Terbit: 28 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Bagi beberapa orang, bangun pagi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal, membiasakan diri untuk bangun pagi secara rutin adalah sesuatu yang berguna bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, apa saja manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan?

11 Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Berbagai Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Meski terlihat sederhana, manfaat dari bangun pagi ternyata bisa memberikan manfaat bagi kondisi fisik dan mental. 

Nah, berikut ini adalah manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Membuat Tubuh Berenergi Sepanjang Hari

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah membuat Anda berenergi sepanjang hari, apalagi jika dibarengi dengan olahraga pagi.

Perlu Anda ketahui, olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon ini bisa membuat suasana hati yang lebih baik sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

Berkat hal tersebut, Anda pun akan mendapatkan energi tambahan saat beraktivitas seharian.

2. Memiliki Waktu yang Lebih untuk Sarapan

Salah satu manfaat yang mudah terlihat adalah memberi banyak waktu untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum menjalankan aktivitas. Dengan begitu, Anda tidak melakukan suatu hal dengan terburu-buru.

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu sarapan yang baik. Melewatkan sarapan akan membuat tubuh meresponsnya dengan kelaparan berlebihan pada siang harinya.

Ketika kelaparan mulai menyerang, maka makan siang Anda berisiko dipenuhi oleh asupan-asupan yang tidak sehat. Hal ini tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit muncul, bukan?

3. Meningkatkan Produktivitas

Pekerjaan akan terasa lebih mudah apabila dilakukan pada pagi hari. Pada waktu inilah produktivitas Anda akan meningkat.

Pekerjaan yang sudah diselesaikan di pagi hari tidak akan menyita waktu istirahat Anda di malam hari. Selain mendapatkan istirahat yang cukup, waktu bersama keluarga juga menjadi jauh lebih banyak.

Baca Juga7 Manfaat Liburan bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

4. Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Ritme sirkadian tubuh dipengaruhi oleh jadwal tidur. Oleh sebab itu, hal ini berkaitan dengan seberapa baik istirahat malam Anda.

Faktanya, waktu bangun-tidur yang konsisten setiap harinya dapat meningkatkan efektivitas tahapan tidur alami yang dibutuhkan tubuh. Hal ini penting untuk menyembuhkan dan meningkatkan fungsi otak.

Perlu Anda ketahui, siklus tidur terjadi berulang kali sepanjang malam dan berhubungan langsung dengan bagaimana otak memproses informasi dan menyimpan memori.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak dari penyelesaian masalah terjadi selama waktu ini. Jadi, penting untuk memastikan waktu ini tidak terganggu.

5. Menjadi Lebih Bugar

Bangun di pagi hari bisa meningkatkan semangat Anda untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Apalagi Anda masih memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas fisik sebelum berkegiatan.

Jika kebiasaan bangun pagi ini rutin dilakukan, tubuh bisa menjadi lebih bugar dan sehat.

Penting diketahui, menghirup udara segar di pagi hari dibarengi dengan olahraga dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hati lebih baik.

6. Mendapatkan Manfaat Matahari Pagi

Satu hal yang tak kalah penting, kebiasaan bangun di pagi hari akan membantu Anda mendapatkan manfaat dari matahari pagi.

Produksi vitamin D di dalam tubuh akan meningkat apabila Anda mendapatkan rangsangan dari sinar matahari pagi.

Vitamin D sendiri dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium di usus sehingga dapat memperkuat gigi, tulang, dan otot.

Selain itu, manfaat vitamin D lainnya, di antaranya mencegah penyakit seperti hipertensi, multiple sclerosis, osteoporosis, rakitis, dan diabetes.

7. Menghindari Kemacetan

Saat Anda bangun lebih pagi, lalu lintas pada saat Anda berangkat kerja tidak terlalu padat. Disadari atau tidak, hal ini tidak hanya membantu Anda menghemat, melainkan juga menjaga kesehatan mental Anda.

Menurut penelitian, lalu lintas yang padat berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan berikut:

  • Stres
  • Depresi.
  • Kemarahan atau agresi.
  • Masalah pernapasan.

Dengan menghindari kemacetan, secara tidak langsung Anda juga terhindar dari berbagai kondisi di atas.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit akan menunjukkan kondisi yang terbaik di pagi hari. Manfaat bangun pagi ini bisa Anda pergunakan untuk memberikan suplemen tambahan pada kulit.

Jika Anda memiliki rutinitas tidur yang baik, Anda bisa memberikan waktu bagi kulit untuk proses peremajaan.

Sebaliknya, kualitas tidur yang buruk di malam hari berisiko terhadap munculnya sejumlah tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kelopak mata turun atau bengkak. Tak hanya itu, kurang tidur juga berisiko menyebabkan jerawat.

9. Mengonsumsi Makanan yang Lebih Sehat

Memulai hari dengan asupan yang sehat adalah sesuatu yang sangat baik. Manfaat bangun pagi akan membuat Anda bersemangat untuk memenuhi asupan-asupan yang sehat.

Jika Anda terbangun di siang hari dan melewatkan sarapan, pilihan makanan yang inginkan biasanya adalah makanan dengan lemak, karbohidrat, dan gula yang tinggi.

Bangun dengan waktu luang yang cukup memungkinkan Anda menikmati waktu yang lebih santai setiap pagi dan bisa memilih makanan yang lebih sehat.

Baca Juga11 Cara Ampuh agar Bangun Pagi walau Sehabis Begadang

10. Membantu Lebih Konsentrasi

Saat terbangun, otak Anda harus membutuhkan waktu lebih untuk benar-benar ikut terbangun. Oleh sebab itu, Anda biasanya akan merasa pusing dan bingung saat membuka mata di pagi hari.

Jika jeda antara waktu Anda bangun dan bekerja dekat, hal ini bisa membuat Anda kesulitan untuk berkonsentrasi.

Maka dari itu, ketika Anda bangun lebih pagi, jarak antara bangun dengan waktu bekerja cukup jauh. Hal ini akan memberikan waktu bagi otak untuk bersiap-siap.

11. Memiliki Waktu untuk Diri Sendiri

Selain beberapa manfaat di atas, kebiasaan bangun pagi juga bisa menjadi ajang me time untuk diri sendiri. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, terkadang waktu untuk diri sendiri sangat berharga.

Nikmati kesendirian Anda dengan berbagai cara, misalnya dengan menikmati suasana pagi yang sepi, minum kopi, ataupun mempersiapkan diri menghadapi aktivitas padat yang menunggu.

Itulah beberapa manfaat bangun pagi yang bisa Anda peroleh. Jangan merasa rugi jika punya kebiasaan yang satu ini. Faktanya, manfaat yang bisa diperoleh tidak main-main, baik itu bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Jika Anda kerap kali merasa kesulitan untuk bangun pagi, tak ada salahnya meminta saran psikolog untuk membantu mengatasi masalah ini.

 

  1. Robinson, Ciaran. 2019. 8 Health Benefits to Being an Early Riser. neurotrackerx.com/post/8-health-benefits-to-being-an-early-riser. (Diakses 26 September 2022).
  2. Santos-Longhurst, Andrienne. 2021. 10 Reasons to Get Up Early — Because Early Rising Isn’t Just for Birds. https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/benefits-of-waking-up-early. (Diakses 26 September 2022).

 

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi