Terbit: 20 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Rasa manis pada pepaya sering kali membuat penderita diabetes khawatir untuk mengonsumsinya. Lantas, apakah penderita diabetes boleh mengonsumsinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apakah Pepaya Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Kandungan Nutrisi Pepaya

Dalam satu buah pepaya mengandung vitamin C bahkan lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, B1, B3, B5, E, K, dan serat. Pepaya juga kaya akan mineral seperti folat, kalsium, potasium, dan magnesium.

Menurut U.S Department of Agriculture dalam satu buah pepaya berukuran kecil mengandung:

  • Sekitar 67 kalori.
  • 2,67 gram serat.
  • 286 mg kalium.
  • 95,6 mg vitamin C.
  • 33 mg magnesium.
  • 31 mg kalsium.

Bolehkan Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya? 

Dalam 100 gram pepaya kira-kira terdapat 7,82 gram gula. Meski mengandung gula, buah pepaya aman dan boleh dikonsumsi pengidap diabetes; selama mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

Perlu diketahui juga, indeks  glikemik (IG) pada buah pepaya termasuk sedang yaitu di angka 60, sehingga tidak berisiko menaikan kadar gula darah secara cepat.

Nilai indeks glikemik suatu makanan dikatakan rendah antara 20 hingga 49, IG sedang antara 50 hingga 69, dan IG tinggi antara 70 hingga 100. Semakin tinggi nilai IG, semakin cepat pula gula darah Anda melonjak. 

Baca Juga: 10 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Diabetesi

Pepaya bukan hanya pilihan baik untuk pengidap diabetes karena indeks glikemiknya sedang. Mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang terbatas juga bisa menurunkan gula darah. 

Kandungan serat yang tinggi pada pepaya dapat membantu pengidap diabetes merasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga kenaikan glukosa di dalam darah dapat terhidarkan. 

Alasan lain yang membuat pepaya aman dikonsumsi pengidap diabetes yaitu adanya senyawa likopen dan flavonoid sebagai antioksidan alami yang menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Cara Makan Pepaya yang Tepat untuk Pengidap Diabetes

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pepaya adalah salah satu buah yang ideal untuk menjaga kadar gula darah. Meski indeks glikemiknya cocok untuk diet diabetes, tetap saja perlu dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. 

Dalam sehari, diabetesi boleh makan pepaya setidaknya 3 sampai 4 iris dan disarankan untuk mengonsumsinya pada siang hari agar kadar gula darah tetap bisa dikontrol.

Perlu diketahui, di dalam pepaya terkandung enzim yang disebut papain yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma dan mengi apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Pepaya bukanlah satu-satunya buah yang baik untuk diabetes. Selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter mengenai buah yang boleh atau tidak boleh di makan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Arora, Shilpa. 2022. Fruits for Diabetics: 10 Diabetic Friendly Fruits for Managing Blood Sugar Levels Better. https://food.ndtv.com/health/10-diabetic-friendly-fruits-to-help-you-manage-diabetes-better-1269733. (Diakses pada 19 Januari 2023) 
  2. Fatima, Shifa. 2022. Is Papaya Good For Diabetes?. https://www.sugarfit.com/blog/is-papaya-good-for-diabetes/. (Diakes pada 19 Januari 2023)
  3. Higuera, Valencia. 2022. Is Papaya Good for Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/is-papaya-good-for-diabetes#papaya-and-diabetes. (Diakses pada 19 Januari 2023) 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi