Terbit: 23 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Memilih kasur yang salah untuk tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya sakit punggung. Lantas bagaimana tips memilih kasur yang baik untuk kesehatan? Simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

8 Tips Memilih Kasur yang Bagus untuk Kesehatan

Tips Memilih Kasur yang Bagus untuk Kesehatan

Tidur diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh berjalan dengan baik. Oleh karena itu memilih kasur yang tepat adalah sesuatu yang penting menjaga kualitas tidur. Untuk itu, penting pula untuk memilih kasur yang bagus dan nyaman untuk tidur, terutama bagi mereka  menderita sakit punggung atau leher.

Berikut ini tips memilih kasur yang baik, di antaranya:

1. Mengikuti saran dokter

Jika Anda memiliki sakit punggung atau leher, konsultasikan dengan dokter atau terapis fisik tentang apa yang direkomendasikan.

Kasur yang Anda pilih harus menopang leher dan punggung bawah untuk berada dalam posisi netral. Hal ini berguna untuk mendukung penyelarasan tulang belakang yang baik.

Meskipun dokter bukan ahli untuk menentukan kasur yang tepat, ia tahu riwayat medis Anda dan mungkin memiliki saran yang baik dari alasan tersebut.

2. Mengenali jenis kasur

Tips memilih kasur yang terpenting adalah membiasakan untuk mengenali jenis kasur. Setiap model kasur di pasaran saat ini memiliki desain yang berbeda-beda, tetapi pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini adalah jenis kasur yang paling umum, di antaranya:

  • Spring bed (innerspring). Ini adalah jenis kasur yang tergolong murah. Spring bed terbuat dari susunan pegas baja, baik dalam satu gulungan saling menyambung atau gulungan tunggal yang dibalut kain. Lapisan tipis bantalan terletak di atas pegas baja yang berfungsi untuk menopang tubuh.
  • Memory foam. Kasur busa ini dirancang untuk mengikuti bentuk tubuh, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan tekanan. Namun, kasur busa menyerap panas yang membuat orang tidak nyaman untuk tidur. Jika memilih jenis kasur ini, tips memilih kasur yang bagus sangat penting bagi Anda.
  • Kasur lateks. Sebagian besar kasur lateks memiliki kenyamanan, transisi, dan lapisan dasar yang terbuat dari bahan alami atau lateks yang semakin padat dan lebih kencang dari atas ke bawah. Meskipun memiliki lapisan busa, kasur ini cenderung lebih dingin.
  • Kasur hibrida. Jenis kasur yang menggabungkan memory foam dan lateks di atas kasur innerspring. Jenis ini biasanya bertujuan untuk memberikan kelembutan dan menopang tubuh dengan nyaman.

3. Daya tahan

Kasur rata-rata bertahan selama tujuh hingga delapan tahun. Sebagian besar bahan kasur akan rusak seiring waktu, menghasilkan permukaan yang tidak rata dengan lekukan permanen.

Jika tidur bersama pasangan, mungkin akan terbentuk benjolan yang melintang di tengah kasur setelah digunakan bertahun-tahun.

Lateks dan busa dengan kepadatan tinggi lebih tahan terhadap keausan dibandingkan bahan lapisan kenyamanan lainnya, dan beberapa kasur memiliki komponen yang dapat diganti sesuai kebutuhan.

4. Menyesuaikan posisi tidur yang ideal

Sebagian besar orang memiliki cara unik untuk tidur di setiap malamnya. Tidak masalah jika tidur dengan posisi menyamping, tengkurap, atau telentang, atau bahkan jika berpindah sepanjang malam. Jadi, Anda harus memilih kasur dengan tips memperhitungkan posisi tidur.

Pasalnya, posisi tidur favorit akan menentukan kekencangan yang ideal pada ranjang Anda.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

5. Hindari kemungkinan alergi

Bukan tungau debu itu sendiri yang membuat orang mengalami alergi, tetapi kotorannya yang dapat menyebabkan mata gatal, ruam, dan kesulitan bernapas. Penyebab lainnya termasuk jamur, lumut, bulu hewan peliharaan, debu, dan serbuk sari.

Semua hal ini menumpuk seiring waktu, jadi semakin lama berada di tempat tidur, semakin tinggi kemungkinan mengalami reaksi alergi. Oleh sebab itu, pilih jenis kasur yang tahan terhadap bahan alergen seperti kasur lateks.

6. Kenyamanan kasur

Kenyamanan atau kekencangan kasur harus dipertimbangkan agar tidur lebih nyenyak. Meskipun kenyamanan kasur berbeda pada setiap orang, beberapa orang merasakan kasur yang lebih lembut lebih nyaman, sementara yang lain lebih suka model yang lebih kencang.

Sebagian besar orang membutuhkan keseimbangan kelembutan dan kekencangan kasur agar tidur dengan nyaman. Oleh karena itu, kenyamanan tergantung pada selera seseorang.

7. Kesesuaian untuk seks

Pilihan jenis kasur untuk seks bervariasi dari setiap orang, tetapi banyak yang menganggap bahwa kasur yang tidak stabil dan tidak terlalu menekuk ke dalam menjadi kasur terbaik untuk seks.

Tepian penyangga kasur dan kemudahan bergerak secara langsung terkait dengan seberapa cocok kasur untuk aktivitas seks. Hal yang sama berlaku untuk kontrol suhu, terutama bagi Anda yang cenderung kepanasan di tempat tidur.

8. Memperhatikan harga kasur

Menentukan anggaran untuk membeli kasur baru adalah hal yang penting. Tempat tidur tersedia dalam berbagai kisaran harga, jadi Anda harus menemukan kasur yang disukai dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Ragam Posisi Tidur yang Baik, Kurangi Dengkuran hingga Heartburn

Ciri Kasur yang Tidak Baik bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa ciri yang bisa Anda kenali mana kasur yang tidak baik digunakan, antara lain:

  • Sulit tidur. Jika Anda tidak nyaman di atas kasur, lebih sulit untuk segera tertidur.
  • Bangun dalam keadaan lelah. Kasur lama Anda dapat menyebabkan kondisi tertentu seperti sleep apnea atau masalah pernapasan lainnya yang mengganggu kualitas tidur.
  • Gairah seks menurun. Ini adalah tanda yang pasti bahwa Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.
  • Sesak napas atau hidung tersumbat saat bangun. Bangun dalam keadaan sesak napas atau hidung mampet adalah gejala umum dari serangan tungau debu.
  • Kulit kusam atau mulai berjerawat. Kurang tidur yang berkualitas dapat meningkatkan hormon stres, yang mengakibatkan jerawat, hilangnya elastisitas kulit, hingga kerutan.

Nah, itu dia tips memilih kasur yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 2022. Sleeping on a Bad Mattress – What Are The Symptoms And What To Do?. https://www.sleepadvisor.org/sleeping-on-a-bad-mattress/. (Diakses pada 22 Agustus 2022)
  2. Anonim. 2022. How To Choose a Mattress in 5 Easy Steps – The Definitive Guide. https://www.sleepadvisor.org/how-to-choose-a-mattress/. (Diakses pada 22 Agustus 2022)
  3. Chambers, Krystal. 2020. Top 12 Tips for Buying a New Mattress. https://www.spine-health.com/blog/top-12-tips-buying-a-new-mattress. (Diakses pada 22 Agustus 2022)
  4. Rubin, David. 2022. How to Choose a Mattress. https://thesleepdoctor.com/mattress-information/how-to-choose-a-mattress/. (Diakses pada 22 Agustus 2022)
  5. Raypole, Crystal. 2021. How to Choose the Best Mattress For You. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-choose-a-mattress. (Diakses pada 22 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi