Terbit: 12 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Jus buah mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Namun, karena kandungan gulanya yang dinilai tinggi, minuman ini berisiko meningkatkan gula darah. Lantas, bolehkah penderita diabetes minum jus buah? Simak penjelasannya berikut ini.

Amankah Penderita Diabetes Minum Jus Buah? Kenali Aturannya

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Jus Buah?

Diabetesi (penderita diabetes) perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Ini dilakukan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Salah satu jenis asupan yang harus dibatasi adalah makanan atau minuman manis, misalnya jus buah. Meski mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh, nyatanya jus termasuk minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi diabetesi.

Selain mengandung serat dan kalsium, jus buah juga menyimpan kandungan fruktosa di dalamnya. Fruktosa adalah gula utama yang ditemukan di dalam buah.

Jumlah fruktosa di dalam minuman ini diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah toleransi gula diabetesi. Jadi, minum jus buah untuk penderita diabetes berisiko meningkatkan kadar gula di dalam darah secara signifikan.

Selain itu, buah yang diolah dengan cara dijus berisiko kehilangan kandungan seratnya. Padahal, serat larut dapat membantu sistem pencernaan lancar dan mencegah lonjakan gula darah dengan cepat.

Baca Juga10 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Diabetesi

Tak cukup sampai di situ, apabila buah yang dijus memiliki indeks glikemik (IG) yang tinggi, risiko gula darah melonjak juga bisa meningkat. Indeks glikemik adalah adalah indikator untuk mengukur cepat atau lambatnya makanan dalam meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Daripada minum jus buah, penderita diabetes lebih dianjurkan untuk mengonsumsi buah secara langsung. 

Penelitian yang terbit di jurnal The BMJ melaporkan bahwa konsumsi buah utuh, seperti bluberi, apel, dan anggur, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sebaliknya, sering minum jus buah berkaitan dengan kenaikan risiko diabetes.

Aturan Minum Jus Buah untuk Diabetesi

Walaupun tidak direkomendasikan, bukan berarti jus buah untuk penderita diabetes dilarang. Pasalnya, minuman yang satu ini menyediakan berbagai mikronutrien yang sama dengan buah utuh.

Agar memperoleh manfaat minum jus secara optimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Pilihlah Buah yang Tepat

Buah yang baik untuk diabetes sebaiknya mengandung karbohidrat dan kalori yang rendah, serta kaya akan serat. Beberapa buah yang bisa dipilih, antara lain:

  • Beri, seperti bluberi dan stroberi.
  • Ceri.
  • Persik.
  • Apel.
  • Aprikot.
  • Jeruk.
  • Pir.
  • Kiwi.

2. Hindari Menambahkan Gula atau Pemanis

Cara membuat jus untuk diabetes yang aman adalah dengan tidak menambahkan gula atau pemanis. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah kenaikan kadar gula di dalam tubuh secara drastis.

Tanpa tambahan gula sekalipun, jus buah sudah mengandung fruktosa sehingga tetap berisiko meningkatkan kadar gula darah.

3. Pilih Alternatif Jus Sayuran

Cara konsumsi jus buah untuk diabetes yang aman salah satunya bisa dikombinasikan dengan sayuran. Pilihlah jenis sayuran yang tidak berdampak besar terhadap kenaikan gula darah.

Beberapa sayuran yang baik untuk diabetes antara lain:

  • Seledri.
  • Brokoli.
  • Kale.
  • Mentimun.

Baca Juga11 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

4. Jus Buatan Sendiri

Kebanyakan jus buah dalam kemasan sudah diberi rasa pemanis dan perisa buah. Tentu, hal ini bisa membahayakan kondisi kesehatan pengidap diabetes.

Oleh karena itu, agar asupan gula tetap terkontrol, hindari konsumsi jus buah dalam kemasan. Sebaliknya, buatlah sendiri jus di rumah dan hindari menambahkan gula.

5. Batasi Konsumsinya

Tips yang tak kalah penting agar konsumsi jus buah untuk diabetes tetap aman adalah batasi konsumsinya. Anda bisa minum sekitar 118-236 ml jus per hari.

Nah, itulah penjelasan mengenai tingkat keamanan jus buah bagi penderita diabetes. Apabila ingin gula darah tetap terkontrol saat meminumnya, pastikan untuk memperhatikan tips-tips yang disebutkan di atas, ya!

 

  1. Anonim. 2022. What Fruit Juice Can People With Diabetes Drink? https://www.diabetes.co.uk/food/juice-and-diabetes.html. (Diakses pada 11 Januari 2023).
  2. Bucklin, Stephanie. 2017. Is Juicing a Good Idea if You’re Managing Type 2 Diabetes? https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/juicing-diabetes-it-good-idea/. (Diakses pada 11 Januari 2023).
  3. Chen, Chunye, dkk. 2016. Therapeutic Effects of Soluble Dietary Fiber Consumption on Type 2 Diabetes Mellitus. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4950069/. (Diakses pada 11 Januari 2023).
  4. Masters, Maria. 2022. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/. (Diakses pada 11 Januari 2023).
  5. Muraki, Isao, dkk. 2013. Fruit Consumption and Risk of Type 2 Diabetes: Results from Three Prospective Longitudinal Cohort Studies. https://www.bmj.com/content/347/bmj.f5001. (Diakses pada 11 Januari 2023).
  6. Patel, Hiral. 202. Fruit Juices For Diabetes – Yes or No? https://www.healthifyme.com/blog/fruit-juices-for-diabetes/. (Diakses pada 11 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi