Terbit: 13 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Makanan atau minuman manis yang dikerubungi semut adalah sesuatu yang biasa terjadi, namun bagaimana jika semut yang mengerubungi air kencing. Benarkah diabetes menjadi penyebabnya? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Kencing Dikerubungi Semut, Benarkah Karena Diabetes?

Diabetes Menyebabkan Air Kencing Beraroma Manis

Saat mendapati urine dikerumuni oleh semut, tentu hal ini membuat Anda khawatir. Bahkan, ada dugaan apabila kondisi ini terjadi akibat diabetes.

Diabetes adalah penyakit saat tubuh tidak dapat memproses glukosa (gula) menjadi energi. Penyebabnya bisa karena hormon insulin yang produksinya kurang atau tubuh tidak dapat memproduksi hormon ini. Padahal, kerja insulin sangat penting untuk proses tersebut.

Akibatnya, kadar gula di dalam darah seseorang bisa menumpuk hingga memicu sejumlah gejala, termasuk masalah saat berkemih.

Penderita diabetes atau diabetesi biasanya mengeluhkan frekuensi buang air kencing yang meningkat dari biasanya. Namun, apakah air kencing dikerubuti semut termasuk gejala diabetes?.

Faktanya, aroma manis pada air kencing seseorang bisa menjadi tanda bahwa kadar gula di dalam darah sedang tinggi. Gula darah tinggi (hiperglikemia) merupakan kondisi yang umum dijumpai pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Jadi, apabila Anda mendapati urine beraroma manis yang dikerumuni semut, bisa jadi penyebabnya adalah gula di dalam darah terlalu tinggi.

Baca JugaSering Buang Air Kecil, Benarkah Tanda Diabetes?

Namun, jangan buru-buru menyimpulkan jika penyebab kencing dikerumunin semut adalah diabetes. Meskipun ini bisa menjadi gejala awal pada orang yang belum terdiagnosis sebelumnya, tetap amati juga gejala lain yang dapat muncul.

Beberapa gejala lainnya yang dapat dialami oleh penderita diabetes, antara lain:

  • Sering buang air kecil.
  • Rasa haus dan lapar meningkat.
  • Penglihatan kabur.
  • Berat badan turun.
  • Kelelahan yang ekstrem.
  • Luka yang sulit untuk sembuh.
  • Sering mengalami infeksi.
  • Kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki.
  • Kulit kering.

Penyebab Lain Kencing Dikerubungi Semut

Air kencing yang berbau manis bukanlah hal normal, terutama jika Anda mengalaminya secara tiba-tiba. Bisa saja kondisi ini disebabkan oleh kondisi yang serius sehingga memerlukan penanganan medis segera.

Meski menjadi penyebab umum, diabetes bukan satu-satunya kondisi yang memicu air seni dikerubungi semut. Aroma manis pada air kencing Anda bisa muncul karena beberapa kondisi, di antaranya:

1. Ketoasidosis Diabetik

Ketoasidosis diabetik dapat muncul sebagai komplikasi dari diabetes yang tidak terkontrol. Urine berbau manis menjadi salah satu gejalanya.

Jadi, bila sebelumnya Anda terdiagnosis diabetes dan mengalami kencing dikerubungi semut, waspadai kemungkinan kondisi ini. Apalagi bila diabetes yang diderita adalah tipe 1.

Selain kencing berbau manis, seseorang dengan diabetes ketoasidosis dapat mengalami gejala lain, seperti napas berbau manis, kejang, kelelahan, dan kebingungan.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab kencing dikerubungi semut lainnya adalah infeksi saluran kemih. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri seperti E. Coli.

Salah satu gejala pada penderitanya adalah air kencing yang berbau kuat atau manis. Pasalnya, saat berkemih, tubuh sedang mengeluarkan bakteri lewat urine.

Tanda lain dari infeksi saluran kemih yaitu keinginan buang air kecil yang meningkat dan sensasi rasa nyeri saat buang air kecil.

3. Foetor Hepaticus

Kemungkinan penyebab kencing dikerumuni semut lainnya yaitu foetor hepaticus. Kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki penyakit hati.

Pada penderita, senyawa yang muncul dari kerusakan hati masuk ke paru-paru. Akibatnya, napas menjadi beraroma manis/apek dan air kencing berbau tidak biasa.

Baca JugaAnak Sering Ngompol Gejala Diabetes, Benarkah?

4. Maple Syrup Urine Disease

Penyakit ini tergolong langka karena biasanya hanya diwariskan dari gen kedua orang tua. Kondisi ini terjadi ketika tubuh seseorang tidak bisa memproses asam amino dengan baik.

Selain aroma kencing yang berbau manis, seseorang dengan kondisi ini dapat mengalami gejala lain berupa kejang, perkembangan yang terhambat, hingga masalah pada makan.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa penyebab kencing dikerubungi semut tidak hanya karena diabetes, kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai hal lain.

Apabila mengalami kondisi ini, jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, Anda mengetahui penyebab pasti dan memperoleh pengobatan sesuai kondisi.

 

  1. Anonim. 2021. Diabetes Symptoms. https://www.cdc.gov/diabetes/basics/symptoms.html. (Diakses pada 12 Januari 2023).
  2. Anonim. 2022. High Blood Sugar (Hyperglycaemia). https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-sugar-hyperglycaemia. (Diakses pada 12 Januari 2023).
  3. Anonim. Ants in Urine? Might be Diabetes? https://westlakemed.com.ph/ants-in-urine-might-be-diabetes/. (Diakses pada 12 Januari 2023).
  4. Griffith, Taylor. 2018. Sweet-Smelling Urine. https://www.healthline.com/health/sweet-smelling-urine. (Diakses pada 12 Januari 2023).
  5. Jones, Heather. 2022. What Causes Sweet-Smelling Urine? https://www.verywellhealth.com/sudden-onset-of-sweet-smelling-urine-5114621. (Diakses pada 12 Januari 2023).
  6. Villines, Zawn. 2018. Why Does My Urine Smell Sweet? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321210. (Diakses pada 12 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi