Terbit: 25 Desember 2021 | Diperbarui: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang tidak sehat karena mengandung banyak minyak, kolesterol, dan lemak namun makanan ini punya rasa yang enak sehingga sayang jika dilewatkan. Jika terlanjur memakan gorengan, jangan khawatir. Konsumsi minuman yang bagus setelah makan gorengan agar efek buruknya teratasi.

Setelah Makan Gorengan, Konsumsi Ini untuk Meluruhkan Minyak dan Lemak

8 Minuman yang Bagus Setelah Makan Gorengan

Efek buruk makan gorengan diakibatkan oleh tingginya kadar minyak yang dikandung makanan ini. Belum lagi minyak goreng yang dipakai tidak selalu baru.

Cara menetralisir lemak setelah makan gorengan di antaranya adalah dengan mengkonsumsi minuman yang sehat.

Berikut ini tips sehat setelah makan gorengan:

1. Air Putih Hangat

Cara menghilangkan minyak di tenggorokan setelah makan gorengan adalah dengan minum air putih hangat. Air putih hangat akan membantu menghilangkan rasa lengket di tenggorokan akibat minyak gorengan.

Air putih hangat juga akan melarutkan lemak dan minyak serta membawanya ke saluran pembuangan, sehingga pencernaan terhindar dari minyak yang menggumpal.

2. Air Lemon

Air lemon telah lama dikenal sebagai minuman untuk detoksifikasi dan sumber vitamin C yang tinggi. Peras setengah hingga satu butir lemon lalu campurkan dengan air panas. Ketika sudah hangat, minumlah.

Lemon hangat mampu menetralisir lemak, membuang zat buruk yang diakibatkan minyak dan lemak dari gorengan, serta memberi tubuh asupan vitamin C untuk daya tahan yang kuat. Jika tidak tahan dengan asamnya, campurkan madu agar rasanya lebih enak.

3. Teh Hijau Hangat

Teh hijau adalah salah satu minuman peluruh minyak dan lemak yang ampuh. Green tea juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang membantu imunitas tubuh agar lebih kuat.

Selain itu, minuman ini juga menangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh konsumsi gorengan. Teh hijau adalah salah satu minuman yang bagus setelah makan gorengan.

4. Jus buah-buahan

Jus buah-buahan selain merupakan asupan vitamin yang diperlukan tubuh, juga dapat meluruhkan lemak. Serat tinggi yang dikandung buah-buahan sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan jantung.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat memperkuat saluran cerna, menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus, serta meningkatkan imunitas. Konsumsi yogurt sebaiknya bukan hanya setelah memakan gorengan saja. namun teratur setiap hari agar kesehatan saluran cerna terjaga.

6. Wedang Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai zat anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Minuman sehat kaya khasiat ini akan membantu meluruhkan lemak yang menyumbat pembuluh darah arteri, menurunkan kolesterol, dan mencegah obesitas. Gunakan madu untuk penambah rasa alih-alih gula.

7. Air Kelapa

Dengan kandungan elektrolit, mineral, dan ion, air kelapa mampu mendorong produksi leptin. Leptin adalah hormon yang mengatur metabolisme tubuh, mencegah obesitas, dan reproduksi. Air kelapa akan mencegah minyak dan lemak dari gorengan menumpuk di saluran cerna.

8. Susu Nabati

Susu nabati seperti susu kedelai, kacang hijau, dan almond kaya akan protein dan vitamin. Kandungan dalam susu nabati dapat membantu tubuh untuk membangun daya tahan yang kuat, membangun sel, dan melawan radikal bebas akibat konsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan.

Baca Juga: 10 Bahaya Gorengan bagi Kesehatan (Penggemar Gorengan Wajib Tahu)

Tips Sehat Setelah Makan Gorengan

Memang sulit menolak kehadiran makanan enak walaupun kurang sehat seperti gorengan. Lalu, apa yang harus dilakukan setelah makan gorengan?

Setelah mengkonsumsi minuman yang sehat untuk menetralisir efek buruknya, lakukan beberapa cara menetralisir lemak setelah makan gorengan berikut ini:

1. Sarapan Sehat Tinggi Serat Keesokan Harinya

Serat akan membantu membuang lemak yang terlanjur masuk ke pencernaan akibat memakan makanan yang digoreng. Serat juga akan menyerap zat racun dan memperlancar pembuangan zat sisa dari sistem pencernaan sehingga tubuh akan lebih sehat.

2. Olahraga

Berolahraga sedianya harus dilakukan setiap hari, bukan hanya setelah memakan gorengan. Olahraga akan memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga tubuh akan lebih mudah membuang zat berbahaya akibat minyak dan lemak dari makanan yang digoreng.

3. Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak

Selain menjadikannya jus atau smoothie, buah dan sayur juga dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Semangkuk sayur rebus, sop, atau lalapan setelah makan gorengan akan membantu tubuh menetralisir zat tidak baik yang masuk.

Untuk buah-buahan, dapat dikonsumsi dalam bentuk buah potong, salad buah, sop buah, atau rujak yang segar dan menggugah selera.

Baca Juga: 8 Jenis Minyak Goreng yang Aman untuk Penderita Kolesterol

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Langsung tidur setelah makan akan menghambat kerja pencernaan. Organ dalam tubuh akan melambat dan menjadi rileks saat seseorang tidur, termasuk sistem pencernaan. Hal ini akan membuat tubuh menyimpan zat racun lebih lama.

Sebaiknya aturlah jam makan termasuk waktu ngemil agar tidak terlalu mepet dengan jam tidur. Paling tidak 2 jam sebelum tidur jangan lagi makan makanan tinggi karbohidrat, gula, dan lemak.

30 menit sebelum tidur sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun agar pencernaan tidak bekerja terlalu keras.

Menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat sangat penting agar tubuh terhindar dari penyakit degeneratif. Mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan atau makanan cepat saji boleh-boleh saja asalkan tidak sering serta dalam jumlah terbatas.

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi minuman yang bagus setelah makan gorengan, serta melakukan tips di atas untuk membuang racun akibat makanan yang digoreng.

 

  1. Datta, Rupali. 2021. What To Do After Eating Oily Food – 10 Ways To Recover From The Effects. https://food.ndtv.com/food-drinks/what-to-do-after-eating-oily-food-10-ways-to-recover-from-the-effects-2375973. (Diakses pada 19 Desember 2021).
  2. Sachdev, Geetika. 2020. 4 things must do right after eating a heavy or greasy meal. https://www.healthshots.com/healthy-eating/nutrition/4-things-must-do-right-after-eating-a-heavy-or-greasy-meal/. (Diakses pada 19 Desember 2021).
  3. Sadhukhan, Priyanka. 2021. What To Do After Eating A Lot Of Oily Food – 7 Ways To Recover From The Effects. https://www.stylecraze.com/articles/things-to-do-after-eating-high-cholesterol-food/. (Diakses pada 19 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi