Terbit: 20 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Menghindari segala sesuatu yang manis penting dilakukan oleh penderita diabetes agar kadar gula darahnya tetap terkontrol. Lantas, bolehkah penderita diabetes makan permen? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Menikmati Manisnya Permen?

Apakah Penderita Diabetes Harus Menghindari Permen?

Meskipun punya rasa yang manis, penderita diabetes tetap diperboleh makan permen. Hanya saja, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.

Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula memang dapat memengaruhi kadar glukosa lebih cepat, jadi sangat penting untuk memahami bagaimana makanan manis memengaruhi dalam pengendalian diabetes.

Dikarenakan permen dapat membuat kadar gula darah naik dengan cepat, pengidap diabetes harus menghitung karbohidrat yang sudah dikonsumsi dan jumlah suntik hormon insulin dengan benar. Hal ini diperlukan untuk membantu mengelola gula darah.

Mengingat permen dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat, waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah mendekati waktu makan guna meringankan lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Baca Juga: Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat bagi Penderita Diabetes?

Lantas, bagaimana jika penderita diabetes mengonsumsi permen yang bebas gula? Meskipun diklaim bebas gula, permen tersebut dibuat menggunakan pemanis buatan, artinya dapat berdampak lebih ringan pada kadar gula darah.

Contoh pemanis buatan yang digunakan dalam permen bebas gula adalah stevia, sukralosa, aspartam, dan sakarin.

Namun, penting untuk diketahui bahwa permen bebas gula tetap bisa memengaruhi kadar gula darah tubuh karena permen jenis ini mengandung karbohidrat dan kalori.

Selain itu, biasanya tidak ada perbedaan besar dalam hal kandungan lemak atau protein total dalam permen bebas gula dibanding permen biasa.

Baca Juga: Apakah Makan Nasi Terlalu Banyak Bisa Menyebabkan Diabetes?

Batasan Asupan Gula untuk Penderita Diabetes

Kondisi setiap orang yang mengidap diabetes berbeda-beda, porsi asupan gula pun bebeda. American Heart Association merekomendasikan porsi asupan gula untuk penderita diabetes:

  • Tidak lebih dari 25 gram gula tambahan (sekitar enam sendok teh atau 100 kalori) setiap hari untuk wanita.
  • Tidak lebih dari 36 gram gula tambahan (sekitar sembilan sendok teh atau 150 kalori) per hari untuk pria.

Namun, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu tentang porsi asupan gula dan kondisi diabetes Anda. Hal ini diperlukan untuk menghindari komplikasi diabetes. 

 

  1. Anonim. Are There Any Candies People With Diabetes Can Eat?. https://www.thewellnesscorner.com/blog/can-diabetic-people-eat-candies. (Diakses pada 19 Januari 2023)
  2. Anonim. 2018. Is Sugar-Free Candy the Best Choice If You Have Diabetes?. https://health.clevelandclinic.org/is-sugar-free-candy-the-best-choice-if-you-have-diabetes/. (Diakses pada 19 Januari 2023)
  3. Fallabel, Christine. 2022. Can People with Diabetes Eat Candy?. https://www.healthline.com/health/diabetes/candy-and-diabetes. (Diakses pada 19 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi