Terbit: 6 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Terbangun di malam hari karena ingin pipis bisa mengganggu tidur. Akibatnya, aktivitas Anda di siang hari menjadi kurang produktif. Kira-kira, apa penyebab buang air kecil di malam hari? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

10 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Penyebab Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Pada umumnya, produksi urine akan berkurang di malam hari. Hal inilah yang menyebabkan seseorang bisa tidur sekitar 6-8 jam tanpa ingin pipis.

Namun, pada beberapa kondisi, seseorang bisa saja ingin kencing di tengah waktu tidur malamnya (nocturia).

Bila hanya sesekali, hal ini tidak mengkhawatirkan. Berbeda halnya jika Anda mengalaminya terlalu sering. Berikut ini beberapa kemungkinan malam hari sering buang air kecil, di antaranya:

1. Banyak Minum Sebelum Tidur

Minum terlalu banyak cairan sebelum tidur bisa menyebabkan Anda ingin buang air kecil di malam hari. Apalagi jika minuman yang dikonsumsi mengandung kafein yang tinggi.

Kafein mengandung senyawa methylxanthine yang bersifat diuretik. Minuman jenis ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan sehingga Anda akan lebih sering pipis.

2. Infeksi Saluran kemih

Salah satu penyebab buang air kecil di malam hari adalah adanya infeksi pada saluran kemih (ISK). Kondisi ini lebih sering menimpa wanita dibandingkan dengan pria.

Selain frekuensi pipis yang meningkat, Anda yang mengalaminya bisa merasakan nyeri ketika kencing, sakit perut, bahkan demam.

3. Diabetes

Kemungkinan pemicu keinginan untuk pipis di malam hari lainnya adalah diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2. Kondisi ini merupakan gejala yang cukup umum ditemui pada penderita.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak memproduksi hormon insulin dengan cukup, atau tidak bisa menggunakannya dengan baik. Akibatnya, terjadi penumpukan gula di dalam darah.

Kondisi tersebut membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring darah dan mengeluarkan cairan berlebih di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat Anda sering buang air kecil.

Baca JugaSering Buang Air Kecil saat Hamil, Kenali Berbagai Penyebabnya

4. Pembesaran Prostat

Prostat adalah kelenjar yang terletak di panggul, tepatnya di antara penis dan kandung kemih. Bila kelenjar ini mengalami pembesaran, terjadi penekanan pada kandung kemih dan uretra.

Tak hanya sering buang air kecil, gejala lain dari pembesaran prostat, di antaranya sulit mengosongkan kandung kemih sepenuhnya dan sulit untuk kencing.

5. Kehamilan

Seiring dengan pertumbuhan janin di dalam kandungan, ruang di dalam tubuh Anda akan semakin menyempit. Hal ini juga berlaku pada kandung kemih yang mengalami penyempitan.

Oleh karena itu, wajar ditemui bila ibu hamil lebih sering pipis dibandingkan dengan biasanya. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester pertama dan trimester ketiga.

6. Gagal Ginjal Kronis

Masalah pada ginjal menjadi penyebab sering buang air kecil di malam hari yang harus diwaspadai. Jika mengalami gagal ginjal kronis, filter ginjal mengalami kerusakan sehingga membuat Anda lebih sering kencing, terutama di malam hari.

Selain keinginan pipis yang meningkat, Anda juga dapat mengalami gejala lain, mulai dari urine yang berbusa atau mengeluarkan darah hingga kesulitan untuk tidur.

7. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat diketahui dapat menarik cairan dari dalam tubuh sehingga menyebabkan sering buar air kecil, seperti:

  • Antidepresan.
  • Antihistamin.
  • Diuretik.
  • Dekongestan.
  • Obat-obatan diabetes.
  • Alpha blocker.
  • Opioid.
  • Antipsikotik.
  • Lithium.

Bicarakan pada dokter jika penggunaan obat-obatan di atas membuat Anda sering terbangun di malam hari karena ingin pipis.

8. Gagal Jantung Kongestif

Penderita gagal jantung kongestif mengalami penumpukan cairan di kaki. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak dapat memompa darah secara normal.

Sementara itu, saat tidur di malam hari dan posisi Anda berbaring, tubuh akan membuat cairan tersebut masuk ke dalam aliran darah, lalu disaring di ginjal hingga keluar melalui urine. Inilah yang menjadi penyebab buang air kecil di malam hari.

Baca JugaMengenal Beeturia, Urine dan Feses Berwarna Merah setelah Makan Bit

9. Pertambahan Usia

Semakin usia bertambah, tubuh akan lebih sedikit memproduksi hormon untuk memusatkan urine. Tak hanya itu, kapasitas kandung kemih juga menjadi lebih sedikit.

Kondisi tersebut membuat Anda lebih sering kencing, termasuk di malam hari.

10. Gangguan Tidur

Keinginan untuk kencing bukanlah satu-satunya penyebab Anda bangun di malam hari. Terkadang, Anda baru merasa ingin pipis saat sudah terlebih dulu bangun.

Kondisi ini dapat menimpa orang dengan sindrom kaki gelisah, hot flashes, depresi, atau memiliki nyeri yang berlangsung kronis.

Itulah sederet kemungkinan penyebab buang air kecil di malam hari. Cara mengatasi sering pipis di malam hari akan bergantung pada penyebabnya.

Oleh sebab itu, bila kondisi ini sering terjadi dan dirasa cukup mengganggu, segera periksakan ke dokter untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat.

 

  1. Anonim. 2019. Urination: Frequent Urination. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15533-urination–frequent-urination. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  2. Anonim. 2020. 10 Signs You May Have Kidney Disease. https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  3. Anonim. 2020. Benign Prostate Enlargement. https://www.nhs.uk/conditions/prostate-enlargement/. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  4. Anonim. Urinating More at Night. https://medlineplus.gov/ency/article/003141.htm. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  5. Maughan, R.J. & Griffin, J. 2003. Caffeine Ingestion and Fluid Balance: A Review. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19774754/. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  6. Migala, Jessica. 2021. 10 Medications That May Cause Increased Urination. https://www.everydayhealth.com/urinary-conditions/urine/10-medications-that-may-cause-increased-urination/. (Diakses pada 5 Januari 2023).
  7. WebMD Editorial Contributors. 2021. Why Do I Pee So Much at Night? https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/nocturia-pee-night. (Diakses pada 5 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi