Terbit: 2 Januari 2022 | Diperbarui: 30 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu masakan khas Tionghoa yang familiar dan tentunya banyak digemari oleh masyarakat adalah capcay. Artikel ini akan membahas tentang kandungan nutrisi dan manfaat sayur capcay untuk diet.

Lezat dan Sehat, Ini Manfaat Capcay untuk Diet dan Kesehatan

Sejarah Menu Capcay

Chinese food merupakan salah satu jenis makanan yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, aneka masakan khas Tionghoa ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai restoran atau rumah makan. Tak sedikit orang yang sudah mengetahui bagaimana cita rasa masakan khas Tionghoa, termasuk menu capcay.

Tak banyak orang yang tahu bahwa capcay sebenarnya merupakan makanan fusion atau perpaduan antara Chinese dan Indonesian food. Makanan ini berupa beberapa jenis sayur yang ditumis bersama dengan aneka isian seperti telur, sosis, pentol, daging ayam, sapi, dan seafood.

Nama capcay sendiri diambil dari dialek Hokkian, yakni “cap” yang berarti sepuluh dan “cay” yang berarti sayur. Jadi capcay berarti makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena terbuat dari sepuluh macam sayur.

Sepuluh macam sayur yang terdapat dalam sepiring capcay antara lain sawi putih, sawi hijau, wortel, jagung muda, jamur merang, jamur kuping, kol, kapri, buncis, bunga kol, dan brokoli.

Manfaat Capcay untuk Diet

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, capcay terdiri dari sepuluh jenis sayur yang tentunya kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, khususnya bagi kalian yang sedang dalam program diet.

Apa saja manfaat capcay untuk diet? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin sebaiknya kita kenalan dulu dengan sayur-mayur yang terkandung dalam capcay berikut ini:

1. Sawi

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bergizi dan kaya akan nutrisi. Tak hanya itu, sayuran ini juga rendah kalori sehingga sangat direkomendasikan bagi orang yang sedang dalam program diet.

Terdapat empat jenis sawi yang umum ditemui di Indonesia, yakni sawi hijau, sawi putih, bok choy, atau sawi daging, dan kailan. Jenis sawi yang banyak digunakan untuk olahan capcay adalah sawi hijau dan putih.

Sawi hijau dan sawi putih kaya akan serat, protein, karbohidrat, namun tetap rendah lemak. Sayuran ini juga mengandung mineral, vitamin, dan zat antioksidan seperti riboflavin dan beta karoten.

2. Wortel

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran yang berwarna oranye cerah ini luar biasa kaya akan nutrisi. Kandungan utama wortel adalah vitamin A dan beta karoten yang dapat menjaga dan meningkatkan penglihatan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, wortel juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, folat, dan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Ada pula senyawa likopen yang membantu mencegah penyakit kanker.

3. Jagung Muda

Sering dianggap sepele, jagung muda ternyata mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin B15. Sayuran ini juga kaya akan serat dan rendah lemak.

Dikutip dari CNN, mengkonsumsi jagung muda dapat mengontrol kolesterol, mencegah anemia, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kemampuan penglihatan, hingga mencegah kanker.

4. Jamur

Jamur adalah jenis sayuran yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta kaya akan serat, sehingga sangat direkomendasikan bagi orang yang sedang diet. Jamur kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, dan zat besi.

Jenis jamur yang banyak digunakan untuk diolah menjadi masakan capcay adalah jamur kuping dan merang. Meski demikian, tak sedikit orang yang memilih untuk membuat capcay dengan jamur kancing atau jamur tiram.

5. Kol dan Kembang Kol

Baik kol maupun bunga kol adalah jenis sayuran dengan warna pucat yang kaya akan serat dan mineral. Bunga kol mengandung serat dalam kadar yang tinggi, karbohidrat, dan protein yang bermanfaat bagi tubuh.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam bunga kol juga cukup untuk memenuhi angka kebutuhan gizi harian (AKG).

Di sisi lain, kol merupakan jenis sayuran yang memiliki tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bagi kalian yang ingin mendapatkan berat badan ideal, melainkan juga mengurangi inflamasi, hingga menjaga kesehatan mata dan jantung.

Baca Juga: Lezat dan Bergizi, Ini Rekomendasi Makanan Tradisional yang Sehat

6. Kapri dan Buncis

Kapri dan buncis adalah jenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memelihara berat badan ideal. Kacang kapri diketahui kaya akan protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Sedangkan buncis kaya akan vitamin C, A, dan K yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Buncis juga mengandung serat dalam kadar tinggi yang berguna untuk mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

7. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayur yang sudah pasti kita temukan dalam sepiring capcay. Sayuran ini mengandung berbagai nutrisi mulai dari karbohidrat dalam kadar yang tinggi, protein, dan kaya akan serat.

Tingginya kadar karbohidrat dalam satu ikat brokoli menjadikan sayuran ini banyak dikonsumsi oleh orang diet sebagai pengganti nasi.

Baca Juga: 13 Jenis Sayuran untuk Diet (Cepat Langsing dan Menyehatkan!)

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Capcay

Meskipun terdapat banyak sekali manfaat sayur capcay, namun ada hal yang harus diperhatikan ketika kalian mengkonsumsi capcay untuk diet, antara lain:

  • Kadar Garam

Agar masakan tidak hambar, umumnya kita akan menambahkan garam untuk memberikan rasa pada makanan. Begitu pula halnya dengan memasak capcay. Biasanya orang akan memasukkan penyedap rasa dan garam untuk memperkaya rasa pada capcay yang dimasak.

Sayangnya kebiasaan tersebut dapat memicu kadar natrium yang terlalu tinggi dalam masakan yang berakibat pada peningkatan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengontrol kadar garam saat memasak capcay agar kandungan nutrisi masing-masing sayur tetap terjaga.

  • Penggunaan Minyak dan Lemak

Selain garam, penggunaan minyak dan lemak juga perlu diperhatikan ketika mengolah masakan capcay. Hal ini dikarenakan sayur pada dasarnya memiliki kadar lemak yang sangat rendah, namun kebanyakan orang menambahkan minyak dalam jumlah banyak atau protein dengan kadar lemak yang tinggi.

Jika kalian sedang diet dan mengkonsumsi capcay, maka ada baiknya jika tidak menggunakan terlalu banyak minyak dan tambahkan protein secukupnya.

Capcay adalah menus sehat dari banyak sayuran yang enak dan pas untuk pola makan sehat. Bila tidak terlalu suka makan sayur, menu capcay seafood atau dengan tambahan daging bisa jadi alternatif menu lezat dan sehat.

 

  1. Andra Farm. 2021. Cap cai, vegetables. https://www.andrafarm.com/_andra.php?_i=daftar-tkpi&kmakan=DP030&_en=ENGLISH. (Diakses pada 25 Desember 2021).
  2. Super Foods Life. 2020. Healthy Travel Find- Cap Cay. https://www.superfoodslife.com/healthy-travel-find-cap-cay/. (Diakses pada 25 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi