Terbit: 19 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Ikan adalah salah sumber makanan yang dikenal mengandung banyak nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan penderita jika rutin mengonsumsinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

6 Jenis Ikan yang Bagus Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Kandungan Nutrisi Ikan

Ikan mengandung tinggi protein dan lemak omega-3 seperti EPA dan DHA. Selain protein dan lemak, di dalam ikan juga terdapat kandungan vitamin D, vitamin B12, dan mineral; seperti yodium, fosfor dan zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, mata, dan sistem saraf. 

Namun tidak bisa dipungkiri, ikan yang mudah ditemukan dipasaran juga menimbulkan kekhawatiran. Salah satunya terkait kadar merkuri dan zat kimia yang berisiko bagi tubuh.

Umumnya penderita diabetes memiliki banyak pantangan makanan. Itulah mengapa boleh tidaknya makan ikan menjadi kekhawatiran yang kerap ditanyakan diabetesi. Lantas, apakah boleh mengonsumsi ikan jika memiliki diabetes? Jawabannya tentu saja boleh. 

Ikan termasuk makanan yang baik untuk penderita diabetes. Protein omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan energi dan kesehatan jantung penderita diabetes. 

Ikan juga memiliki indeks glikemik yang rendah, itu artinya mengonsumsi ikan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba. Justru, makan ikan dapat membantu mempertahankan kadar glukosa (gula) secara konsisten. 

Baca Juga: 7 Jenis Ikan dengan Kandungan Omega-3 yang Tinggi

Jenis Ikan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Meski punya banyak manfaat bagi orang dengan diabetes, nilai gizi ikan akan berbeda-beda tergantung jenis ikan yang Anda pilih. 

Berikut ini beberapa jenis ikan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, di antaranya: 

1. Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Lemak esensial ini dapat mengurangi komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan diabetes, seperti stroke dan gagal jantung. Selain itu, jenis ikan ini aman untuk meningkatkan sensitivitas insulin. 

2. Makarel

Kandungan serat, protein, asam omega-3, vitamin, serta mineral yang terkandung di dalam ikan mackerel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ikan ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan demensia.

3. Ikan Kembung

Jenis ikan lain yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah ikan kembung. Baik makarel atau kembung, keduanya sama-sama memiliki kandungan asam lemak dan protein yang tinggi. 

Hal ini tentunya akan berdampak baik pada kesehatan jantung, pembuluh darah, serta kadar gula di dalam darah.  Selain itu, jenis ikan ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga: Sejumlah Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan

4. Tilapia

Ikan tilapia tinggi kandungan selenium, mineral yang dinilai ampuh menurunkan gula darah. Ikan ini juga ideal dikonsumsi oleh Anda yang ingin mengurangi kolesterol. 

5. Sarden

Kaya akan omega-3, sardine atau yang lebih dikenal dengan sarden dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam aliran darah. Tidak hanya mencegah peradangan, ikan ini juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung pada diabetesi. 

Meski begitu, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan ini dalam bentuk instan karena umumnya mengandung tinggi garam. 

6. Herring

Ikan yang masih satu keluarga dengan sarden. Konsentrasi EPA dan DHA yang tinggi dalam ikan herring berkhasiat untuk kesehatan otak dan jantung. Kandungan vitamin D di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk menstabilkan kadar gula darah. 

Tips Makan Ikan yang Aman untuk Diabetesi

Agar tetap sehat, berikut ini beberapa tips makan ikan yang tepat untuk penderita diabetes, antara lain: 

  1. Tidak mengonsumsi ikan secara berlebihan, setidaknya dua kali dalam seminggu. 
  2. Mengolah ikan dengan cara di panggang, dikukus, atau direbus. Hindari menggoreng ikan karena cara tersebut dapat mengurangi nilai gizi pada ikan. 
  3. Hindari makan ikan mentah karena dapat berisiko keracunan. 

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis dan manfaat ikan untuk penderita diabetes. Jangan lupa, pilihlah ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 dan protein tinggi. Selain itu, pastikan juga untuk rutin mengontrol kadar gula darah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 2019. Fish. https://www.diabetes.co.uk/food/fish.html. (Diakses pada 18 Januari 2023)
  2. Fatima, Shifa. 2022.  Is Fish Good For Diabetes?. https://www.sugarfit.com/blog/is-fish-good-for-diabetes/. (Diakses pada 18 Januari 2023)
  3. Margaret, O’Malley dan Bedosky Lauren. 2021. The Best Seafood for People With Diabetes. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/the-best-seafood-for-diabetes/. (Diakses pada 18 Januari 2023) 
  4. Michael, Greger. 2017. Why Would Eating Fish Increase Diabetes Risk?. https://nutritionfacts.org/2015/07/23/why-would-eating-fish-increase-diabetes-risk/. (Diakses pada Januari 2023)
  5. Sarode, Chandrashekara Ashwini. 2022.  Is Fish Good for Diabetes?. https://www.breathewellbeing.in/blog/is-fish-good-for-diabetes/. (Diakses pada 18 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi