Terbit: 17 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penderita diabetes umumnya kerap dikaitkan dengan pembatasan makanan manis saja. Kadang kita beranggapan bahwa selain makanan manis penggunaan suplemen dan vitamin akan mendukung kondisi kesehatan penderita diabetes yang terkontrol. Benarkah demikian?

Penderita Diabetes, Perlukah Mengonsumsi Suplemen?

Menurut National Institute Diabetes and Digestiver and Kidney Diseases (NIDDK) penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 atauapun diabetes tipe 2, perlu melakukan pengaturan diet bukan hanya pada asupan makanan manisnya saja. Akan tetapi juga perlu menerapkan diet seimbang serta melakukan aktivitas fisik yang teratur.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Autonoma Estado Mexico, menunjukkan bahwa ada beberapa kebutuhan vitamin yang meningkat pada penderita diabetes. Hal ini beriringan dengan kondisi peyakitnya, dimana tubuh penderita mengalami stress oksidatif.

Valdes Ramos, salah satu peneliti, menyebutkan bahwa meskipun kebutuhannya meningkat, kondisi stress oksidatif pada tubuh penderita justru menyebabkan penurunan ketersediaan dan penyerapan terhadap bentuk turunan vitamin A, B12, C dan E. Hal tersebut kerap dijadikan alasan orang dengan diabetes untuk mengonsumsi suplemen.

Padahal berbagai studi, baik NIDDK, hasil penelitan diatas dan dan beberapa buku panduan klinis terkait gizi, meyebutkan bahwa:

  1. Penggunaan suplemen pada penderita diabetes justru menyebabkan interaksi dengan obat diabetes.
  2. Suplemen diabetes tidak menunjukkan manfaat maksimal dalam penyerapan dan ketersediaan vitamin pada tubuh, dan
  3. Penggunaan suplemen dalam jangka panjang tidak terbukti melindungi dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung atau kanker, namun justru dapat berbahaya karena menimbulkan efek toksik atau keracunan.

Ada beberapa kondisi penggunaan suplemen yang memang dianjurkan dengan saran dokter yang ketat, yaitu pada suplemen B12 pada penderita yang mengonsumsi obat tertentu serta suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat untuk penderita diabetes yang merokok.

Penggunaan suplemen pada penderita diabetes tidak boleh dilakukan dengan asal. Kebutuhan asupan vitamin yang meningkat dianjurkan dari pemilihan bahan makanan yang tepat dan seimbang yaitu kaya vitamin namun tidak memengaruhi kondisi kadar gula tubuh.

Jadi, pemenuhan kebutuhan vitamin penderita diabetes cukup dari pengaturan makanan yang tepat saja ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi