Terbit: 24 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Permen dikenal luas sebagai camilan yang memiliki rasa yang manis. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan manis demi menghindari lonjakan gula darah dalam tubuhnya. Hal ini berarti, apakah mereka tidak boleh lagi mengonsumsi permen?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Permen?

Banyak orang yang sengaja mengonsumsi permen saat melakukan berbagai aktivitas. Permen dianggap sebagai camilan yang bisa membantu pikiran menjadi lebih segar sehingga tentu akan membuat kita berkonsentrasi atau berpikir dengan lebih baik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, penderita diabetes memang sebaiknya tidak lagi mengonsumsi permen demi menjaga kondisi kesehatannya.

Rasa manis di dalam permen disebabkan oleh bahan utama dari camilan ini yang merupakan gula pasir. Padahal, penderita diabetes harus benar-benar membatasi atau bahkan menghindari konsumsi gula demi mencegah datangnya komplikasi.

Lantas, apakah tidak ada permen yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada permen yang berlabel sugar free atau bebas gula. Meski masih memiliki rasa manis, permen ini mendapatkannya dari bahan alami layaknya jahe atau mint. Karena tidak memiliki kandungan gula, maka penderita diabetes masih bisa mengonsumsinya.

Selain tidak sembarangan dalam mengonsumsi permen, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memperhatikan asupan gula hariannya. Tak hanya membatasi konsumsinya, ada baiknya mereka juga mengganti gula yang digunakan setiap hari dengan gula rendah kalori. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, ada baiknya penderita diabetes mengonsumsi buah manis seperti pisang, apel, semangka, dan pepaya. Meskipun begitu, ada baiknya mereka berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan makanan apa saja yang dianggap aman bagi kondisi kesehatannya.

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi