya, Anda mungkin menderita sinusitis kronis. Ini adalah kondisi umum yang terjadi ketika saluran menjadi meradang dan bengkak.

Sinusitis kronis dapat berlangsung setidaknya 12 minggu dan mencakup beberapa gejala, termasuk kesulitan bernapas, kelelahan, rasa sakit dan nyeri di sekitar mata.

9. Polip Hidung

Sinusitis kronis bisa berkembang menjadi polip hidung jika tidak ditangani dengan segera. Polip hidung adalah benjolan berukuran kecil bersifat non-kanker yang ada di sekitar rongga hidung.

Orang yang memiliki polip hidung akan merasa gatal pada hidungnya. Penderita asma atau hipersensitivitas juga bisa mengalami polip hidung.

10. Tumor Hidung

Tumbuhnya tumor di dalam hidung juga bisa menjadi penyebab hidung gatal. Tumor hidung bisa bersifat jinak dan juga bisa bersifat ganas (kanker).

Kanker pada saluran hidung jarang terjadi dan sering kali tidak menunjukkan gejala. Adapun gejala yang mungkin terjadi adalah kehilangan penciuman, hidung tersumbat, luka di dalam hidung, dan infeksi sinus.

11. Herpes Prodromal

Penderita herpes prodromal memiliki salah satu gejala berupa hidung gatal. Virus herpes prodromal akan mengakibatkan cold sore (luka atau lepuhan) di dalam hidung, sehingga menyebabkan rasa gatal.

Cold sore yang disebabkan oleh virus herpes simpleks biasanya dimulai dengan sensasi geli atau gatal di sekitar hidung, bibir, dan mulut sebelum cold sore pecah.

12. Mesin CPAP untuk Sleep Apnea

Hidung gatal juga sering dijumpai pada penderita sleep apnea apabila menggunakan mesin Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Mesin ini dapat menyebabkan hidung gatal.

Hidung gatal adalah salah satu keluhan paling sering terjadi setelah menggunakan CPAP. Penggunaan alat ini rasanya seperti ada laba-laba atau bulu di hidung.

Baca Juga: Hidung: Fungsi, Anatomi, Risiko Penyakit

Cara Mengatasi Hidung Gatal

Orang yang hidungnya sedang gatal biasanya akan merasakan beberapa ketidaknyamanan dan rasa nyeri. Oleh karena itu, kondisi ini perlu diatasi sesegera mungkin agar Anda tidak merasakan ketidaknyamanan terlalu lama.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung gatal, meliputi:

1. Hindari Pemicu Alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi, sebaiknya menghindari hal yang menjadi pemicu alergi. Contoh, penderita alergi debu sebaiknya menghindari tempat-tempat berdebu seperti tempat tidur atau seprai yang kotor, tanaman hias, dan gorden. 

2. Istirahat yang Cukup

Kecukupan waktu untuk istirahat dapat memengaruhi waktu penyembuhan dari flu. Oleh karena itu, Anda memerlukan istirahat yang cukup jika ingin segera menghilangkan gatal di hidung.

Selain istirahat yang cukup, minum obat flu seperlunya untuk membantu mempercepat pulih dari pilek.

3. Memperbanyak Minum Air

Orang yang sedang mengalami hidung gatal perlu memperbanyak minum air putih. Mengonsumsi air yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, tubuh mampu melawan infeksi virus.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah salah cara mengatasi hidung gatal yang efektif.

Beberapa cara untuk meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, madu, jeruk, dan makanan kaya antioksidan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen makanan tertentu.

5. Menggunakan Pelembap Udara

Mengatasi hidung gatal bisa Anda lakukan dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara. Humidifier dapat membantu meningkatkan kelembapan, sehingga udara tidak menjadi kering. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, udara kering dapat menyebabkan gatal pada saluran hidung.

6. Saltwater Nasal Spray

Anda bisa menggunakan cairan berupa saltwater nasal spray untuk mengatasi gatal pada saluran pernapasan. Cairan semprot ini mudah dibuat di rumah yakni dengan merebus 1 liter air, dinginkan sebentar, tambahkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh soda kue. Larutan tersebut bisa membuat hidung tetap terhidrasi.

7. Minum obat

Cara mengatasi hidung gatal bisa dengan obat jika disebabkan oleh flu. Dengan minum obat golongan dekongestan, sensasi gatal akan segera mereda.

Anda dapat menggunakan obat flu atau dekongestan tanpa resep dokter. Namun, yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

8. Neti Pot

Neti pot adalah alat yang digunakan untuk membersihkan lendig di hidung. Berikut ini petunjuk cara menggunakannya:

  • Isi neti pot dengan air steril dari toko obat atau air matang yang sudah dingin.
  • Miringkan kepala di atas wastafel.
  • Masukkan cerat neti pot ke salah satu lubang hidung yang berasa di posisi atas.
  • Ujung neti pot untuk menuangkan air ke lubang hidung.
  • Air akan keluar dari lubang hidung di posisi bawah.

Jika hidung geli disebabkan oleh sesuatu di dalamnya, infeksi sinus, atau kekeringan, maka menggunakan neti pot bisa meredakan gejala.

9. Kemoterapi

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kanker pada saluran hidung dapat membuat hidung terasa gatal. Oleh sebab itu, pengobatan gatal di hidung yang disebabkan kanker adalah dengan kemoterapi agar sel-sel kanker tersebut mati.

Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan bahan kimia sangat kuat untuk menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

10. Operasi

Penyebab hidung gatal yang dikarenakan polip hidung atau tumor jinak mungkin memerlukan tindakan pengobatan dengan operasi. Tujuan operasi adalah untuk mengangkat polip atau tumor tersebut.

Nah, itu dia berbagai penyebab hidung gatal dan bagaimana cara mengatasinya yang penting untuk Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat! 

 

  1. Hayes, Kristin. 2022. Nasal Pruritis: What Does It Mean When Your Nose Itches?. https://www.verywellhealth.com/nasal-pruritus-itchy-nose-5272355. (Diakses pada 19 September 2022)
  2. Nguyen, CT. 2017. 5 Ways to Stop Your Nose from Tickling. https://houstonsinusallergy.com/5-ways-to-stop-your-nose-from-tickling/. (Diakses pada 19 September 2022)
  3. Osborn, Corinne O. 2019. How to Treat a Tickle in Your Nose. https://www.healthline.com/health/tickle-in-nose. (Diakses pada 19 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi