Terbit: 23 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penderita diabetes memang tidak boleh makan dengan sembarangan. Mereka harus pandai-pandai mengonsumsi makanan yang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Memang, gula darah sangat penting bagi terproduksinya energi tubuh, namun mengingat penderita diabetes tidak memiliki kemampuan untuk mengubah gula darah ini menjadi energi dengan efektif, maka mau tidak mau mereka harus menjaga kadar gula darahnya tetap dalam kondisi normal setelah makan.

Sarapan Susu Baik Bagi Penderita Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Dairy Science, terdapat sebuah cara yang bisa dilakukan penderita diabetes untuk menjaga kadar gulanya tetap rendah. Cara tersebut adalah dengan minum susu saat sarapan. Menurut penelitian yang dipimpin oleh Douglas Goff ini, sarapan dengan minum susu bahkan bisa membuat kadar glukosa darah terkontrol sepanjang hari.

Hanya saja, susu yang dikonsumsi juga sebaiknya tidak sembarangan. Geoff menyarankan susu yang tinggi protein. Ia juga menyebut susu ini bisa dikonsumsi dengan sereal. Susu ini juga sebaiknya tidak diberi tambahan gula sama sekali.

Para peneliti mencari tahu seperti apa efek dari minum susu tinggi protein pada kadar gula darah setelah mengonsumsi sarapan dan makan siang. Hasilnya adalah, susu ini menyediakan protein whey dan kasein yang bisa membuat hormon dari lambung memicu perlambatan pencernaan sehingga membuat kita mudah kenyang. Kondisi ini tentu akan mencegah keinginan untuk makan dengan berlebihan.

Dengan konsumsi makanan yang bisa lebih dikontrol, maka penderita diabetes tentu akan lebih baik dalam mencegah lonjakan kadar gula darah yang sangat berbahaya, bukan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi