Terbit: 31 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bukan rahasia, salmon adalah makanan yang kaya akan kandungan gizi dan baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Tahukah Anda apa saja manfaat ikan salmon bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

11 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

11 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Salmon adalah salah satu superfood yang disarankan untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Salmon mengandung protein tinggi, omega 3, 6 dan 9, kaya vitamin A, D dan B, aneka mineral, serta rendah lemak.

Berikut adalah 11 manfaat ikan salmon bagi tubuh:

1. Mendukung perkembangan saraf dan otak

Salmon kaya akan omega 3, 6 dan 9, serta vitamin D yang penting bagi perkembangan otak dan saraf bayi serta anak-anak. Salmon juga kaya akan EPA/DHA yang sangat berpengaruh pada tingkat IQ si Kecil.

Kekurangan DHA akan berpengaruh pada tingkat kognitif anak serta membuatnya mengalami kesulitan belajar. DHA tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus didapatkan dari makanan.

2. Mendukung perkembangan mata

Manfaat ikan salmon untuk anak adalah mendukung kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi di dalam salmon akan membantu perkembangan organ penglihatan janin selama di dalam kandungan.

DHA juga sangat penting dalam membangun otot dan saraf pada mata agar penglihatan anak tetap sehat.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan omega di dalam salmon juga sangat penting dalam menjaga kesehatan otot jantung ibu dan anak, membantu mengatur ritme detak jantung, serta mengendalikan keseimbangan antara omega 3 dan 6 di dalam darah.

Terlalu banyak omega 6 dibandingan omega 3 ternyata berpengaruh pada kinerja jantung. Mengkonsumsi 4-6 ons salmon per minggu akan meningkatkan kadar omega 3 sekitar 4-9 persen.

Baca Juga: Ikan Kembung vs Ikan Salmon, Manakah yang Lebih Bergizi?

4. Membantu ibu mengendalikan berat badan

Walaupun selama hamil berat badan pasti bertambah, tetapi ada batasan yang harus ibu jaga. Sebaiknya pertambahan berat badan ibu hamil tidak melampaui batas 25 kg hingga saat melahirkan. Bayi dengan ibu yang kelebihan berat badan akan beresiko lebih tinggi mengalami obesitas dan diabetes.

Salmon adalah makanan dengan kadar lemak rendah. Kandungan proteinnya yang tinggi membantu mengatur selera makan dan membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Salmon juga rendah kalori. Setiap 100 gram salmon hanya mengandung 182 hingga 206 kalori.

5. Melawan inflamasi

Para ahli percaya bahwa inflamasi di dalam tubuh adalah akar dari banyak penyakit kronis. Termasuk diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Mereka yang secara teratur mengkonsumsi ikan memiliki sel darah putih dengan jumlah yang seimbang, yang mengindikasikan kondisi inflamasi tubuh.

6. Salmon adalah superfood yang lezat

Saat hamil, masalah rasa dan selera terkadang menjadi penghalang ibu mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Salmon, tidak seperti ikan laut lainnya, memiliki rasa amis yang tidak terlalu keras.

Rasanya yang lezat dan dapat diolah dalam berbagai jenis menu adalah makanan yang dapat disantap ibu tanpa merasa mual.

Baca Juga: 10 Manfaat Salmon Sashimi untuk Kesehatan

7. Membantu anak tidur lebih nyenyak

Omega 3 di dalam salmon dapat meningkatan kualitas tidur pada bayi dan anak-anak. Bayi dapat tidur nyenyak dan istirahat lebih tenang.

Sedangkan bagi anak-anak, tidur yang nyenyak akan mendukung perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan tubuh mereka.

8. Membantu meningkatkan fokus pada penyandang ADHD

Anak yang menyandang ADHD mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, bersikap tenang, serta mengatur impulsivitasnya. Asupan asam lemak omega 3 dan 6 akan membantu perkembangan otak dan saraf mereka.

Manfaat salmon didapat dari kandungan omega 3 yang akan meningkatkan rasa tenang dan nyaman. Menjadikan mereka lebih mudah diarahkan dan mencapai rentang fokus yang lebih panjang. Iringi dengan diet rendah gula, kasein, dan gluten untuk hasil yang lebih maksimal.

9. Membantu mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi sangat berisiko dalam kehamilan karena memicu terjadinya preeklampsia. Tekanan darah yang terlalu rendah pun berbahaya karena akan membuat ibu mudah pusing, mual dan lemas.

10. Mengurangi resiko lahir prematur

Kandungan omega 3 di dalam salmon dapat memperkuat janin dan mencegah kehamilan prematur. Mengkonsumsi salmon 3 porsi seminggu telah memenuhi kebutuhan omega 3 bagi ibu dan janin.

Beberapa dokter mungkin lebih menyarankan suplemen bagi ibu hamil, karenanya berkonsultasilah lebih dulu sebelum memutuskan untuk memilih asupan dari makanan.

11. Mengurangi risiko baby blues dan PPD

Baby blues dan Postpartum Depression (PPD) adalah kondisi yang sangat mengkhawatirkan bagi ibu pasca melahirkan. Lagi-lagi kandungan omega 3 sangat penting dalam membantu ibu merasa lebih fokus,  beristirahat lebih tenang, serta mengatur mood. Namun hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Usahakan ibu juga menyadari saat dirinya mulai merasa sedih, stres dan terintervensi agar dapat meminta bantuan suami dan keluarga. Baby blues dan PPD harus diatasi dengan diet seimbang serta dukungan moral dan cinta dari keluarga. Jika perlu, hubungi dokter untuk mendapat pertolongan.

Baca Juga: Salmon Ovary Peptide: Nutrisi, Manfaat bagi Kesehatan, Risiko, dll

Tips Mengkonsumsi Salmon dengan Aman

Saat Anda memasak atau makan ikan salmon, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Selalu dimakan matang

Salmon mentah atau salmon asap memang lezat, tetapi belum aman dari kandungan bakteri Listeria. Listeria dapat menyebabkan infeksi (yang disebut listeriosis) pada ibu hamil dan anak-anak.

Akibatnya adalah kelahiran prematur dan infeksi pada janin. Untuk mencegahnya, makanlah salmon dalam keadaan matang.

  • Porsi yang tepat

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi salmon sekitar 8-12 ons per minggu, atau sekitar 2 hingga 3 porsi. Ukuran ini menurut Seafood Nutrition Partnership pas untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dari salmon.

Sekaligus membatasi jumlah merkuri yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan bayi. Terlalu banyak merkuri dapat menyebabkan kerusakan otak serta masalah pada pendengaran dan penglihatan bayi.

Ternyata manfaat ikan salmon bagi ibu hamil dan anak-anak sangat banyak. Jika diolah dengan cara dan porsi yang tepat, ibu tidak perlu khawatir mengkonsumsinya.

 

  1. Cinelli, Elisa. 2021. Can I Eat Salmon While Pregnant? https://www.verywellfamily.com/can-you-eat-salmon-while-pregnant-5192890. (Diakses pada 18 Januari 2022).
  2. Spritzler, Franziska. 2021. 11 Impressive Health Benefits of Salmon. https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-salmon. (Diakses pada 18 Januari 2022).
  3. 2019. 6 REASONS SALMON IS A SUPERFOOD FOR NEW & EXPECTANT MOTHERS. https://www.verlasso.com/verlasso-blog/2019/5/1/6-reasons-salmon-is-a-superfood-for-new-amp-expectant-mothers. (Diakses pada 18 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi