Terbit: 17 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Lantas, apakah mengonsumsi vitamin D bermanfaat untuk penyakit kronis ini? Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Vitamin D untuk Penderita Diabetes, Bermanfaatkah?

Hubungan Vitamin D dan Penyakit Diabetes

Menurut hasil penelitian, kadar vitamin D yang rendah telah ditemukan pada seseorang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan resistensi insulin. 

Selain itu, studi lainnya mengungkapkan bahwa menambahkan suplemen vitamin D secara rutin dapat membantu tubuh dalam melawan resistensi insulin. 

Vitamin D tidak hanya membantu meningkatkan sensitivitas insulin, namun juga berguna untuk menjaga fungsi sel beta di pankreas. Sel beta ini memiliki peran penting dalam sekresi insulin. Jika fungsi sel beta menurun, hal ini akan berdampak pada berkembangnya diabetes tipe 2. 

Saat fungsi sel beta mengalami penurunan, pengidap diabetes membutuhkan pengobatan insulin karena obat oral tidak lagi mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Walau terdapat penelitian yang menunjukkan vitamin D memiliki manfaat terhadap produksi dan sensitivitas insulin, namun penelitian tersebut belum menunjukkan hasil signifikan terhadap kadar HbAlc dan gula darah puasa seseorang.

Baca Juga: 11 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Efek Vitamin D Terhadap Sekresi Insulin

Vitamin D akan memasuki sel beta, kemudian berinteraksi dengan beberapa jenis reseptor untuk dapat mengaktifkan gen insulin sehingga produksi sintesis insulin meningkat.

Selain itu, vitamin D juga diyakini dapat membantu sel beta untuk bertahan hidup dengan cara mengganggu efek sitokin yang akan menghancurkan sel-sel beta.  

Di samping itu, vitamin D juga memainkan peran penting dalam mengatur penggunaan kalsium di tubuh. Walau kalsium memainkan peran kecil, namun kalsium memiliki peran penting dalam sekresi insulin. 

Jika kadar vitamin D sedikit, hal ini akan merusak kemampuan tubuh dalam mengelola kadar kalsium. Apabila hal itu terjadi, maka kemampuan tubuh dalam memproduksi insulin akan terganggu.

Baca JugaWajib Tahu, Ini 6 Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Apakah Vitamin D Bermanfaat untuk Penderita Diabetes?

Walau penelitian mengenai vitamin D menunjukkan hasil positif terhadap penyakit diabetes, namun terlalu banyak mengonsumsinya juga dapat berdampak negatif untuk penderita diabetes. 

Vitamin D memang dapat membantu penyerapan kalsium, tapi terlalu banyak konsumsi kalsium juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes atau seseorang yang tidak memiliki penyakit ini tetap perlu membatasi konsumsinya.

Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengetahui dosis yang tepat. Kelebihan vitamin ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping, apalagi jika memiliki kadar kalsium yang tinggi di dalam darah.

Kadar kalsium yang terlalu tinggi memiliki dampak negatif, yaitu melemahkan tulang, mengganggu fungsi jantung dan otak, serta menyebabkan batu ginjal.

Penderita diabetes yang mengonsumsi vitamin D dan kalsium berlebih dapat merasakan efek samping jangka panjang tersebut. Mengingat penyakit ginjal juga umum ditemukan pada penderita diabetes. 

 

  1. Vieira, Ginger. 2019. Why People Living with Type 2 Diabetes Should Be Careful with Vitamin D. https://www.healthline.com/health-news/vitamin-d-may-diminish-risk-of-t2d. (Diakses pada 16 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi