Terbit: 21 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Imlek menjadi momen yang paling ditunggu setiap tahun. Selain momen berkumpul dengan keluarga, ada berbagai hidangan yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana agar penderita diabetes tetap aman menikmati sajian ini? Simak tipsnya pada artikel berikut ini.

6 Tips Agar Penderita Diabetes Tetap Sehat Saat Rayakan Imlek

Agar Penderita Diabetes Tetap Sehat Saat Rayakan Imlek 

Diabetes memang membuat Anda perlu memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi. Namun, di waktu yang spesial ini, tentu Anda pasti tergoda untuk konsumsi menu imlek favorit. 

Tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu diabetes tetap terkontrol selagi merayakan imlek, di antaranya:

1. Pilih Menu Sarapan Sehat

Jika Anda berpikir untuk melewatkan sarapan karena akan makan lebih banyak saat berkunjung ke rumah sanak saudara, sebaiknya jauhkan niat tersebut.

Sarapan diketahui dapat membantu Anda mencegah makan berlebihan di sisa hari. Namun, Anda juga perlu cermat dalam memilih menu sarapan.

Pilihlah menu sarapan yang tinggi serat tapi rendah karbohidrat, gula tambahan, dan garam. Makanan yang tinggi nutrisi akan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda lebih mudah untuk menolak snack yang tidak sehat. 

Baca JugaMenilik Manfaat Jalan Kaki bagi Penderita Diabetes

2. Membatasi Konsumsi Makanan Manis dan Tinggi Lemak

Camilan khas imlek seperti nastar, kastengel, sagu keju, dan kue lapis legit adalah beberapa makanan yang umumnya tersaji.

Menderita diabetes tidak menghalangi Anda dari konsumsi makanan khas tersebut. Anda tetap bisa mencicipinya. Namun, perlu diingat Anda perlu membatasi jumlahnya untuk menghindari lonjakan gula darah. 

Makanan kecil dan kue-kue kering ini pada umumnya mengandung karbohidrat sederhana dan lemak jenuh dalam jumlah yang relatif tinggi, tetapi kandungan nutrisinya rendah.

Karbohidrat sederhana akan lebih mudah dicerna dalam tubuh. Ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan terjadi lonjakan gula darah yang signifikan.

Selain itu, kandungan lemak jenuh juga memiliki efek yang buruk terhadap tubuh. Meskipun tidak memiliki efek langsung terhadap gula darah, tetapi senyawa ini dapat meningkatkan inflamasi, resistensi insulin, dan lemak pada perut.

3. Hindari Minuman Manis

Minuman manis merupakan musuh utama penderita diabetes. Misalnya,dDalam setiap 350 ml cola, terdapat 38.5 gram gula. 

Selain itu, minuman bersoda atau teh dalam kemasan umumnya mengandung gula fruktosa, yang dapat menyebabkan resistensi insulin bertambah parah. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari minuman manis. Anda dapat memilih air putih dingin, teh tanpa gula, atau air berkarbonasi untuk memuaskan dahaga. 

4. Makan dengan Porsi Kecil

Setiap rumah yang Anda kunjungi pasti menyediakan makanan lezat yang menarik untuk dicoba. Mau tidak mau, mungkin Anda perlu makan untuk menghargai tuan rumah yang sudah menyediakan makanan. 

Agar tidak makan berlebihan, Anda tetap harus membatasi porsinya. Usahakan untuk konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang kecil serta memperbanyak porsi sayuran. Kandungan serat dalam sayuran dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh sehingga lonjakan gula darah juga dapat diturunkan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa dibutuhkan waktu sekitar 20 menit sebelum otak menerima sinyal rasa kenyang. Oleh sebab itu, makan secara perlahan dapat membantu Anda agar makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

5. Pilih Snack Sehat

Selain kue kering, umumnya Anda juga akan menemukan buah, kuaci, dan kacang-kacangan saat berkunjung ke rumah sanak saudara. 

Makanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda, karena makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang akan membantu merasa lebih kenyang. 

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya mengandung lebih banyak nutrisi. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi dan perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Konsumsi karbohidrat kompleks tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Namun, Anda perlu waspada terhadap buah kering. Meskipun mengandung vitamin dan mineral, buah kering telah kehilangan banyak air sehingga kandungan gulanya menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, lebih baik pilihlah buah yang segar, ya

Baca Juga17 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Enak dan Sehat

6. Jangan Lupakan Olahraga

Perayaan Imlek tidak boleh menjadi alasan untuk melewatkan olahraga. Makan banyak seharian justru membuat Anda perlu olahraga untuk membakar tumpukan kalori.

Jika tidak sempat melakukan olahraga di luar ruangan, Anda bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Anda bisa melakukan jalan kaki, angkat beban, atau zumba untuk memenuhi kebutuhan gerak harian. 

Olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke serta mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Menderita diabetes tidak menghalangi Anda untuk menikmati meriahnya suasana Imlek. Agar memastikan gula darah terkontrol, jangan lupa untuk melakukan pengukuran gula darah secara berkala. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Anonim. Portion Sizes and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/portion-sizes. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  2. Chermey, Kristeen. 2020. Simple Carbohydrates vs. Complex Carbohydrates. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/simple-carbohydrates-complex-carbohydrates. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  3. Gadgil, Meghana D., et al. 2013. The Effects of Carbohydrate, Unsaturated Fat, and Protein Intake on Measures of Insulin Sensitivity: Results from the OmniHeart Trial. https://diabetesjournals.org/care/article/36/5/1132/29442/The-Effects-of-Carbohydrate-Unsaturated-Fat-and. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  4. Grey, Heather dan Molly Burford. 2022. 10 Exercises for Diabetes: Walking, Yoga, Swimming, and More. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/top-exercises. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  5. Villines, Zawn. 2022. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317067. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  6. Khan, Nizam. 2020. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes. (Diakses pada 20 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi