Terbit: 4 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan memberikan efek buruk bagi gula darah. Namun, ada anggapan bahwa makan roti setelah nasi dalam waktu berdekatan berdampak baik untuk gula darah. Benarkah demikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Benarkah Makan Roti setelah Makan Nasi Bisa Cegah Diabetes?

Makan Roti setelah Nasi Bisa Cegah Diabetes?

Sebuah penelitian yang terbit di BMJ Open Diabetes Research and Care mengungkapkan, makan roti yang berdekatan dengan makan nasi bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Itu artinya kebiasaan ini bisa membantu Anda dalam pencegahan diabetes.

Sementara itu, penelitian lainnya yang melibatkan partisipan diabetes tipe 2 juga mengungkapkan temuan yang sama, makan roti setelah nasi justru bisa membuat kadar gula darah terkendali. Hanya saja, klaim ini juga disertai catatan bahwa asupan serat, protein, dan nutrisi lainnya harus dilakukan dengan simbang setiap hari.

Meski begitu, para peneliti juga belum benar-benar menemukan alasan mengapa kadar gula darah bisa tetap terjaga keseimbangannya setelah makan roti dan nasi dalam waktu yang berdekatan.

Baca Juga: 11 Makanan Sehat Pengganti Nasi yang Aman untuk Penderita Diabetes

Pada dasarnya, setiap makanan memang memiliki tingkat pencernaan yang berbeda tergantung pada kandungan nutrisinya. Setelah makanan dicerna, tergantung pada faktor-faktor seperti kandungan serat, lemak, dan jenis karbohidrat (sederhana atau kompleks), proses penguraian dan pencernaan dimulai.

Terlepas dari beberapa penelitian di atas, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin makan roti setelah nasi. Hal ini untuk mencegah masalah kesehatan yang mungkin bisa terjadi pada Anda.

Demi mencegah diabetes, dokter biasanya menyarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan gula dan kalori.

Selain itu, pastikan untuk rajin berolahraga untuk membakar kalori, tidak makan berlebihan, menjaga berat badan tetap ideal, selalu sarapan pagi, serta hindari makanan berlemak dan berminyak.

Dengan melakukan gaya hidup yang lebih sehat, maka risiko untuk terkena diabetes pun bisa ditekan.

Tips Makan Nasi untuk Penderita Diabetes

Meski nasi termasuk dalam makanan indeks glikemik tinggi, berikut adalah beberapa tips mengonsumsinya agar kadar gula tetap normal, di antaranya:

  • Jenis Beras

Hindari nasi putih dan beralih ke jenis nasi yang lebih sehat. Beberapa jenis nasi yang cocok bagi penderita diabetes, yaitu beras merah, basmati, dan wild rice. Ketiga jenis ini memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding dengan nasi putih biasa.

Baca Juga: Bisa Gantikan Nasi, Inilah 5 manfaat Ubi Jalar untuk Penderita Diabetes

  • Batasi Porsi

Jika sebelumnya Anda terbiasa mengonsumsi satu piring nasi putih penuh, maka coba kurangi porsi nasinya menjadi setengah atau tiga perempat selama beberapa hari.

Selain itu, hindari menggoreng nasi karena hal tersebut dapat menyebabkan resisten insulin sekaligus meningkatkan komplikasi bagi penderita diabetes.

  • Hindari Konsumsi saat Masih Panas

Nasi panas memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi yang sudah dingin. Nasi suhu ruangan memiliki pati resisten yang dapat membantu kadar gula darah tidak cepat naik dan membantu mengontrol gula darah.

 

  1. Bruso, Jessica. 2018. Rice Vs. Bread. https://healthyeating.sfgate.com/rice-vs-bread-9172.html. (Diakses pada 3 Januari 2023)
  2. Mishra, Rohan. 2008. Why is Bread and Rice should not eat together in 1 meal?. https://www.quora.com/Why-is-Bread-and-Rice-should-not-eat-together-in-1-meal. (Diakses pada 3 Januari 2023)
  3. Silver, Natalie. 2018. Can Eating Rice Affect My Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/diabetes-rice. (Diakses pada 3 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi