Terbit: 18 Oktober 2021 | Diperbarui: 19 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menjaga kesehatan mata adalah sesuatu yang penting, namun banyak orang tidak menyadari bahwa aktivitas tertentu yang dilakukannya setiap hari dapat memicu kerusakan mata. Apa saja kebiasaan yang membuat mata rusak? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Mata Anda Rusak

Berbagai Kebiasaan yang Membuat Mata Rusak

Apakah Anda sering mengucek mata? apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat layar monitor? Beberapa aktivitas harian tersebut tampaknya tidak berbahaya, padahal jika dilakukan berlebihan, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan mata.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang membuat mata rusak, di antaranya:

1. Menatap Layar Monitor Terlalu Lama

Meskipun penggunaan teknologi tidak dapat dihindari, terlalu lama melihat layar monitor atau TV dapat menyebabkan efek samping yang merugikan seperti penglihatan kabur, sakit kepala, dan ketegangan mata.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah sering-seringlah mengistirahatkan mata (digital detox). Mulailah dari yang kecil, misalnya, coba batasi waktu Anda bermain perangkat elektronik satu jam sebelum tidur.

2. Lupa Membersihkan Make Up

Partikel-partikel dari make up yang masuk mata dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Agar hal ini tidak terjadi, bersihkan make up sebelum tidur, perhatikan tanggal kedaluwarsanya, dan hindari menyentuh mata sebelum mencuci tangan.

Selain itu, menggunakan riasan mata yang kedaluwarsa dapat mengiritasi lensa dan menyebabkan infeksi mata yang parah.

Baca Juga: Kacamata Terapi: Jenis, Manfaat, dll

3. Mengucek Mata

Saat mata terasa gatal, salah satu kebiasaan yang umum dilakukan adalah menggosok mata. Meski aktivitas ini tampak tidak berbahaya, namun jika sering dilakukan ternyata hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal pada mata adalah menggunakan obat tetes mata tanpa resep atau kompres hangat. Jika konjungtivitis yang menyebabkan gatal, Anda mungkin perlu mendapatkan obat tetes mata dengan resep.

4. Mengabaikan Masalah Mata

Melakukan pemeriksaan mata adalah sesuatu yang penting, terutama jika terdapat gangguan pada mata. Namun, banyak orang memiliki asumsi sendiri bahwa kondisi matanya baik-baik saja.

Hal inilah yang membuat beberapa orang enggan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Padahal, dokter mata dapat membantu menemukan sesuatu yang tidak beres dengan mata Anda.

Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit tiroid, ternyata dapat dideteksi selama pemeriksaan mata.

5. Tidak Mengenakan Kacamata Hitam saat Terpapar Sinar UV Berlebih

Kacamata hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar UV berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Selain itu, kacamata hitam juga melindungi kulit halus yang ada di sekitar mata.

Baca Juga: Apa Itu Yoga Mata? Ini Gerakan dan Manfaatnya!

6. Tidur Masih Menggunakan Lensa Kontak

Kebiasaan yang membuat mata rusak lainnya adalah tidak melepas lensa kontak (softlens) sebelum tidur.  Tidur masih menggunakan softlens berbahaya bagi mata karena menghalangi oksigen mencapai kornea. Selain itu, kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi mata.

Jika Anda tidak sengaja tertidur dengan softlens, lepas sesegera mungkin saat Anda terbangun. Istirahatkan mata setidaknya selama satu hari sebelum Anda menggunakannya lagi. Jika mata tetap teriritasi, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Merokok

Selain menyebabkan masalah pada paru-paru, menjadi pemicu kanker, dan masalah kesehatan serius lainnya,  merokok ternyata juga membahayakan mata.

Glaukoma, katarak, degenerasi makula, dan mata kering adalah beberapa masalah yang terjadi pada mata. Agar mata Anda tidak rusak, cobalah untuk berhenti merokok.

National Eye Institute mengungkapkan degenerasi makula terkait usia sebagai kerusakan pada titik kecil di retina. Saat bagian retina ini mulai rusak, hal tersebut otomatis akan mengganggu penglihatan.

Degenerasi makula adalah penyebab utama hilangnya penglihatan pada mereka yang berusia di atas 50 tahun, dan merokok menggandakan risiko Anda terkena kondisi tersebut.

Nah, itulah berbagai kebiasaan sepele yang membuat mata rusak lebih cepat. Jaga kesehatan mata dengan memberikan mata waktu istirahat dan biasakan konsumsi makanan tinggi vitamin A dan nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan mata.

 

  1. Anonim. 2020. Everyday Habits That Are Hurting Your Vision & How To Break Them. https://www.presbyopialife.com/everyday-habits-that-are-hurting-your-vision-how-to-break-them/. (Diakses pada 18 Oktober 2021).
  2. Ricevuto, Julie. 2016. 10 Everyday Habits That Are Hurting Your Vision. https://www.self.com/story/everyday-habits-that-are-hurting-your-eyesight. (Diakses pada 18 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi