Terbit: 30 August 2022 | Diperbarui: 31 August 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Perut kembung adalah kondisi yang pasti pernah dialami semua orang. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari yang ringan hingga yang berat. Simak penjelasan mengenai penyebab hingga cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Perut Sering Kembung di Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Perut Kembung di Pagi Hari

Pada umummya, perut kembung setiap pagi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Selain gaya hidup, aktivitas lain yang memicu hal ini, di antaranya:

1. Konsumsi makanan pemicu perut kembung

Mengonsumsi makanan sebelum tidur biasanya menjadi salah satu penyebab bangun dengan perasaan perut kembung. Salah satu makanan yang bisa menyebabkan hal ini adalah makanan manis.

Bagi beberapa orang, terlalu banyak makan makanan manis di malam hari dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan lain seperti diare

Kebiasaan ini juga dapat membuat tubuh menahan air berlebih, sehingga menyebabkan kembung di pagi hari.

Popcorn dan makanan yang mengandung kecap dapat menyebabkan kembung bahkan beberapa jam setelah memakannya.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan, itulah sebabnya makan di malam hari dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung atau mulas.

Selain itu, makan terlalu cepat di malam hari juga dapat menyebabkan kembung. Pertama, makan banyak dalam waktu singkat akan membebani sistem pencernaan. Alasan kedua, makan cepat memicu Anda untuk menghirup udara berlebih.

2. Kurang minum air putih

Setiap bagian dari sistem tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik.

Tubuh sendiri bisa terus-menerus kehilangan cairan saat bernapas, berkeringat, dan berkemih. Tetapi ketika tubuh tidak memiliki cukup air yang masuk untuk menyeimbangkan jumlah yang hilang, tubuh mulai menahan air di tubuh. Itulah sebabnya Anda mungkin lebih jarang buang air kecil.

Jadi, jika tubuh tidak cukup terhidrasi sepanjang hari, keesokan paginya Anda mungkin akan merasakan perut kembung.

3. Jarang berolahraga

Kurang aktif secara fisik mungkin menjadi salah satu penyebab perut kembung di pagi hari. Hal ini karena olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat yang dapat membantu mendorong penyerapan nutrisi dan hidrasi yang tepat.

Meski olahraga tidak mengatasi masalah kembung, aktivitas ini dapat membantu berbagai sistem organ berfungsi dengan baik.

4. Konsumsi minuman  beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan perut kembung. Konsumsi wine sebelum tidur dapat menyebabkan peradangan pada lambung dan usus kecil. Keesokan paginya, peradangan ini dapat memicu perut kembung

Baca Juga: Perut Buncit dan Susah BAB? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Perut Kembung di Pagi Hari

Perut kembung dapat disertai dengan gejala yang lebih serius. Oleh sebab itu, penting untuk mengambil langkah-langkah penanganan.

Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi perut kembung di pagi hari, di antaranya:

1. Perubahan pola makan

Makan terlalu banyak kacang polong, sayuran silangan, dan kacang-kacangan dapat menyebabkan perut kembung di pagi hari, terutama jika mengonsumsinya pada malam harinya. Oleh karena itu, hindari makan sebelum tidur untuk mencegah kondisi tersebut.

Mengurangi asupan natrium juga telah terbukti mengurangi perut kembung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perut kembung akibat diet tinggi serat dapat dikurangi dengan mengurangi makanan tinggi natrium.

2. Minum teh herbal

Selain meningkatkan asupan air untuk menghidrasi tubuh, minum teh herbal tertentu juga dapat membantu meringankan perut kembung di pagi hari. Berbagai bahan herbal untuk teh dapat membantu mengatasi kondisi, antara lain:

  • Adas manis.
  • Adas pedas.
  • Kamomil.
  • Peppermint.
  • Jintan.
  • Ketumbar.
  • Kunyit.

3. Mengonsumsi suplemen enzim pencernaan

Suplemen enzim pencernaan dapat membantu orang yang tidak memiliki cukup enzim di saluran pencernaan. Enzim ini biasanya membantu memecahkan makanan dan mengekstrak nutrisinya. Tanpa enzim, malnutrisi, kembung, dan efek samping lainnya dapat terjadi.

Jika ingin mengonsumsi suplemen enzim pencernaan, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dokter dapat membantu menentukan apakah perut kembung dan gejala lainnya mungkin terkait dengan kekurangan enzim dan menyarankan suplemen yang tepat.

4. Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga mengurangi risiko perut kembung di pagi hari. Sebuah penelitian mengungkapkan, berjalan ringan selama 10 hingga 15 menit setelah makan bisa membantu mengurangi perut kembung kronis.

5. Mengatasi kondisi medis yang mendasarinya

Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya seperti penyakit usus, perubahan pola makan dan gaya hidup mungkin tidak cukup untuk membantu mengatasi perut kembung kronis.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan perawatan yang tepat.

Nah, itu dia penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi perut kembung di pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Cherney, Kristeen. 2021. Causes of Morning Bloating and Remedies. https://www.healthline.com/health/digestive-health/morning-bloating. (Diakses pada 29 Agustus 2022)
  2. Galic, Bojana. 2020. Wake Up Bloated? Here’s What Your Body Is Trying to Tell You. https://www.livestrong.com/article/13729982-wake-up-bloated-in-the-morning/. (Diakses pada 29 Agustus 2022)
  3. Kachwalla, Shamiz. 2022. Causes of Morning Bloating and Remedies. https://www.highcarbhealth.com/waking-up-bloated/. (Diakses pada 29 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi