Terbit: 25 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kecap manis adalah salah satu penyedap atau pelengkap makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kecap tidak hanya melezatkan, tetapi memberi warna pada masakan dan membuatnya terlihat lebih menggoda. Cari tahu kandungan nutrisi dan manfaat kecap manis bagi kesehatan dalam artikel ini.

Bukan Hanya Penyedap, Ini Manfaat Kecap Manis!

Kandungan Nutrisi Kecap Manis

Bahan baku utama kecap manis adalah kacang kedelai. Kecap manis ditemukan lebih dari 2000 tahun yang lalu di Cina. Menurut US Department of Agriculture, 1 sendok makan kecap manis mengandung:

  • 10 kalori.
  • 2 gram protein.
  • 0.1 gram lemak.
  • 0 gram karbohidrat.
  • 920 mg natrium.

Manfaat Kecap Manis bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, simak khasiat kecap manis untuk kesehatan berikut ini:

1. Antialergi

Dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Medicine, kecap memiliki efek penghambat yang membantu mengurangi respon terhadap alergi. Bahkan, efek anti alergi pada kecap sama ampuhnya dengan obat alergi manapun. Kecap juga memiliki efek supresif pada anafilaksis, sehingga dapat dijadikan obat untuk alergi makanan.

2. Baik untuk pencernaan

Kecap manis juga dapat meningkatkan sekresi asam lambung, yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi kecap manis juga membantu melawan bakteri patogen dalam usus seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, Vibrio cholera, dan E.coli.

3. Menjaga kadar kolesterol jahat

Food and Drug Administration (FDA), yaitu lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat menyetujui bahwa kecap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam dengan asupan protein nabati sebanyak 25 gram sehari. Kecap juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Baca Juga: Jeruk Nipis dan Kecap Mengobati Batuk, Mitos atau Fakta?

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Medicine tahun 2008 membuktikan bahwa kecap dapat meningkatkan produksi imunoglobulin A dalam tubuh. Ini adalah antibodi yang dapat melawan patogen dan virus dengan baik. Kecap juga mengandung jenis karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science di tahun 2010, kecap memiliki potensi antihipertensi. Ini artinya, manfaat kecap manis dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan efektif.

6. Sumber natrium

Kecap manis juga merupakan sumber natrium yang baik untuk tubuh. Satu sendok makan kecap manis mengandung hampir 40% kebutuhan harian natrium yang direkomendasikan, yaitu 920 miligram.

Natrium biasanya ditemukan pada garam sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, menjaga kinerja otot dan saraf, serta menjaga kestabilan tekanan darah.

7. Kaya antioksidan

Menurut artikel yang dimuat dalam Journal of Bioscience and Bioengineering tahun 2005, kecap manis mengandung antioksidan alami bernama shoyuflavones. Antioksidan alami mampu menangkal radikal bebas, memperlambat penuaan dini, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker.

Selain itu, kecap juga dapat mengurangi efek peradangan, menurunkan produksi asam lambung, serta melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, kecap manis juga ditemukan efektif dalam melindungi tubuh dari bakteri tertentu.

Baca Juga: 12 Manfaat Minyak Kedelai, Baik untuk Jantung hingga Mata

8. Tinggi protein

Dengan kacang kedelai sebagai bahan utamanya, kecap memiliki kandungan protein nabati yang melimpah. Protein nabati memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Dalam satu sendok kecap terdapat kandungan sekitar 1,3 gram protein nabati.

9. Kaya akan zat besi

Zat besi adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kecap mengandung cukup banyak zat besi yang bisa membantu melancarkan peredaran darah, mencegah gejala anemia, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat kecap manis bagi kesehatan. Namun kadar konsumsinya harus dibatasi, tidak boleh lebih dari 2-3 sendok makan per hari. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kecap manis bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti diabetes.

 

  1. Begum, Jabeen. 2021. What to Know About Soy Sauce. https://www.webmd.com/diet/what-to-know-soy-sauce#2-5. (Diakses pada 23 Oktober 2021).
  2. Dannie, Marie. 2019. What Are the Health Benefits of Soy Sauce? https://www.livestrong.com/article/254144-what-are-the-health-benefits-of-soy-sauce/. (Diakses pada 23 Oktober 2021).
  3. Frey, Malia. 2020. Soy Sauce Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/soy-sauce-nutrition-facts-and-health-benefits-5078941. (Diakses pada 23 Oktober 2021).
  4. Sharma, Vanny. 2020. Soy Sauce: Nutrition, Health Benefits, & Risks. https://www.organicfacts.net/soy-sauce.html. (Diakses pada 23 Oktober 2021).
  5. Thomas, Liji. 2019. Health Benefits of Naturally Brewed Soy Sauce. https://www.news-medical.net/health/Health-Benefits-of-Naturally-Brewed-Soy-Sauce.aspx. (Diakses pada 23 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi