Terbit: 22 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Masuknya kotoran ke mata bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara membersihkan mata yang benar. Hal-hal apa saja yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan mata yang kotor? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Cara Efektif Menghilangkan Kotoran di Mata

Tanda Jika Ada Kotoran di Mata

Apabila ada kotoran atau benda asing (debu, pasir, kerikil kecil, serpihan kayu, serangga kecil, atau bulu-buluan) yang masuk ke mata, Anda akan merasakan gejalanya secara langsung. Beberapa gejala kelilipan antara lain:

  • Mata terasa tidak nyaman.
  • Ada sesuatu yang mengganjal di mata.
  • Nyeri pada mata.
  • Air mata mengalir secara berlebihan.
  • Nyeri saat melihat cahaya.
  • Terlalu banyak berkedip.
  • Mata merah.

Penyebab Kotoran di Mata

Masuknya kotoran di mata adalah fenomena yang biasa, umumnya akibat paparan lingkungan sekitar saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Kotoran atau benda asing yang sering masuk ke mata antara lain bulu mata, lendir, debu halus, pasir, kosmetik, lensa kontak, partikel logam, hingga pecahan kaca.

Debu halus dan pasir biasanya masuk ke mata karena terbawa angin. Sementara benda-benda tajam seperti logam atau kaca bisa masuk ke mata sebagai akibat dari ledakan atau penggunaan alat tertentu seperti palu, bor, dan aktivitas berat lainnya.

Benda asing yang masuk ke mata dengan kecepatan tinggi membawa risiko kerusakan mata yang sangat besar.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Mata Anda Rusak

Cara Menghilangkan Kotoran di Mata

Jika ada kotoran di mata seperti debu halus atau bulu mata, Anda bisa menghilangkannya sendiri. Namun ingat untuk selalu berhati-hati, karena mata adalah organ yang sangat sensitif. Berikut ini cara membersihkan mata yang dapat dilakukan:

1. Cuci tangan sampai bersih sebelum menyentuh mata.
2. Berdiri di depan cermin supaya Anda bisa melihat dengan jelas kotoran yang ada di mata.
2. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan mata yang kotor:

  • Coba untuk berkedip hingga air mata keluar untuk melembapkan mata dan menghilangkan kotoran tersebut. Jangan mengucek mata meski terasa perih.
  • Apabila kotoran berada di balik kelopak mata bagian atas, tarik kelopak mata dan putar bola mata ke atas. Cara ini bisa membantu mendorong kotoran keluar dari mata.
  • Jika kotoran berada di sudut mata atau di balik kelopak mata bawah, gunakan kapas basah untuk menghilangkannya; sembari menarik kelopak mata bawah.
  • Ambil eyecup yang sudah diisi dengan air hangat. Tempelkan ke mata, lalu buka mata untuk membilas dan mengeluarkan kotoran. Ini adalah cara mencuci mata yang bisa Anda lakukan.
  • Anda juga bisa meneteskan air hangat ke mata atau menyiram mata dengan air keran yang mengalir untuk menghilangkan kotoran.
  • Bila perlu, gunakan eye flush. Obat tetes mata khusus berisi cairan steril untuk membersihkan atau mencuci mata dari kotoran atau bila mata sering lelah dan merah.

Baca Juga: 12 Obat Mata Merah secara Medis dan Alami (Ampuh!)

Kapan Harus ke Dokter?

Tidak semua kotoran yang masuk ke mata bisa Anda hilangkan sendiri. Misalnya, jika mata terkena pecahan kaca yang tajam atau terpapar cairan kimia, maka sebaiknya Anda segera pergi ke dokter.

Selain itu, jika muncul gejala-gejala berikut, Anda harus menemui dokter untuk memeriksakan kondisi mata:

  • Mata mengalami nyeri yang sangat parah.
  • Mata masih terasa nyeri, iritasi, dan merah 30 menit setelah Anda menghilangkan kotorannya.
  • Ada pecahan kaca atau bahan kimia yang mengenai mata.
  • Anda ingin menanyakan kondisi mata Anda lebih jauh.

Meskipun Anda sudah melakukan cara menghilangkan kotoran yang menempel di bola mata dengan benar, jangan ragu untuk menemui dokter mata jika Anda merasakan gejala yang tidak biasa pada mata Anda.

 

  1. Anonim. 4 TIPS TO GET THAT ANNOYING PIECE OF DUST OUT OF YOUR EYE. https://www.essilorusa.com/newsroom/4-tips-to-get-that-annoying-piece-of-dust-out-of-your-eye. (Diakses pada 03-11-2021)
  2. Fields, Lisa. 2020. How Should I Clean My Eyes? https://www.webmd.com/eye-health/eyes-how-clean. (Diakses pada 03-11-2021)
  3. Giorgi, Anna. 2019. Foreign Object in the Eye. https://www.healthline.com/health/eye-foreign-object-in. (Diakses pada 03-11-2021)
  4. Kirk Eye Center. 2020. First Aid: Something in Your Eye. https://www.kirkeyecenter.com/patient-education/first-aid-something-in-your-eye/. (Diakses pada 03-11-2021)
  5. Seltman, Whitney. 2021. What Should I Do If Something Gets in My Eye? https://www.webmd.com/eye-health/foreign-body-eye-treatment. (Diakses pada 03-11-2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi