Terbit: 2 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Penggunaan monosodium glutamate (MSG) dianggap berkaitan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti hipertensi. Tak jarang, banyak yang mencari alternatif lebih ‘sehat’. Anda salah satunya? Simak daftar penyedap rasa alami dalam ulasan berikut!

10 Penyedap Rasa Alami yang Bisa Gantikan MSG

Penyedap Rasa Alami sebagai Alternatif MSG

MSG sering kali digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun, penggunaannya masih memicu kontroversi.

Menurut laporan, sejumlah gejala yang dapat terjadi akibat penggunaan penyedap rasa ini, di antaranya sakit kepala, keringat berlebih, sesak, nyeri dada, dan masih banyak lagi. Gejala-gejala tersebut dikenal sebagai MSG symptom complex.

Kendati demikian, MSG sebenarnya tidak berbahaya, asalkan Anda menggunakannya secara bijak. Batas asupan harian untuk penyedap rasa ini, yaitu sebanyak 30 mg per kilogram berat badan setiap harinya.

Kendati demikian, tak ada salahnya jika Anda ingin alternatif lain yang lebih sehat untuk menambah cita rasa masakan. Berikut ini sejumlah daftar penyedap alami yang bisa Anda gunakan:

1. Garam

Garam bisa menjadi salah satu penyedap rasa alami yang sangat efektif untuk menggantikan MSG. Kendati demikian, pastikan Anda memilih jenis garam yang sesuai sehingga penggunaannya tidak menjadi sia-sia.

Gunakanlah garam dapur atau garam laut. Garam jenis ini berasal dari air laut yang menguap dan merupakan sumber natrium yang baik. 

Sebaliknya, hindari penggunaan garam dapur. Jenis garam ini biasanya berasal dari endapan tambang.

Baca JugaLezat dan Sehat, Ini Manfaat Capcay untuk Diet dan Kesehatan

2. Kecap

Alternatif MSG berikutnya adalah kecap. Anda bisa memperoleh rasa umami ketika menambahkan kecap pada masakan.

Kecap dapat dengan mudah Anda jumpai di supermarket. Namun, pastikan untuk selalu mengecek kandungan di dalamnya. Pilihlah produk kecap yang tidak mengandung MSG.

Tak hanya kecap biasa, Anda juga bisa menggunakan saus tiram atau kecap ikan untuk menambah cita rasa masakan secara alami.

3. Kaldu daging

Ingin memperoleh cita rasa kaldu yang khas tanpa tambahan MSG? Anda bisa memasak sendiri kaldunya.

Caranya membuat penyedap rasa alami ini terbilang cukup mudah, Anda tinggal memasak tulang atau daging sapi dengan rempah sesuai selera.

Rasa yang dihasilkan tentunya sangat mirip dengan MSG. Pasalnya, keduanya sama-sama mengandung glutamat tingkat tinggi serta asam amino yang terdapat pada protein daging.

4. Keju parmesan

Keju parmesan bisa menjadi alternatif pilihan penyedap alami untuk mengganti MSG. Parmesan sendiri merupakan keju yang berasal dari Italia.

Keju ini tinggi akan MSG alami berkat proses fermentasi. Fermentasi keju menghasilkan pelepasan asam amino saat protein dipecah.

Meski tidak umum dalam masakan Asia, parmesan kerap kali digunakan untuk menambah rasa gurih ke pasta, pizza, risotto, dan berbagai masakan Italia lainnya.

5. Jamur shitake

Jamur ini mengandung konsentrasi glutamat yang tinggi. Anda dapat menggunakan jamur shitake sebagai penyedap rasa alami dengan memasaknya, lalu menambahkan ke dalam mi.

Jika tidak ingin repot-repot memasak jamur untuk mendapatkan ekstraknya, Anda juga bisa menambahkan bumbu jamur sebagai alternatif mudahnya. Pastikan bumbu jamur shitake yang Anda pilih tidak mengandung MSG, ya!

6. Ekstrak ragi

Ekstrak ragi umum digunakan untuk membuat bir dan roti sebagai penambah cita rasa gurih. Anda juga bisa menggunakan ekstrak ragi untuk menambah rasa asin alami.

Ekstrak ragi mengandung asam glutamat sehingga satu sendok saja sudah memberikan rasa gurih yang cukup. Jadi, pastikan untuk menggunakannya secara bijak.

7. Ikan Teri

Siapa sangka, meski berukuran kecil, ikan teri adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan glutamat. Oleh karena itu, ikan ini bisa menjadi alternatif penyedap alami.

Anda bisa menambahkan ke dalam saus, pasta, atau berbagai hidangan lainnya untuk memperoleh rasa umami yang lezat.

Jangan khawatir jika Anda tidak suka dengan rasa ikan teri. Pasalnya, rasa ikannya tidak akan tampak setelah Anda memasaknya.

8. Rempah-rempah

Salah satu andalan penyedap rasa alami yang mungkin sudah banyak diketahui adalah rempah-rempah. Terdapat berbagai rempah yang dapat memberikan cita rasa, di antaranya bawang, rosemary, mint, cabai, dan kayu manis.

Jika sulit untuk menemukan tanamannya secara langsung, Anda juga bisa menggunakan rempah yang sudah jadi. Namun, cermati kandungannya, ya!

Baca Juga7 Bahaya Makan Frozen Food Terlalu Banyak dan Sering

9. Dulse (rumput laut)

Dulse adalah jenis rumput laut yang mengandung tinggi potasium. Selain itu, dulse mengandung yodium, unsur yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon tiroid.

Jenis rumput laut ini dapat Anda gunakan sebagai penyedap rasa alami jika ingin meminimalkan penggunaan MSG. Selain memiliki rasa asin yang ringan, dulse memiliki aroma laut yang khas.

Rumput laut ini umumnya dijual dalam bentuk kering dan dapat Anda temukan di berbagai toko yang menjual rempah-rempah Asia.

10. Tomat

Tomat bisa menjadi penyedap alami yang mudah didapatkan. Tumbuhan ini mengandung glutamat yang dapat memberikan rasa umami lezat pada masakan.

Untuk memperkuat cita rasa, Anda dapat memanggang tomat terlebih dahulu sebelum menambahkan ke dalam makanan. Rasa masakan pun akan lebih menggiurkan.

Itu dia sederet penyedap rasa alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti MSG. Batasi penggunaan MSG dengan menggunakan berbagai alternatif di atas. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. Healthy Salt Alternatives: MSG And Other Herbs And Spices That Can Reduce Your Salt Intake. https://doctor.ndtv.com/living-healthy/healthy-salt-alternatives-msg-and-other-herbs-and-spices-that-can-reduce-your-salt-intake-2131769. (Diakses pada 2 Juni 2022).
  2. Anonim. Dulse – Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1628/dulse. (Diakses pada 2 Juni 2022).
  3. Lang, Ariane. 2021. Is MSG Truly Unhealthy? All You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/msg-good-or-bad. (Diakses pada 2 Juni 2022).
  4. Teague, Nate. 2020. Substitutes For MSG – The 8 Best Options. https://tastylicious.com/substitutes-for-msg/. (Diakses pada 2 Juni 2022).
  5. Zeratsky, Katherine. 2022. What is MSG? Is It Bad for You? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/monosodium-glutamate/faq-20058196#. (Diakses pada 2 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi