Terbit: 6 October 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Estrogen adalah hormon seks yang memegang peran penting dalam perkembangan seksual dan reproduksi. Pada beberapa kasus, hormon estrogen bisa mengalami penurunan. Oleh karena itu, mengetahui cara meningkatkannya adalah sesuatu yang penting. Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

5 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen (Alami dan Medis)

Tips Meningkatkan Hormon Estrogen di Dalam Tubuh

Fungsi estrogen bagi tubuh sangat penting. Hormon ini bertugas untuk mengatur siklus menstruasi sekaligus memengaruhi sistem reproduksi seseorang.

Jika kadar estrogen di dalam tubuh rendah, ada sejumlah gangguan yang bisa muncul, misalnya siklus menstruasi yang tidak teratur, pubertas yang tertunda, perkembangan seksual yang terhambat, dan masih banyak lagi.

Mengetahui fakta tersebut, pastikan agar hormon ini berada dalam jumlah yang normal di dalam tubuh.

Anda bisa mencoba beberapa cara meningkatkan hormon estrogen secara alami dan medis berikut ini:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Fitoestrogen

Jika Anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara meningkatkan hormon estrogen yang mudah, konsumsi makanan tertentu adalah jawabannya.

Konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen yang tinggi dianggap dapat membantu meringankan gejala terkait kadar estrogen yang rendah.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dianggap dapat membantu:

  • Kedelai dan Produk Olahannya

Fitoestrogen di dalam kedelai dan produk olahannya dikenal sebagai isoflavon. Anda bisa mengonsumsi makanan ini untuk menambah kadar estrogen di dalam tubuh.

Beberapa contoh makanan yang bisa Anda konsumsi, yaitu tempe, tahu, edamame, susu kedelai, dan miso.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Cara meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda bisa menambahkan biji rami, biji, wijen, kacang tanah, atau kenari ke dalam salad buah dan sayur atau smoothie Anda.

  • Polong-polongan

Sumber makanan lain yang tinggi akan kandungan fitoestrogen adalah polong-polongan. Selain memiliki kandungan ini, polong-polongan juga merupakan sumber protein nabati yang baik.

Beberapa contoh polong-polongan yang dapat Anda konsumsi, yaitu kacang merah, lentil, buncis, kacang polong, dan kacang hijau.

Baca JugaMengenal Relaksin, Hormon Penting bagi Wanita

  • Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah yang terkenal karena kandungan fitoestrogennya, misalnya apel, pir, anggur, beri, dan plum. Selain itu, buah-buahan kering juga mengandung tinggi fitoestrogen.

Anda bisa mengonsumsi buah kering dan beberapa jenis buah di atas sebagai camilan atau makanan penutup.

  • Sayuran

Perbanyaklah konsumsi sayuran untuk meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. Sayuran bisa dengan mudah Anda olah menjadi berbagai sajian.

Beberapa sayuran yang mengandung fitoestrogen yakni alfalfa, kembang kol, brokoli, kubis, bayam, zucchini, dan kecambah.

Anda juga bisa menambahkan bawang merah dan bawang putih ke dalam masakan. Selain menambah cita rasa masakan, keduanya juga diketahui memiliki kandungan fitoestrogen.

  • Susu dan Telur

Cara menambah estrogen di dalam tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi telur dan susu. Keduanya mengandung estrogen hewani yang dapat membantu meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh.

  • Roti Gandum Utuh

Salah satu makanan yang merupakan sumber fitoestrogen adalah roti gandum utuh. Jumlah fitoestrogen lignan di dalamnya tergantung pada banyaknya biji-bijian yang digunakan.

2. Konsumsi Suplemen yang Mengandung Fitoestrogen

Selain lewat makanan, cara meningkatkan hormon estrogen bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung fitoestrogen berikut ini: 

  • Black Cohosh

Tanaman herbal ini sudah digunakan secara tradisional oleh masyarakat Amerika untuk mengatasi sejumlah kondisi, seperti menopause dan kondisi terkait menstruasi.

Penelitian juga menemukan bahwa black cohosh mengandung senyawa yang dapat merangsang reseptor estrogen.

Kendati demikian, penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan guna membuktikan manfaat herbal yang satu ini.

  • Chasteberry

Sudah sejak lama chasteberry digunakan sebagai herbal tradisional untuk mengatasi kondisi ginekologi seperti premenstrual syndrome (PMS). 

pra-menstrual syndrome (PMS). Tanaman herbal ini mengandung fitoestrogen yang dikenal sebagai apigenin.

Para peneliti menemukan bahwa chasteberry dalam dosis tertentu dapat menunjukkan efek estrogenik di dalam tubuh.

  • Red Clover

Suplemen lain yang dapat membantu meningkatkan estrogen di dalam tubuh adalah suplemen dengan kandungan red clover atau semanggi merah.

Red clover mengandung isoflavon, merupakan fitoestrogen serupa yang terkandung di dalam kedelai.

  • Dong Quai

Tanaman herbal ini digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gejala menopause. Suplemen dong quai juga dapat membantu meningkatkan estrogen di dalam tubuh.

3. Kelola Stres dengan Baik

Stres berhubungan dengan level estrogen yang rendah. Penting untuk Anda ketahui, stres kronis dapat memengaruhi kesehatan, termasuk keseimbangan hormon tubuh.

Saat stres, tubuh akan memproduksi kortisol. Hormon ini dikenal sebagai hormon stres. Peningkatan kortisol di dalam tubuh dapat mengganggu produksi estrogen, bahkan mengurangi jumlahnya.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan hormon estrogen adalah dengan mengelola stres.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Rutin berolahraga.
  • Lakukan meditasi.
  • Latihan pernapasan.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri.
  • Kurangi konsumsi kafein.
  • Konsultasikan dengan dokter atau psikolog.

Baca JugaKelebihan Hormon Estrogen dapat Memicu Penyakit Ini

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Tahukah Anda bahwa berat badan yang kurang bisa membuat tubuh sulit untuk memproduksi hormon estrogen? Oleh sebab itu, jika berat badan Anda kurang, cobalah untuk mendapatkan berat badan ideal.

Jika kesulitan untuk mendapatkan berat badan ideal atau mempertahankannya, perhatikan kembali makanan yang Anda konsumsi. Pastikan apakah makanan yang Anda konsumsi sudah mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

Bila perlu, konsultasikan kepada ahli gizi atau tenaga medis lainnya.

5. Dapatkan Istirahat yang Cukup

Idealnya, orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga delapan jam waktu untuk tidur. Tentunya, kualitas tidur juga harus diperhatikan.

Jika pola tidur Anda masih berantakan, hal ini akan berimbas pada produksi estrogen di dalam tubuh. Maka dari itu, perbaikilah jadwal tidur Anda.

Jika kesulitan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan sejumlah cara berikut:

  • Buat rutinitas beristirahat di malam hari.
  • Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam.
  • Bangun di waktu yang sama setiap pagi.
  • Jaga agar lingkungan tempat tidur kondusif.
  • Hindari jam tidur siang terlalu lama.
  • Rutin berolahraga.
  • Hindari konsumsi kafein mendekati jam tidur.
  • Berhenti makan beberapa jam sebelum tidur.
  • Hindari minum banyak air sebelum tidur.

6. Terapi Penggantian Hormon

Jika cara alami di atas membantu menambah kadar estrogen dalam tubuh, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter terkait terapi penggantian hormon (HRT). Namun, HRT digunakan hanya untuk indikasi khusus.

Manfaat utama HRT adalah untuk meringankan berbagai gejala menopause, seperti hot flushes, kekeringan pada vagina, gairah seks berkurang, dan perubahan suasana hati.

Perawatan HRT dosis rendah diketahui dapat membantu menyeimbangkan hormon lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan alami.

Itulah sejumlah tips yang bisa Anda terapkan sebagai cara meningkatkan hormon estrogen. Bila tidak menunjukkan perbaikan gejala, konsultasikan kepada dokter dan tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

 

  1. Anonim. 2019. Hormone Replacement Therapy (HRT). https://www.nhs.uk/conditions/hormone-replacement-therapy-hrt/. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  2. Anonim. 2022. How to Increase Estrogen Naturally? https://www.everlywell.com/blog/womens-fertility/how-to-increase-estrogen-naturally/. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  3. Anonim. 2022. Low Estrogen. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22354-low-estrogen. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  4. Anonim. Estrogen’s Effects on the Female Body. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/estrogens-effects-on-the-female-body. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  5. Lockett, Eleesha. 2019. 12 Natural Ways to Boost Estrogen in Your Body. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-increase-estrogen. (Diakses pada 6 Oktober 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi