Terbit: 14 April 2022 | Diperbarui: 9 Mei 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Semangka adalah salah satu buah musiman yang banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Selain populer, buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat semangka bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

25 Manfaat Semangka bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air, padat nutrisi, dan dianjurkan sebagai salah satu makanan untuk Anda yang menjalankan pola makan sehat.

Berikut ini adalah sejumlah kandungan nutrisi dalam secangkir semangka (154 gram):

  • Energi 46,2 kkal.
  • Karbohidrat 11,6 gram, termasuk 9,6 gram gula.
  • Serat 0,6 gram.
  • Kalsium 10,8 miligram.
  • Fosfor 16,9 miligram.
  • Magnesium 15,4 miligram.
  • Kalium 172 miligram.
  • Vitamin C 12,5 miligram.
  • Folat 4,6 mikrogram.
  • Kolin 6,3 miligram.
  • Vitamin A 43,1 mikrogram.
  • Beta karoten 467 mikrogram.
  • Lutein dan zeaxanthin 12,3 mikrogram.
  • Lycopene 6,980 mikrogram.
  • Fitosterol 3,08 mikrogram.

Selain itu, semagka juga mengandung :

  • Vitamin B, seperti tiamin, niasin, dan riboflavin.
  • Zinc, mangan, selenium, fluorida, dan mineral penting lainnya.
  • Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Selain menyegarkan dan melepaskan dahaga karena kandungan air yang banyak dalam buah ini, berikut adalah sejumlah manfaat buah semangka untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menyehatkan Jantung

Khasiat buah semangka yang pertama adalah menyehatkan jantung. Selain tomat, semangka menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung koroner. Khasiat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menangkal Radikal Bebas

Semangka adalah sumber likopen yang luar biasa. Kandungan likopen ini menjadikan manfaat semangka sangat bagus untuk kesehatan jantung dan tulang, karena likopen berfungsi sebagai antioksidan.

Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

3. Mencegah Dehidrasi

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai di wilayah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara empat musim.

Berkat kandungan air yang sangat tinggi, khasiat buah semangka membuat seseorang terhindar dari dehidrasi dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa.

4. Mengatasi dan Mencegah Impoten

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah semangka sebagai obat kuat alami untuk pria. Ini karena makan semangka dapat memberikan efek yang sama seperti viagra, bisa mengobati impoten, dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station yang dilansir sciencedaily.

Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

Tidak hanya daging buahnya, manfaat kulit semangka dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Kekuatan penambah libidonya berasal dari asam amino citrulline yang terkandung di kulit buahnya.

5. Mencegah Asma

Menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting, likopen dapat membantu reaksi tubuh terhadap deman dan flu. Hal yang lebih menarik adalah antioksidan diyakini bisa mengurangi asma pada anak-anak.

Khasiat buah semangka juga memungkinkan penderita asma bisa bernapas dengan lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 17 orang dewasa penderita asma menunjukkan bahwa, likopen memiliki efek terapeutik pada asma.

Jika asupan likopen ditambah vitamin A yang cukup akan semakin bermanfaat bagi penderita penyakit asma.

6. Mengontrol Diabetes

Saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino L-citrulline menjadi asam amino lain, L-arginine. Dua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, sehingga sering digunakan untuk mengontrol diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah ini dapat mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kandungan suplementasi L-arginine.

Meskipun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan banyak asam amino dari semangka seperti yang ada pada suplemen, perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung senyawa ini dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari diet yang dirancang untuk melawan diabetes.

7. Mencegah Batu Ginjal

Khasiat buah semangka sangat membantu dalam membersihkan endapan beracun di ginjal karena mengandung banyak kalium di dalamnya. Selain itu, semangka juga membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat mendorong buang air kecil, yang sekali lagi bermanfaat untuk membersihkan ginjal. Kandungan antioksidan dalam semangka juga dapat menyehatkan ginjal untuk waktu yang lama.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam The American Journal of Hypertension, manfaat semangka dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk yang menderita hipertensi. Ini karena jumlah kalium dan magnesium yang ada dalam semangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti melepaskan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga merangsang aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Karotenoid dalam buah ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu mengurangi tekanan darah dan kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

Tidak hanya dagingnya, kulit semangka juga dapat menurunkan hipertensi karena kandungan citrulline terkonsentrasi di dalamnya.

9. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Laura Bowers, Departemen Gizi, University of North Carolina di Chapel Hill, AS, menunjukkan bahwa insulin-like growth factors (IGF) atau faktor pertumbuhan seperti insulin yang lebih rendah penting untuk mengobati kanker. Manfaat buah ini juga membantu menurunkan insulin yang sering menjadi faktor utama kanker memburuk.

Semangka telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa penelitian, terutama karena tingkat likopen dalam semangka, senyawa fitonutrien karotenoid yang semakin dipercayai berkhasiat sebagai pencegah kanker.

Likopen telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru, dan endometrium. Secara keseluruhan, antara potensi antioksidan dari vitamin C, sifat antitumor dari cucurbitacin E dan efek likopen, semangka adalah buah anti-kanker yang bagus.

10. Mengurangi Risiko Kolesterol

Khasiat buah semangka dapat membantu mengurangi kolesterol dan menjaga jantung terhindar dari berbagai kondisi berbahaya, hal ini karena kandungan serat bersama dengan vitamin C, karotenoid, dan kalium.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa likopen, yang termasuk dalam karotenoid ditemukan melimpah dalam semangka dapat meningkatkan fungsi jantung.

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat semangka juga dapat meningkatkan kadar arginin, asam amino penting yang digunakan untuk sintesis oksida nitrat. Oksida nitrat tidak hanya membantu melebarkan pembuluh darah agar peredaran darah tetap lancar dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, tetapi juga bekerja dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

Buah ini juga merupakan sumber vitamin C, mikronutrien utama yang berfungsi ganda, yakni bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh sehat dan menangkal penyakit kronis.

Antioksidan juga dapat membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel terhadap kerusakan dan stres oksidatif.

12. Meredakan Nyeri

Buah semangka mengandung banyak vitamin C yang telah terbukti dapat melindungi tulang rawan, membantu dalam perbaikan tendon dan ligamen, serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

Kalium dan magnesium, dua nutrisi yang juga ditemukan dalam semangka, juga penting untuk pemulihan otot dan meredakan rasa sakit. Kalium, secara khusus bisa membantu pencegahan kram otot setelah olahraga dan membantu penyembuhan cedera lebih cepat.

13. Membantu Membuang Racun

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air (bahkan diperkirakan memiliki sekitar 91 persen air) yang dapat membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dari kelebihan cairan, menghilangkan kembung, dan bengkak.

Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka juga penting untuk membantu detoksifikasi. Kalium berfungsi sebagai elektrolit, meningkatkan peredaran darah dan hidrasi dalam tubuh, yang memungkinkan oksigen mencapai sel-sel.

14. Menyehatkan Mata

Kandungan beta-karoten, vitamin A, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang ada dalam semangka merupakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Perlu diketahui, kekurangan vitamin A yang serius dapat menyebabkan degenerasi makula, suatu kondisi yang ditandai dengan penebalan kornea yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada mata hingga kebutaan.

Semangka merupakan sumber beta-karoten, bentuk vitamin A yang ditemukan dalam tanaman. Cukup mendapatkan zat ini dalam makanan dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan terkait usia.

15. Membantu Menurunkan Berat Badan

Semangka mengandung sedikit kalori, hal itu menjadikannya sebagai makanan untuk program penurunan berat badan yang sehat. Semangka memiliki manfaat penurunan berat badan karena menimbulkan rasa kenyang dan mencegah keinginan untuk banyak makan.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi semangka dapat meningkatkan rasa kenyang dan respons glukosa serta insulin postprandial.

16. Meredakan Asam Lambung

Manfaat jus semangka juga sering dikonsumsi untuk mengurangi gejala asam lambung. Semangka adalah bagian dari diet GAPS (diet yang membatasi karbohidrat), yang dirancang untuk membantu menyembuhkan penyakit pencernaan dan mengurangi peradangan.

Buah ini diyakini menenangkan saluran pencernaan dan mengatur tingkat pH dengan mengurangi peradangan dan produksi asam di seluruh tubuh. Namun, kandungan fruktosa (gula alami) dalam semangka dapat memicu ketidaknyamanan pada orang yang sensitif terhadap makanan FODMAP diet (pola makan yang menghindari makanan berkarbohidrat).

17. Meredakan Mulas Saat Hamil

Manfaat semangka untuk ibu hamil adalah meringankan mulas atau morning sickness, suatu kondisi yang sering terjadi selama kehamilan. Selain itu, berbagai kandung mineral dalam semangka dapat membantu mencegah kram otot di trimester ketiga.

18. Mencegah Penuaan

Semangka merupakan sumber vitamin C, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen berfungsi menjaga kulit tetap kenyal.

Menurut sebuah penelitian, likopen dan beta-karoten berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Beta-karoten juga dikenal dapat mencegah kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan vitiligo.

Sementara itu, vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang membantu kesehatan kulit dengan mencegah radikal bebas penyebab penuaan, memperbaiki, dan membentuk sel-sel kulit baru.

19. Mencegah Jerawat

Kelenjar sebaceous di kulit berfungsi mengeluarkan minyak yang bisa mengganggu dalam menjaga kulit tetap cerah. Semangka memiliki vitamin A yang dapat membantu mengurangi ukuran pori kulit dan jumlah minyak yang dikeluarkan kelenjar sebaceous. Itu sebabnya semangka dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat karena sifat-sifat ini.

20. Membantu Pertumbuhan Rambut

Selain vitamin C yang dapat menyehatkan rambut, kandungan arginin (asam amino) dalam semangka dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala yang membantu pertumbuhan rambut.

Semangka secara alami mengandung banyak citrulline yang meningkatkan kadar arginin dan karenanya baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

21. Menyehatkan Gusi

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan menyebabkan gusi berdarah dan radang gusi. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengonsumsi buah semangka. Ini karena kandungan vitamin C dalam semangka dapat menjaga kapiler dan gusi tetap sehat.

Selain itu, kandungan semangka ini juga dapat membunuh bakteri di mulut yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan infeksi gusi lainnya.

22. Menyehatkan Tulang

Vitamin C sangat berperan penting karena nutrisi ini baik untuk kesehatan tulang dan membantu penyembuhan luka.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan suplemen likopen (terkandung dalam semangka) dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Vitamin A dalam semangka juga terkait dengan kesehatan tulang.

23. Meningkatkan Energi

Manfaat jus semangka dapat membantu produksi energi dalam tubuh karena semangka sebagai sumber vitamin B. Buah ini juga rendah kalori, tinggi energi, dan dapat membantu tubuh tetap aktif.

Alasan lain mengapa kita harus makan semangka adalah karena kandungan kalium di dalamnya. Kalium adalah elektrolit yang membuat tubuh tidak merasa lelah setelah beraktivitas seharian.

24. Mengurangi Kabut Otak (Brain Fog)

Manfaat semangka lainnya adalah membantu tubuh tetap berfungsi dengan baik karena buah ini mengandung banyak kalium. Perlu diketahui, kadar kalium yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan mental dan kebingungan karena tanpa kadar mineral yang sangat penting ini, sinyal-sinyal listrik yang menggerakkan otak terganggu.

Kondisi tersebut pada akhirnya menyebabkan brain fog atau kabut otak. Kabut otak adalah gangguan pada otak yang dapat membuat penderitanya merasa seolah-olah proses berpikir, memahami, dan mengingat tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

25. Meningkatkan Kinerja Olahraga

Selain meningkatkan libido, citrulline dalam semangka juga dapat meningkatkan kinerja atletik. Asam amino ini berfungsi meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa suplemen citrulline bisa meningkatkan suplai oksigen ke otot yang berpotensi meningkatkan kinerja olahraga.

Selain dalam bentuk suplemen citrulline, Anda bisa mendapatkan asam amino ini secara alami dalam kulit semangka. Cobalah mengonsumsi kulit semangka dalam olahan acar.

Bahaya Buah Semangka Jika Terlalu Banyak Mengonsumsinya

Makan semangka dalam jumlah sedang akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, namun jika terlalu banyak akan menimbulkan risiko kesehatan serius bagi kebanyakan orang.

Jika makan terlalu banyak, berikut ini bahaya buah semangka bagi kesehatan:

  • Diabetes. Semangka adalah buah dengan kandungan gula alami yang dapat meningkatkan risiko lonjakan glukosa. Oleh karena itu, sebaiknya penderita diabetes harus berhati-hati jika ingin makan semangka.
  • Alergi. Beberapa orang mungkin dapat mengalami gejala reaksi alergi, seperti gatal-gatal, pembengkakan, dan sesak napas setelah makan semangka.
  • Gangguan usus. Sebagian besar manfaat buah ini dikaitkan dengan likopen. Senyawa ini juga bisa menimbulkan efek samping jika semangka dikonsumsi berlebihan. Overdosis likopen bisa menyebabkan mual, muntah, diare, dan gangguan pencernaan.
  • Hiperkalemia. Jika terlalu banyak, bahaya buah semangka dapat menyebabkan hiperkalemia, di mana kadar kalium di atas normal dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti detak jantung tidak teratur dan denyut nadi lemah.
  • Meningkatkan risiko peradangan hati. Hindari makan semangka saat Anda sedang mengonsumsi minuman beralkohol.Kandungan likopen yang tinggi pada semangka dapat bereaksi dengan alkohol yang pada akhirnya menyebabkan peradangan hati.

Meski sangat bermanfaat, efektivitas buah semangka untuk kesehatan masih memerlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut. Jika ingin makan semangka untuk pengobatan, sebaiknya dibarengi dengan pola makan sehat dan berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi medis yang diderita.

Pertanyaan Terkait Buah Semangka

Karbohidrat, serat, kalsium, vitamin C, vitamin B, vitamin A, beta karoten, folat, dll.
Khasiat buah semangka bisa mencegah asma, menyehatkan jantung, mengontrol diabetes, menurunkan berat badan, mencegah kanker, dll.
Ya, jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu alergi, dibetes, gangguan usus, peradangan hati, dan hiperkalemia.

 

  1. Bozzo, Frank. 2020. 10 Health Benefits Of Watermelon That Make It The Perfect Summer Fruit. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-health-benefits-watermelon-that-make-the-perfect-summer-fruit.html. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  2. Bjarnadottir, Adda. 2019. Watermelon 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/watermelon. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  3. Krans, Brian. 2019. 4 Watermelon Rind Benefits. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/watermelon-rind-benefits. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  4. Jennings, Kerri-Ann. 2018. Top 9 Health Benefits of Eating Watermelon. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  5. Levy, Jillian. 2019. Top 11 Health Benefits of Watermelon (+ Recipes). https://draxe.com/nutrition/benefits-of-watermelon/. (Diakses pada 19 Mei 2020)
    Rana, Sarika. 2018. 5 Side Effects Of Eating Too Much Watermelon. https://food.ndtv.com/health/5-side-effects-of-eating-too-much-watermelon-1843398. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  6. Tadimalla, Ravi T. 2019. 21 Best Benefits Of Eating Watermelon For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-watermelon-for-skin-hair-and-health/. (Diakses pada 19 Mei 2020)
  7. Ware, Megan. 2019. What are the health benefits of watermelon?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266886. (Diakses pada 19 Mei 2020)



DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi