Terbit: 6 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Sarapan adalah salah satu aktivitas yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Lantas, menu sarapan apa yang bagus dikonsumsi untuk orang dengan diabetes? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Cegah Gula Darah Naik, Ini Tips Sarapan untuk Penderita Diabetes

Tips Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Beberapa penderita mengalami peningkatan kadar gula darah di pagi hari karena organ hati memecah cadangan gula dalam semalam. Pada saat ini, sel-sel juga sedikit lebih kebal terhadap insulin, hormon yang mengatur gula darah.

Berikut ini adalah beberapa aturan sarapan yang harus diterapkan penderita diabetes, di antaranya:

1. Mengenali Gizi Lengkap

Sama dengan prinsip sarapan pada umumnya, menu sarapan pada penderita diabetes haruslah lengkap. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan energi harian tubuh lebih optimal.

Golongan makanan yang dianjurkan ada pada sarapan adalah karbohidrat, protein nabati atau hewani, dan serat. Pemilihan bahan makanan harus dilakukan dengan cermat agar kadar gula darah tidak melonjak tajam.

2. Pilih Karbohidrat Tinggi Serat

Guna menghindari lonjakan kadar gula darah, usahakan agar penderita diabetes memilih sumber karbohidrat berserat tinggi. Misalnya roti dari tepung whole grain atau oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan.

Jika ingin mengonsumsi nasi, sebaiknya pilih nasi tinggi serat seperti beras merah yang bisa menjadi pilihan karbohidrat sehat untuk diabetes.

3. Hindari Menambahkan Karbohidrat Sederhana

Hindari karbohidrat yang manis pada menu sarapan, misalnya menambahkan madu di atas roti. Tidak hanya pada makanan, penggunaan gula pada minuman saat sarapan juga harus benar-benar dibatasi. Sebaiknya pilih minuman tanpa pemanis, misalnya susu segar tanpa rasa atau teh hijau tanpa gula.

4. Konsumsi Serat dari Protein Nabati dan Buah-buahan

Tujuan utama sarapan adalah membuat rasa kenyang hingga jam makan siang. Protein dan serat dicerna dengan lambat dan mencegah hormon lapar sehingga Anda terasa kenyang lebih lama.

Sarapan tinggi serat dan protein dapat membantu mengurangi keinginan makan sebelum makan siang dan membantu menjaga gula darah tetap normal.

Kacang merah, kacang hijau, atau olahan buah segar tentu bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat saat sarapan.

Mengolah kacang merah menjadi sup atau membuat oatmeal dengan campuran buah segar rendah gula seperti apel dan kiwi, tentu bisa jadi menu sarapan sehat untuk diabetes.

Baca Juga: Benarkah Makan Roti setelah Makan Nasi Bisa Cegah Diabetes?

5. Konsumsi Lemak Sehat

Manfaat lemak dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, tetapi sebaiknya pilihlah lemak sehat (lemak tak jenuh) untuk penderita diabetes.

Makanan sarapan sosis dan telur yang digoreng dengan mentega semuanya mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebagai solusinya, goreng telur dengan sedikit minyak zaitun dan pilihlah sosis ayam

Selain itu, Anda bisa menambahkan lemak sehat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

6. Batasi Konsumsi Biji-bijian Olahan dan Gula

Jika Anda terbiasa sarapan sereal, alangkah baiknya cari pilihan yang rendah gula tambahan (targetkan kurang dari 5 gram per porsi) dan lebih tinggi seratnya (setidaknya 3 gram per porsi).

Dengan membatasi asupan tersebut, itu berarti Anda menghindari sereal dan kue kering saat untuk sarapan.

Nah, itu dia berbagai tips sarapan sehat bagi penderita diabetes yang penting untuk Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Konich, Jaclyn. What’s the Best Breakfast for Diabetes?. https://www.diabetesfoodhub.org/articles/what-s-the-best-breakfast-for-diabetes.html. (Diakses pada 5 Januari 2023)
  2. Manzella, Debra. 2022. What to Eat for Breakfast When You Have Diabetes. https://www.verywellhealth.com/best-breakfast-choices-and-diabetes-1087468. (Diakses pada 5 Januari 2023)
  3. Raman, Ryan. 2022. 14 Best Breakfast Foods for People with Diabetes. https://www.healthline.com/nutrition/breakfast-foods-for-diabetics. (Diakses pada 5 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi