Terbit: 5 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menjaga kesehatan di musim hujan penting untuk diketahui agar Anda tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Simak penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan, selengkapnya di bawah ini.

11 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Berbagai Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Meski musim penghujan memberikan suasana yang lebih sejuk, musim ini memiliki tantangan tersendiri khususnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang bisa menyerang antara lain flu, batuk pilek, malaria, disentri, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan, di antaranya:

1. Meningkatkan Asupan Vitamin C

Musim hujan adalah waktu di mana virus dan bakteri berkembang biak dengan pesat. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti kecambah, sayuran hijau, atau jeruk adalah pilihan yang tepat.

2. Hindari Konsumsi Makanan yang Dijual di Pinggir Jalan

Berbagai makanan yang dijual di pinggir jalan sebaiknya Anda hindari, karena pada musim hujan makanan berisiko terpapar berbagai jenis mikroorganisme.

Semakin lama makanan terpapar udara terbuka, semakin tinggi kemungkinannya menjadi ‘rumah’ bagi organisme yang membawa penyakit.

3. Waspadai Genangan Air

Salah satu masalah terburuk dari musim hujan adalah perkembangbiakan nyamuk. Serangga kecil ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tindakan pencegahan agar rumah Anda bebas nyamuk.

Pastikan tidak ada tempat penyimpanan air terbuka di rumah atau pastikan tempat penampungan air dalam keadaan tertutup. Selain itu, pastikan bahwa saluran air tidak tersumbat dan tidak ada air hujan yang tergenang.

Nyamuk dapat berkembang di air yang tergenang, oleh karena itu menghilangkan genangan dapat membantu mencegahnya berkembang biak.

Selain mencegah genangan air, mengoleskan losion antinyamuk juga penting saat musim hujan atau saat bepergian ke luar ruangan.

4. Mandi dengan Sabun Antiseptik

Jika Anda terpaksa melewati hujan tanpa payung atau jas hujan, jangan lupa membilas seluruh tubuh dengan sabun antiseptik untuk menghilangkan mikroorganisme yang menempel pada tubuh. Cara ini dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

5. Tidur yang Cukup

Flu dan batuk pilek adalah kondisi yang umum terjadi selama musim hujan. Cara menjaga kesehatan di musim hujan yang mudah dilakukan adalah dengan tidur 7-8 jam untuk meningkatkan kekebalan tubuh menghadapi penyakit.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan, akan tetapi juga mendukung sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Aktivitas ini membuat jantung berdetak kencang, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan memicu produksi serotonin (hormon kebahagiaan), yang mana hal ini memperkuat sistem kekebalan melawan virus dan bakteri.

Jika Anda terbiasa melakukan olahraga di luar ruangan, cobalah pilates, yoga, atau olahraga apa pun yang bisa dilakukan di dalam ruangan.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan (Mudah Dilakukan)

7. Rutin Cuci Tangan

Populasi kuman berbahaya berkembang selama musim hujan, oleh karena itu mencuci tangan terutama sebelum  makan adalah sesuatu yang penting. Saat Anda mempraktikkan kebersihan tangan yang baik, hal tersebut dapat membantu menghilangkan mikroba yang mungkin ada di kulit tangan.

Hindari menyentuh wajah dan mata dengan tangan yang kotor. Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun disinfektan. Bawalah pembersih tangan berbasis alkohol saat tidak tersedia air.

8. Lindungi Diri dari Alergen

Alergi bisa menjadi parah selama musim hujan. Jadi, jika Anda tahu bahwa Anda bereaksi buruk terhadap debu, uap, atau polusi, Anda harus memakai masker saat keluar. Bawalah obat anti alergi yang diresepkan dokter setiap saat. Bila alergi dingin, gunakan pakaian hangat, konsumsi minuman dan makanan hangat, dan batasi berpergian saat hujan.

9. Menjaga Jarak dengan Orang Sakit

Dikarenakan banyak orang terjangkit flu atau pilek selama musim hujan, Anda harus ekstra waspada. Saat bepergian, pastikan Anda menjauhkan diri dari orang yang terlihat sakit sehingga partikel dari saluran pernapasan darinya tidak masuk ke tubuh Anda.

10. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Cara menjaga kesehatan di musim hujan berikutnya yang mudah dilakukan adalah menjaga tubuh tetap hangat. Lindungi diri dengan pakaian hangat, Anda bisa menggunakan pakaian tambahan seperti sweater atau turtleneck.

Penurunan suhu dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Jika Anda kehujanan, segera lepaskan pakaian basah sesegera mungkin. Infeksi jamur cenderung berkembang di tempat yang lembap.

11. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selama musim hujan, seseorang biasanya minum lebih sedikit karena cuaca yang dingin bisa membuat Anda jarang untuk minum. Keadaan ini membuat tubuh tidak banyak berkeringat, oleh karena itu Anda harus minum lebih banyak untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Nah, itulah berbagai cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan yang penting untuk Anda tahu. Jaga kesehatan Anda dan keluarga di sepanjang musim!

 

  1. Anonim. 2018. 15 Simple Health Tips For Monsoon!. https://pharmeasy.in/blog/15-simple-health-tips-for-the-monsoons/. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  2. Anonim 2019. Get Ready To Take On The Monsoon Season & Tips to Stay Healthy. https://healthlibrary.askapollo.com/get-ready-to-take-on-the-monsoon-season-tips-to-stay-healthy/. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  3. Oyor C, Okonkwor. Health Tips For The Rainy Season. https://www.hygeiahmo.com/health-tips-rainy-season/. (Diakses pada 5 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi