Terbit: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Silicon dioxide (SiO2) atau silica gel adalah pasir berpori yang sering digunakan untuk menjaga kelembapan. Benda yang memiliki bentuk seperti butiran ini umum ditemukan pada makanan, tas baru, hingga kotak sepatu. Lantas, apa saja fungsi silica gel? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

8 Fungsi Silica Gel untuk Kehidupan Sehari-hari

Mengenali Berbagai Manfaat Silica Gel

Pernahkah Anda menemukan saset kecil silica gel saat membeli makanan atau barang-barang tertentu serta tergoda untuk membuangnya? Jika iya, sepertinya Anda harus menahan diri untuk melakukan hal tersebut.

Benda yang sering disebut sebagai zat pengering ini ternyata memiliki sejumlah manfaat. Berikut adalah fungsi silica gel yang jarang diketahui, di antaranya:

1. Mengeringkan Handphone yang Terjatuh ke Air

Anda pasti pernah mendengar bahwa handphone yang terjatuh ke dalam air harus dimasukan ke dalam beras untuk membantu mengeringkannya. Selain menggunakan beras, cara lain yang digunakan untuk membantu mengeringkan ponsel yang basah adalah memasukkannya ke dalam silica gel.

Tenggelamkan seluruh bagian handphone ke dalam silica gel selama 24 jam. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkannya kembali.

2. Menjaga Keawetan Barang dan Dokumen Penting

Terdapat beberapa dokumen yang perlu Anda jaga seumur hidup, oleh karena itu penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar berkas tetap aman untuk waktu yang lama.

Masukan dokumen penting ke dalam kantong plastik dan masukan silica gel di dalamnya. Kemudian simpan dokumen tersebut di brankas yang tahan api.

Selain itu, foto, kaset VHS, dan memorabilia lainnya dapat dengan mudah rusak jika disimpan di gudang karena tempat tersebut memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.  Untuk menjaga barang-barang Anda tetap aman, simpan dalam wadah plastik dan masukan beberapa saset silika gel di dalamnya.

Perlu diketahui juga, kelembapan bisa merusak kulit sepatu dan itulah alasan kenapa silika gel ada di dalam kotak sepatu saat Anda baru membelinya. Silica gel menjaga kelembapan sehingga menjaga kulit sepatu tetap awet.

3. Mencegah Pisau Cukur Berkarat

Pisau silet akan bertahan lebih lama jika tidak berkarat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah ambil wadah plastik dan masukkan 4-5 sachet gel silika di dalamnya. Setelah menggunakan pisau cukur, keringkan dengan tisu, lalu masukkan ke dalam wadah.

4. Menjaga Kualitas Obat dan Suplemen

Jika Anda memiliki sebotol vitamin, Anda mungkin menemukan sebungkus silica gel di dalamnya. Bukan tanpa alasan, memasukkan benda tersebut di dalamnya menjaga agar obat atau vitamin bebas dari suhu lembap.

Kelembapan dapat menurunkan kualitas vitamin atau obat, jadi tidak ada salahnya memasukan ke dalamnya jika belum ada.

5. Menjaga Koper agar Bebas Jamur

Koper adalah salah satu benda yang umumnya disimpan di tempat yang jarang disentuh dan lembap. Jika koper termasuk benda yang jarang digunakan, ada baiknya memasukkan beberapa saset silica gel ke dalamnya untuk mencegah pertumbuhan jamur. Pada akhirnya, hal tersebut dapat memperpanjang umur koper Anda.

6. Menjaga Warna Perhiasan

Pernahkah Anda membuka kotak perhiasan dan menemukan bahwa gelang favorit Anda terdapat noda? Hal ini mungkin terjadi karena kelembapan udara yang berlebih di tempat penyimpanan perhiasan. Oleh karena itu, letakkan beberapa gel silica untuk melindunginya dari kerusakan.

7. Menghilangkan Bau dari Buku Lama

Anda mungkin menyukai bau buku-buku tua yang apek, akan tetapi jika Anda lebih suka bau itu hilang untuk selamanya, silika gel adalah solusinya. Bungkus buku di dalam kantong plastik berisi gel silika untuk menyerap kelembapan penyebab bau.

8. Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Tas Olahraga

Tas olahraga sering digunakan untuk menyimpan handuk, sepatu, dan kaus kaki yang mengandung keringat. Padahal bau keringat akan lama meresap ke dalam tas. Untuk mengatasi bau tidak sedap pada tas olahraga, masukkan beberapa saset silika gel ke dalamnya.

Nah, itulah berbagai fungsi silica gel yang penting untuk Anda tahu. Benda kecil ini sering dianggap tidak berarti namun ternyata ada bayak manfaatnya untuk menjaga kelembapan benda.

 

  1. Anonim. 2019. 7 surprising uses of silica gel packets. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/home-garden/7-surprising-uses-of-silica-gel-packets/articleshow/68185301.cms. (Diakses pada 4 Januari 2022).
  2. A, Joanne. 2019. Surprising Uses For Silica Gel (You WON’T Have Heard Before!). https://experthometips.com/uses-for-silica-gel. (Diakses pada 4 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi