Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Air kencing atau urine yang keluar dari tubuh seharunya bening dan tidak menimbulkan busa. Kalau sampai urine yang Anda keluarkan mengeluarkan busa, bisa jadi ada gangguan pada tubuh termasuk munculnya penyakit tertentu yang berbahaya untuk kesehatan reproduksi dan juga seksual.

Penyebab Kencing Anda Selalu Berbusa

Nah, untuk menghindari munculnya kencing berbusa, simak beberapa penyebabnya di bawah ini dengan saksama.

1. Dehidrasi atau kekurangan cairan
Salah satu penyebab utama kencing berbusa yang banyak dialami oleh masyarakat adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan, urine yang dikeluarkan akan menjadi pekat dan akhirnya membentuk gelembung saat memancar keluar dari alat kelamin.

Untuk mengatasi keadaan ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi 7-8 gelas air putih setiap hari agar urine tetap jernih dan kerja dari ginjal tidak menjadi berat.

2. Radang pada ginjal
Radang pada ginjal juga menyebabkan seseorang mengalami kencing berbusa. Saat ginjal tidak bisa bekerja dengan maksimal atau kerjanya terhambat, protein atau zat yang dibutuhkan tubuh akan lolos dari saringan. Akibatnya, urine jadi agak kental dan saat dikeluarkan menjadi berbusa.

Untuk menanggulangi keadaan ini, kita disarankan untuk tidak menggunakan obat-obatan berat yang bisa mengganggu kerja dari ginjal seperti steroid.

3. Diabetes
Saat mengalami diabetes, ginjal akan mengalami gangguan dan menyebabkan urine jadi banyak mengandung protein. Untuk mengatasi keadaan ini, gula di dalam darah harus dikontrol agar tidak mengganggu kerja dari ginjal.

4. Infeksi saluran kencing
Saat mengalami infeksi pada saluran kencing, urine yang keluar akan menjadi lebih kotor dan bercampur dengan banyak bibit penyakit. Untuk menyembuhkan keadaan ini, seseorang disarankan untuk meminum antibiotik hingga gejala yang ditimbulkan menurun dan akhirnya sembuh.

Demikianlah beberapa penyebab kencing jadi berbusa. Kalau Anda mendapati air kencing banyak mengeluarkan busa, coba segera lakukan pemeriksaan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi