Terbit: 30 June 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Selain banyak disukai karena rasanya yang lezat, manfaat ikan mas untuk kesehatan juga tidak bisa Anda sepelekan. Apa saja khasiat ikan mas tersebut? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Sejumlah Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan

Ikan mas mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein, kalsium, vitamin A, dan kalium. Tak hanya itu, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki beragam kebaikan untuk kesehatan.

Mengetahui fakta tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat ikan mas yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Memiliki Efek Anti-peradangan

Khasiat ikan mas yang satu ini hadir berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Kandungan ini dapat mengatasi peradangan di berbagai bagian tubuh.

Menurut studi dalam Nutrition Reviews, menambahkan omega-3 (EPA dan DHA) dalam diet, baik dengan mengonsumsi ikan maupun suplemen ikan, dapat membantu mengurangi beragam penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Berbagai penyakit tersebut, termasuk penyakit radang usus (IBD) hingga rheumatoid arthritis.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Zinc adalah mineral yang ikut berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, kebanyakan orang mengabaikan mineral penting yang satu ini.

Gejala kekurangan zinc tidak kentara seperti kekurangan zat besi atau kalsium. Namun, penting untuk Anda ketahui jika kekurangan mineral ini akan berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh. 

Ikan mas kaya akan zinc sehingga dapat menyediakan sebesar 10 persen kebutuhan zinc per hari.

Baca Juga10 Manfaat Ikan Cakalang untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat ikan mas adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Menurut penelitian, konsumsi asam lemak omega-3 berkaitan dengan penurunan risiko penyakit radang usus.

Agar sistem pencernaan tetap sehat dan gejala perut kembung dan masalah pencernaan lainnya berkurang, tambahkan ikan mas ke dalam menu makanan Anda.

4. Membantu Mengurangi Penyakit Kronis

Manfaat ikan mas untuk mengurangi risiko berbagai penyakit berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki lebih dari satu fungsi untuk tubuh.

Sebagai contoh, vitamin A dalam ikan berperan sebagai antioksidan kuat dalam bentuk beta-karoten. Antioksidan ini dapat memerangi radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan merupakan pencetus sejumlah gangguan kesehatan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung di dalam ikan mas dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, konsumsi ikan mas diketahui baik untuk meningkatkan keseimbangan omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh sehingga mampu menurunkan risiko aterosklerosis.

Pada gilirannya, kondisi tersebut akan menurunkan tekanan darah dan mencegah ketegangan pada sistem kardiovaskular. Inilah yang kemudian dapat membantu menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Vitamin D memegang peran penting dalam metabolisme kalsium serta memberikan perlindungan dari kanker.

Perlu Anda ketahui, pada 100 gram ikan mas terkandung sebanyak 988 IU vitamin D. Ini berarti, ikan ini menyediakan sekitar 165 persen kebutuhan vitamin D harian dari jumlah yang direkomendasikan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kesulitan untuk tidur? konsumsi ikan mas mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat ikan mas untuk meningkatkan kualitas tidur hadir berkat kadar magnesium yang tinggi di dalam ikan ini.

Magnesium dapat merangsang pelepasan neurotransmitter tertentu yang dapat menenangkan saraf. Anda pun bisa memperoleh tidur berkualitas.

Baca JugaSegudang Manfaat Ikan Barramundi untuk Kesehatan

8. Menyeimbangkan Kadar Hormon di Dalam Tubuh

Ikan mas merupakan sumber mineral baik, termasuk selenium, iodine, fosfor, kalsium, potasium, magnesium, dan zinc.

Perlu Anda ketahui, iodine merupakan nutrisi penting untuk mendukung produksi hormon tiroid. Hormon ini turut mendukung seluruh kerja sel dan organ di dalam tubuh. Iodine juga akan menyeimbangkan fungsi kelenjar tiroid dan pusat hormonal lainnya di dalam tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ikan mas untuk kesehatan mata diperoleh dari beta-katoren alias provitamin A yang berperan sebagai antioksidan. Beta-karoten diketahui berkaitan dengan peningkatan kesehatan mata dan kekuatan retina.

Selain itu, penelitian telah menghubungkan konsumsi ikan mas dan ikan berminyak lainnya dengan peningkatan fungsi penglihatan dan penurunan stres oksidatif.

Selain itu, penelitian juga menemukan kaitannya terhadap penurunan risiko degenerasi makula dan penurunan penglihatan.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat konsumsi ikan mas untuk tekanan darah ini ada karena kandungan kalium di dalam ikan. Kalium adalah mineral yang berperan dalam menenangkan dinding pembuluh darah.

Kandungan ini juga dapat menekan tekanan darah tinggi berkat kemampuannya dalam mengurangi garam berlebih dalam darah.

Tingginya kadar garam dalam tubuh dapat memicu kenaikan tekanan darah.

11. Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Stabil

Satu hal yang tak kalah penting, konsumsi ikan mas dapat membantu menjaga agar kadar kolesterol di dalam tubuh tetap stabil. Khasiat ikan mas ini hadir berkat kandungan B3 alias niasin di dalamnya.

Niasin dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (kolesterol baik) sekaligus menurunkan low-density lipoprotein (kolesterol jahat).

12. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan selenium, omega-3, zinc, dan efek antioksidan di dalam ikan mas berkaitan dengan kesehatan kognitif.

Menurut penelitian pada Jurnal Nature Reviews Neurologi, kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

13. Memperlambat Tanda Penuaan Dini

Ikan mas mengandung vitamin A yang berperan sebagai antioksidan. Tidak hanya melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya, antioksidan juga penting terhadap kulit.

Kandungan ini baik untuk meningkatkan produksi sel-sel baru sehingga dapat memperlambat proses penuaan.

Konsumsi ikan mas dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, seperti munculnya bintik-bintik hitam, kerutan, atau berkurangnya elastisitas kulit.

14. Memperkuat Tulang dan Gigi

Salah satu mineral baik yang terdapat pada ikan mas adalah fosfor. Satu porsi ikan mas telah menyediakan sebesar 50 persen kebutuhan harian mineral ini.

Fosfor berperan penting dalam perkembangan tulang sekaligus menjaga kepadatan mineral tulang. Selain itu, mineral ini juga merupakan komponen pada gigi.

Baca JugaManfaat Ikan Gurame dan Efek Sampingnya

15. Meredakan Gangguan Pernapasan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan, seperti bronkitis, gangguan pernapasan kronis, dan penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan; mengonsumsi ikan mas adalah pilihan yang tepat. 

Sejumlah penelitian mengaitkan kandungan nutrisi dan mineral di dalam ikan mas dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, konsumsi ikan mas juga dapat membantu mempercepat penyembuhan pada area yang sudah rusak tersebut.

16. Mendukung Perkembangan Sistem Saraf

Ikan mas merupakan sumber asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA), docosapantaenoic acid (DPA) dan asam lemak docosahexaenoic (DHA).

Menurut sebuah penelitian, asam lemak tersebut—terutama DHA—memegang peran penting terhadap perkembangan sistem saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Itulah beberapa manfaat ikan mas untuk kesehatan. Jangan lupa kombinasikan konsumsinya dengan makanan sehat lainnya untuk memperoleh khasiatnya secara optimal.

 

  1. Anonim. Carp Fish Benefits and Nutrition Facts. https://www.healthbenefitstimes.com/carp-fish/. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  2. Anonim. Common carp Nutrition Facts. https://www.nutrition-and-you.com/common-carp.html. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  3. Fotuhi, Majid. 2009. Fish Consumption, Long-Chain Omega-3 Fatty Acids and Risk of Cognitive Decline or Alzheimer Disease: A Complex Association. https://www.nature.com/articles/ncpneuro1044. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  4. Staughton, John. 2021. 11 Amazing Benefits of Carp. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-carp.html. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  5. Wall, Rebecca., dkk. 2010. Fatty Acids From Fish: The Anti-Inflammatory Potential of Long-Chain Omega-3 Fatty Acids. https://academic.oup.com/nutritionreviews/article/68/5/280/1829259. (Diakses pada 30 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi