Terbit: 7 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Bunga daisy (Bellis perennis) adalah jenis bunga yang sering digunakan sebagai bahan dalam membuat obat herbal karena senyawa kimia yang ada di dalamnya. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

10 Manfaat Bunga Daisy, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Bunga Daisy

Berbagai senyawa yang terdapat di dalam bunga ini berpotensi memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan bunga daisy:

  • Flavonoids.
  • Anthocyanin.
  • Polyphenols.
  • Triterpenes.
  • Saponins.

Senyawa ini membuat daisy berkhasiat sebagai obat, di antaranya:

  • Antiinflamasi.
  • Antioksidan.
  • Hemolitik.
  • Sitotoksik.
  • Dermatologis.
  • Astringen.
  • Antibakteri.
  • Hipolipidemik.

Manfaat Bunga Daisy untuk Kesehatan

Selain warna putihnya yang indah dan harum, bunga ini telah lama digunakan sebagai tanaman obat oleh bangsa Eropa. Daisy dapat digunakan untuk membuat salep, bahan masakan, sebagai teh, dan ekstraknya untuk membuat perawatan tambahan.

Berikut adalah daftar manfaat bunga daisy, di antaranya:

1. Mengatasi masalah pernapasan

Daisy dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pernapasan, seperti pilek, bronkitis, dan masalah pernapasan lainnya. Bunga ini memiliki sifat antiinflamasi dan ekspektoran yang dapat membantu meluruhkan dahak dan lendir di sistem pernapasan serta membantu bernapas lebih lega.

Membuat teh daisy adalah salah satu cara yang bagus untuk membantu mengobati batuk, pilek, atau bronkitis. Teh ini sangat mudah dibuat, aman dalam dosis yang tepat, dan sangat efektif.

Teh ini juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan peradangan di mulut.

2. Meredakan demam

Manfaat potensial lain dari bunga ini adalah efek diuretik alaminya mampu membantu mendorong keluarnya cairan berlebih dari tubuh. Salah satunya dengan cara minum teh daisy untuk meningkatkan keringat dan membantu meredakan demam.

Selain diminum, daisy kadang-kadang juga digunakan untuk kompres yang diletakkan di dahi untuk membantu meredakan demam yang disertai sakit kepala.

3. Mengobati gangguan pencernaan

Minum secangkir teh bunga daisy dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan membantu mengobati sejumlah keluhan pencernaan yang sering terjadi.

Bunga daisy dipercaya membantu meringankan perut kembung, sembelit, dan kram perut sekaligus meningkatkan nafsu makan.

4. Mengatasi kram

Ekstrak bunga daisy sering digunakan untuk membantu mengurangi kram di perut dan bagian tubuh lainnya. Meskipun belum ada penelitian khusus tentang efek daisy pada kram, tetapi sebagian besar orang yang menggunakannya mengklaim bahwa bunga ini adalah obat yang efektif untuk kram dan spasme otot.

5. Mengobati luka

Sebuah penelitian di tahun 2012 melihat efek salep yang dibuat dengan ekstrak daisy dan menemukan bahwa, salep yang mengandung bunga ini membantu menyembuhkan luka dengan cepat tanpa meninggalkan bekas luka.

Bunga ini juga mengandung sifat antibakteri yang sangat baik untuk melawan bakteri pada luka dan membantu mencegah penyebaran bakteri.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Payudara!

6. Meredakan rematik

Bunga daisy memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rematik (rheumatoid arthritis), kondisi yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi.

Salep yang mengandung ekstrak daisy dapat dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami peradangan sendi.

7. Mengencangkan kulit kendur dan kerutan

Paparan polutan lingkungan serta sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengakibatkan tanda-tanda penuaan dini; seperti kerutan atau kulit kendur. Dikarenakan bunga ini kaya akan antioksidan, Anda bisa menggunakannya untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan kencang.

8. Memudarkan bintik matahari

Bintik matahari (sunspot) muncul ketika kulit terkena sinar UV yang kuat dalam jangka waktu yang lama. Bercak-bercak cokelat ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja yang terpapar secara teratur, termasuk tangan, wajah, leher, dan dahi.

Sunspot sangat sulit dihilangkan terutama jika Anda sulit menoleransi produk perawatan yang mengandung hydroquinone. Untungnya, ekstrak daisy dikenal mampu membantu mencerahkan kulit dengan risiko efek samping yang jauh lebih sedikit.

9. Membuang racun di tubuh

Ekstrak daisy yang diolah menjadi jus sangat ideal untuk menghilangkan zat berbahaya dari tubuh. Khasiatnya dikenal sebagai pemurni darah karena mampu menjaga aliran darah tetap bersih. Itulah sebabnya mengapa daisy sangat ideal untuk detoksifikasi tubuh.

10. Mendukung penyembuhan kanker payudara

Ekstrak daisy juga memiliki manfaat untuk mengobati kanker payudara. Dalam beberapa penelitian, seseorang yang mengonsumsi tumbuhan anggota famili Asteraceae, seperti bunga daisy, dandelion, dan bunga matahari, memiliki manfaat terutama bila digunakan bersama dengan pengobatan kemoterapi standar.

Baca Juga: 9 Manfaat Bunga Matahari dan Nutrisinya Lengkap

Apakah Bunga Daisy Memiliki Efek Samping?

Tidak ada cukup data ilmiah tentang keamanan mengonsumsi daisy. Namun, kemungkinan aman untuk menggunakan daisy dalam dosis yang sesuai.

Tidak ada informasi mengenai efek samping, tetapi orang-orang dengan alergi terhadap anggota lain dari famili Astaracea mungkin menderita reaksi alergi dan harus menghindari penggunaan daisy baik secara oral atau topikal.

Meskipun aman, wanita yang sedang hamil atau menyusui harus tetap berhati-hati dan menghindari penggunaan bunga ini.

Nah, itulah beragam manfaat bunga daisy yang bisa Anda dapatkan. Apabila ingin mencobanya untuk pengobatan, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 25 Benefits of Daisy Flower Extract for Health and Beauty. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-oil/benefits-daisy-flower-extract. (Diakses pada 7 Juli 2022)
  2. Anonim. Know about the Daisy. https://www.healthbenefitstimes.com/daisy/. (Diakses pada 7 Juli 2022)
  3. Seward, Marc. 2019. 9 Amazing Health Benefits of Daisies. https://healthyfocus.org/health-benefits-of-daisies/. (Diakses pada 7 Juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi