Terbit: 1 September 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Bau pada bagian kaki bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu penyebabnya adalah produksi keringat berlebih. Jika kondisi ini mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak cara untuk menghilangkan bau kaki. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

11 Cara Menghilangkan Bau Kaki, Ampuh dan Mudah

Tips Menghilangkan Bau Kaki yang Membandel

Tubuh manusia memiliki kelenjar yang akan memproduksi keringat dalam kondisi tertentu. Hal inilah yang kemudian memicu keringat pada bagian kaki.

Jangan salah, adanya keringat pada kaki berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan mendinginkan tubuh. Namun pada beberapa kondisi, produksinya bisa berlebih ataupun berkurang.

Sementara itu, bakteri secara alami berada di kaki. Jika jumlahnya menumpuk, ditambah produksi keringat yang berlebih, potensi terjadinya bau kaki dapat meningkat.

Berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau kaki tidak sedap, di antaranya:

1. Rendam Air Garam

Cara menghilangkan bau kaki secara alami yang pertama adalah dengan merendam kaki menggunakan air garam.

Manfaatnya tak hanya mengurangi bau yang mengganggu, melainkan juga memberikan efek relaksasi dan meredakan eksim.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Siapkan 1 mangkuk air hangat.
  • Tambahkan 1/2 cangkir garam Epsom.
  • Rendam kaki selama 10-20 menit.
  • Keringkan kaki.

2. Rendam Air Cuka

Agar terbebas dari bau kaki yang mengganggu, rendam air cuka bisa menjadi pilihan. Berikut ini langkah-langkah untuk merendam kaki dengan air cuka:

  • Siapkan air hangat.
  • Campurkan cuka ke dalam air tersebut dengan perbandingan 2:1.
  • Rendam kaki selama sekitar 15-20 menit.
  • Keringkan kaki.

Sebelum melakukan cara yang satu ini, pastikan tidak ada luka terbuka atau iritasi pada kaki.

Baca Juga13 Cara Menghilangkan Bau Badan (Mudah Dilakukan)

3. Rajin Eksfoliasi Kaki

Eksfoliasi kulit secara rutin bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki yang cukup ampuh. Bahan-bahan untuk eksfoliasi pun cukup beragam, baik alami maupun kimia.

Bahan alami yang bisa digunakan adalah kopi dan minyak kelapa. Anda bisa mencampurkan keduanya dan menggunakannya sebagai scrub untuk membantu menghilangkan sel kulit mati.

Bila ingin cara yang lebih praktis, gunakan produk scrub kaki yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

Lakukan eksfoliasi secara rutin. Namun, jangan lakukan lebih dari satu kali seminggu karena dapat membuat kaki menjadi kering dan iritasi.

4. Gunakan Antiperspiran

Anda mungkin mengenal antiperspiran sebagai penghilang bau badan. Namun jangan salah, antiperspiran juga dapat mengurangi keringat berlebih di kaki.

Dengan berkurangnya keringat, risiko bau pada kaki secara otomatis ikut berkurang. Selain itu, kandungan antibakteri di dalamnya juga dapat membantu mencegah bakteri penyebab bau berkembang.

5. Perhatikan Jenis Alas Kaki yang Digunakan

Mengenakan sepatu yang nyaman dapat membantu mengurangi keringat dan kelembapan. Oleh karena itu, pilihlah bahan sepatu yang bisa mendatangkan manfaat ini.

Sebaliknya, sepatu yang terbuat dari plastik seperti jelly dapat meningkatkan risiko terjadinya bau kaki. Pasalnya, bahan ini akan menyulitkan kaki untuk bernapas sehingga menyebabkan keringat muncul. Bau kaki di sepatu pun dapat terjadi.

6. Gunakan Kaus Kaki

Jika bau kaki terjadi karena Anda jarang mengenakan kaus kaki, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini. Dengan menggunakan kaus kaki, terutama yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, bau pada kaki dapat berkurang.

7. Ganti Kaus Kaki dan Sepatu Secara Berkala

Menghilangkan bau kaki memang tidak cukup dengan memastikan kaki bersih saja, tapi alas kaki yang Anda gunakan juga harus bersih.

Usahakan untuk mengganti kaus kaki setiap hari untuk menghindari penumpukan bakteri penyebab bau.

Selain itu, mengganti sepatu secara rutin juga bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki. Cara ini dapat memberikan waktu bagi sepatu yang dicuci agar benar-benar kering.

Perlu Anda ketahui, sepatu basah juga dapat menjadi penyebab bau kaki yang harus Anda hindari.

8. Perhatikan Kondisi Insoles

Insoles adalah bagian dalam sepatu yang berfungsi sebagai pijakan atau alas kaki. Memperhatikan kondisinya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki di sepatu.

Selain mengganti sol dalam sepatu, alternatifnya Anda bisa menggunakan menyemprotkan antibakteri atau disinfektan pada sol. Sayangnya, alternatif ini kurang efektif bila dibandingkan dengan mengganti sol sepatu.

9. Gunakan Sabun Antibakteri atau Antijamur

Sudahkan Anda membersihkan kaki secara rutin? Jika belum, mungkin itulah penyebab bau kaki yang Anda alami.

Cobalah untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri atau antijamur. Jangan lupakan bagian sela-sela jari.

Setelah mencuci kaki, pastikan Anda mengeringkan kaki dengan benar sebelum kembali mengenakan alas kaki kembali.

Baca Juga9 Cara Mengobati Kapalan di Tangan dan Kaki

10. Terapi Iontophoresis

Bila cara alami menghilangkan bau kaki tidak berhasil, Anda bisa melakukan perawatan khusus sebagai alternatifnya.

Salah satu terapi yang dianjurkan bagi pemilik bau kaki adalah iontophoresis. Ini adalah terapi untuk mengatasi masalah hiperhidrosis atau keringat berlebihan.

Terapi ini menggunakan arus listrik ringan yang nantinya akan dialirkan ke kulit melalui air. Lamanya terapi  berlangsung adalah sekitar 15-40 menit, tergantung alat yang digunakan.

Pada dasarnya, terapi ini perlu rutin dilakukan dalam tiga kali setiap minggunya sampai bau pada kaki berkurang.

11. Suntik Botox

Tidak hanya ampuh sebagai treatment anti penuaan, suntik botox juga dapat menjadi cara menghilangkan bau kaki secara permanen.

Perawatan ini bekerja dengan memblokir saraf yang memberitahu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat. Hal ini lah yang membuat produksi keringat berlebih dapat dicegah.

Namun, perhatikan efek sampingnya. Suntik botox bisa sangat menyakitkan dan bisa saja bukan merupakan pilihan efektif.

Hasilnya pun hanya bertahan sementara yaitu sekitar 3-4 bulan. Oleh karena itu, Anda mungkin memerlukan perawatan secara berkala untuk hasil yang permanen.

Itu dia berbagai cara mengatasi bau kaki, mulai dari yang alami hingga medis. Selamat mencoba dan mendapatkan kepercayaan diri Anda kembali!

 

  1. Anonim. Smelly Feet. https://www.nhs.uk/conditions/smelly-feet/. (Diakses pada 1 September 2022).
  2. Brennan, Dan. 2021. What to Know About Iontophoresis for Hyperhidrosis. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-to-know-iontophoresis-hyperhidrosis. (Diakses pada 1 September 2022).
  3. Cirino, Erica. 2017. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis). https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-smelly-feet. (Diakses pada 1 September 2022).
  4. Nall, Rachel. 2021. How to Get Rid of Smelly Feet. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319002. (Diakses pada 1 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi