Terbit: 5 June 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Pada hari raya Idulfitri, banyak makanan dan minuman yang jarang ditemukan pada hari biasa. Hal itulah yang membuat beberapa orang kalap mengonsumsi menu khas lebaran tersebut. Bagi penderita diabetes, momen ini adalah tantangan tersendiri. Bagaimana cara sehat dan aman mengonsumsinya? 

5 Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran bagi Penderita Diabetes

Tips Menikmati Sajian Lebaran bagi Penderita Diabetes 

Lebaran merupakan waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati banyak makanan enak. Namun, konsumsi banyak makanan, termasuk makanan yang tinggi lemak atau gula dapat membuat diabetes sulit untuk dikontrol.

Berikut adalah beberapa tips makan sehat saat lebaran bagi pengidap diabetes, di antaranya:

1. Perhatikan Porsi Makanan

Meriahnya Lebaran membuat Anda mudah untuk konsumsi makanan secara berlebihan. Namun, Anda tetap harus membatasi makan lebih dari yang seharusnya. 

Makan secara berlebihan, terutama yang tinggi karbohidrat, dapat memberikan efek langsung terhadap gula darah. Hal ini tentu akan memberikan konsekuensi terhadap pengelolaan diabetes.

Anda dapat konsumsi lebih banyak sayur serta menggunakan piring yang lebih kecil ketika mengambil makanan. 

Selain itu, dibutuhkan sekitar 20 menit sebelum otak Anda mendeteksi rasa kenyang. Oleh sebab itu, sebaiknya  makan secara perlahan.

Baca JugaTips Aman Menjalani Puasa bagi Penderita Diabetes

2. Membatasi Konsumsi Gula dan Lemak Jenuh

Walaupun Anda menderita diabetes, Anda tetap bisa konsumsi makanan manis pada acara-acara tertentu. Anda tetap bisa konsumsi makanan kecil atau kue kering. Namun, tentu saja sebaiknya Anda membatasi jumlahnya agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang signifikan.  

Selain kue-kue kering, lebaran juga identik dengan makanan yang bersantan dan segala menu dari daging. Santan dan daging sapi mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi. 

Walaupun lemak jenuh tidak secara langsung meningkatkan gula darah, tetapi senyawa ini diketahui berhubungan dengan inflamasi, resistensi insulin, lemak pada perut, dan menurunkan kolesterol HDL. 

Bukan berarti Anda harus menghindari makanan ini pada saat Lebaran, hanya saja Anda perlu membatasi jumlah konsumsinya agar tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh. 

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi dahaga pada orang dengan diabetes karena tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, air putih diketahui dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

Oleh karena itu, hindari  minuman bersoda atau minuman lain yang mengandung gula. Minuman jenis ini mengandung gula fruktosa dalam jumlah yang tinggi. Gula jenis ini tidak hanya mampu meningkatkan gula darah, tetapi juga dapat membuat tubuh resisten terhadap insulin.

4. Jangan Lupakan Pengukuran Gula Darah

Keseruan kumpul bersama keluarga tidak boleh membuat Anda melupakan cek gula darah mandiri. Justru, di saat ini Anda perlu lebih sering melakukan kontrol gula darah untuk memastikan kadar gula darah tetap berada dalam rentang normal. 

5. Usahakan untuk Tetap Olahraga 

Momentum Lebaran sering kali membuat seseorang konsumsi kalori melebihi jumlah yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk tetap melakukan olahraga. Jika tidak sempat melakukan olahraga di luar ruangan, cobalah lakukan olahraga ringan di dalam rumah. 

Anda bisa melakukan jalan kaki pada pagi atau sore hari. Selain membantu membakar kalori dalam tubuh, jalan kaki juga dapat membantu Anda untuk mencerna makanan sehingga tubuh tidak merasa terlalu kenyang. 

Jangan terlalu khawatir tentang makanan dan minuman yang Anda konsumsi selama hari raya Idulfitri. Inilah waktunya Anda untuk menikmati suasana dan sajian makanan yang tidak ada pada hari-hari lain. 

Saat lebaran umumnya banyak makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, dan garam jika dibandingkan dengan menu makan harian, tetapi mengambil jeda dari pola makan harian dan menikmati sajian lebaran tidak ada salahnya. Anda dapat kembali ke pola makan harian setelah momen Lebaran berakhir.

 

  1. Anonim. Five Tips For A Healthier Eid. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/healthier-eid. (Diakses pada 9 Januari 2023).
  2. Anonim. Portion Size and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/portion-sizes. (Diakses pada 9 Januari 2023). 
  3. Anonim. 2022. Diabetes and Counting Calories. https://www.diabetes.co.uk/features/diabetes-counting-calories.html. (Diakses pada 9 Januari 2023). 
  4. Ginta, Daniela. 2021. What Can You Drink If You Have Diabetes? https://www.healthline.com/health/diabetes/drinks-for-diabetics#best-drinks. (Diakses pada 9 Januari 2023).
  5. Khan, Nizam. 2020. 11 Foods and Drinks to Avoid with Diabetes. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes. (Diakses pada 9 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi