Terbit: 18 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Air kelapa dikenal memiliki rasa manis alami sehingga banyak penderita diabetes menghindarinya untuk mencegah lonjakan gula darah. Sebenarnya, bolehkan penderita diabetes minum air kelapa? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Penderita Diabetes Minum Air Kelapa, Apa Efeknya pada Gula Darah?

Bolehkan Penderita Diabetes Minum Air Kelapa?

Meskipun memiliki rasa manis yang alami, kandungan gula dalam air kelapa tergolong rendah, yaitu 10,5 gram fruktosa (gula buah).

Dengan begitu, minum air kelapa cocok untuk penderita diabetes karena tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kadar gula darah.

Air kelapa juga mengandung sejumlah nutrisi yang bagus bagi tubuh seperti potasium, magnesium, mangan, vitamin C, dan L-arginin dalam jumlah yang tinggi, serta dapat membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Selain itu, air kelapa diketahui memiliki indeks glikemik (IG) sebesar 54. Kadar IG menentukan seberapa banyak makanan/minuman akan meningkatkan kadar gula darah. Sebagai acuan, berikut ini batas nilai IG dari rendah ke tinggi, meliputi:

  • IG rendah: 1 – 55.
  • IG sedang: 56 – 69.
  • IG tinggi: 70 ke atas.

Berdasarkan patokan tersebut, itu artinya air kelapa merupakan pilihan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Akan tetapi, mengonsumsinya terlalu banyak bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat.

Baca Juga: 10 Manfaat Daging Kelapa, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Otak

Lantas, berapa takaran yang aman jika penderita diabetes ingin minum air kelapa? Pada umumnya, Anda dianjurkan untuk tidak lebih dari satu gelas air per hari. Namun, jika Anda mengalami fluktuasi kadar glukosa darah, disarankan untuk menghindari meminumnya.

Selain itu, pilihlah kelapa muda berwarna hijau karena memiliki lebih sedikit gula dibandingkan dengan kelapa matang.

Sementara bagi penderita diabetes gestasional, rematik, dan penyakit ginjal kronis harus menghindari minum air kelapa.

Tips Sehat Minum Air Kelapa untuk Penderita Diabetes

Berikut ini tips mengonsumsi air kelapa yang aman, antara lain:

  • Pasien diabetes sebaiknya mengonsumsi 250 ml air kelapa per harinya.
  • Campurkan perasan air jeruk nipis ke dalam air kelapa. Campuran lain yang bisa ditambahkan yaitu jus lidah buaya dan biji chia
  • Waktu terbaik untuk meminum air kelapa adalah saat perut kosong di pagi hari.
  • Dikarenakan merupakan sumber elektrolit alami, minum air dianjurkan sebelum atau setelah berolahraga

Pastikan pilih air kelapa segar dari sumber alami daripada dalam kemasan yang mungkin telah ditambahkan gula dan pengawet di dalamnya.

Sebelum minum air kelapa, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu untuk menghindari efek samping atau alergi.

Baca Juga: Amankah Penderita Diabetes Minum Jus Buah? Kenali Aturannya

Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Diabetes

Setelah Anda mengetahui bahwa air kelapa aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Menurunkan Gula Darah

Mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengontrol gula darah karena kandungan potasium, mangan, magnesium, vitamin C, L-arginin yang tinggi. Semua zat ini mampu membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

2. Menghambat Stres Oksidatif

Air kelapa memiliki kemampuan untuk menghambat stres oksidatif secara signifikan. Dengan begitu, air kelapa dipercaya dapat mencegah komplikasi pada jantung, saraf, dan ginjal.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Minum air kelapa secara teratur memberikan efek menurunkan kolesterol, perlemakan hati, dan trigliserida dalam darah. Air kelapa juga dipercaya membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Pada akhirnya, meski beberapa studi menunjukkan efek positif pada kesehatan; manfaat air kelapa untuk penderita diabetes masih dibutuhkan penelitian yang lebih besar.

 

  1. Anonim. Can diabetics drink coconut water?. https://vinmec.com/en/news/health-news/general-health-check/can-diabetics-drink-coconut-water/. (Diakses pada 17 Januari 2023)
  2. Davidson, Katey. 2019. Is Coconut Water Good for Diabetes?. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-water-and-diabetes. (Diakses pada 17 Januari 2023)
  3. Momaya, Alpa. 2022. Does Coconut Water Increase Blood Sugar?. https://www.healthifyme.com/blog/coconut-water-blood-sugar/. (Diakses pada 17 Januari 2023)
  4. Rana, Sarika. 2018. Diabetes: Is Coconut Water Good For Managing Blood Sugar Levels?. https://www.ndtv.com/food/diabetes-is-coconut-water-good-for-managing-blood-sugar-levels-1929925. (Diakses pada 17 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi