Terbit: 20 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kadar glukosa yang tinggi di dalam darah menyebabkan Anda bisa terkena penyakit diabetes melitus. Penyakit ini terjadi akibat tubuh tidak mampu mengolah glukosa (gula) menjadi energi secara baik. Namun, apakah penyakit diabetes bisa disembuhkan? Simak penjelasan lengkap di artikel ini.

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasannya

Penyakit Diabetes Bisa Sembuh Secara Total?

Jika Anda didiagnosis oleh dokter mengidap penyakit diabetes melitus, mungkin Anda akan bertanya; apakah penyakit diabetes bisa disembuhkan atau tidak. Sayangnya penyakit ini tidak bisa sembuh sepenuhnya, namun masih bisa Anda kelola. 

Penyakit diabetes sendiri memiliki dua tipe: diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 dapat disebabkan karena tubuh gagal menggunakan atau memproduksi insulin secara efektif. 

Perlu Anda ketahui, insulin sendiri merupakan hormon penting yang dapat membantu mengantarkan glukosa ke sel tubuh agar bisa menghasilkan energi.

Ketika produksi insulin tidak cukup atau tidak ada, maka yang terjadi glukosa akan mengalami penumpukan di dalam darah. Penumpukan glukosa yang berlebihan inilah yang disebut dengan diabetes.

Meskipun penyakit diabetes ini tidak bisa sembuh secara total, namun Anda bisa mengendalikan penyakit ini dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Konsumsi obat diabetes sesuai kebutuhan dan anjuran dokter
  • Aktif bergerak atau olahraga secara rutin
  • Konsumsi makanan yang dapat penuhi kebutuhan nutrisi yang tepat
  • Rutin konsultasi dengan dokter

Baca JugaTips Mencegah Hipoglikemia pada Penderita Diabetes

Berbagai Cara Mengendalikan Kadar Gula Darah

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kadar gula darah, di antaranya:

1. Minum Obat Diabetes Sesuai Anjuran

Apabila kadar gula darah Anda tinggi, biasanya dokter akan meresepkan obat diabetes yang sesuai dengan kondisi. Obat diabetes ini bisa berguna agar tubuh lebih sensitif terhadap insulin. 

2. Mengatur Pola Makan

Selain menghindari makanan manis yang bisa memicu kadar gula darah meningkat, pasien diabetes juga perlu mengatur pola makan atau porsi makanan yang dikonsumsi.

Misalnya, makan dengan porsi kecil namun sering, dan hindari makanan berkonsep all-you-can-eat. Selain itu, perhatikan kandungan yang terdapat dalam makanan kemasan, makan secara perlahan, dan perhatikan porsi.

3. Rutin Olahraga

Bergerak secara aktif dapat berguna dalam membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien diabetes.

Tidak hanya itu, rutin olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan untuk menghindari obesitas sekaligus menjaga tekanan darah tetap stabil. Pada akhirnya, kondisi ini bisa mencegah komplikasi yang terjadi akibat diabetes. 

4. Rutin Cek Gula Darah

Mengukur kadar glukosa dalam darah dengan menggunakan alat pengukur gula darah dapat membantu  mengontrol gula darah secara efektif.

Selain itu, melakukan cek gula darah juga berguna untuk mengetahui reaksi tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menyesuaikan konsumsi obat dan rencana makan.

5. Tidur yang Cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu mengontrol kadar gula darah tetap normal. Sebaiknya dapatkan tidur yang cukup sekitar 7-9 jam setiap malam.

Selain membantu mengontrol kadar gula darah, istirahat yang cukup juga dapat membantu tubuh untuk mendapatkan energi yang cukup, mencegah stres berlebih, dan menyeimbangkan hormon di tubuh. 

6. Kelola Stres 

Stres dapat memicu kadar gula darah meningkat karena terjadi pelepasan hormon kortisol (hormon stres). Selain gula darah meningkat, stres juga bisa menjadi pemicu penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan tinggi gula lebih banyak. Agar hal tersebut tidak terjadi, mengelola stres dengan baik sangatlah penting. 

Untuk bisa mengendalikan stres, Anda bisa melakukan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran, membantu memperbaiki suasana hati, dan membuat tubuh lebih rileks.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kadar gula darah jika didiagnosis terkena diabetes. Walau penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan cara-cara di atas, Anda bisa mengontrol kadar gula agar tetap stabil.

 

  1. Anonim. 2016. 4 Steps to Manage Your Diabetes for Life. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/managing-diabetes/4-steps. (Diakses pada 19 Januari 2023)
  2. Anonim. 2022. Manage Blood Sugar. https://www.cdc.gov/diabetes/managing/manage-blood-sugar.html. (Diakses pada 19 Januari 2023)
  3. Bruce, Debra Fulghum. 2022. Is There a Diabetes Cure?. https://www.webmd.com/diabetes/guide/is-there-a-diabetes-cure (Diakses pada 19 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi