Terbit: 3 Januari 2022 | Diperbarui: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap pada mulut adalah konsumsi minuman beralkohol. Pada beberapa orang, bau yang ditimbulkan bahkan bisa bertahan meski sudah mencoba beberapa cara. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau alkohol di mulut yang ampuh? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Minuman Beralkohol

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Minuman Beralkohol

Sebelum menjelaskan cara menghilangkan bau mulut akibat alkohol, perlu Anda ketahui bahwa sembilan puluh persen alkohol berubah menjadi asam asetat selama metabolisme. Namun, beberapa di antaranya dilepaskan melalui sistem pernapasan dan keringat. Proses inilah yang kemudian menghasilkan bau mulut terkait alkohol

Dikarenakan tubuh membutuhkan waktu untuk memproses dan menghilangkan alkohol, hal itulah yang membuat tidak ada cara singkat yang dapat mengatasi bau mulut akibat alkohol. Untungnya, terdapat beberapa cara yang bisa menutupi bau tersebut.

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan bau alkohol di mulut, di antaranya:

1. Menyikat Gigi

Pada dasarnya, bakteri dapat berkembang di mulut setelah Anda mengonsumsi minuman beralkohol. Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkannya adalah sikat gigi dengan pasta gigi mint.

Bakteri yang hidup di mulut dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, pastikan untuk rutin menyikat gigi, lidah, dan langit-langit mulut.

2. Berkumur dengan Obat Kumur yang Mengandung Alkohol

Menghilangkan napas bau alkohol berikutnya yang mudah dilakukan adalah berkumur dengan obat kumur yang di dalamnya terdapat kandungan alkohol. Meski cara ini dapat menutupi bau tidak sedap pada mulut, namun hal ini hanya berlangsung sementara.

3. Meningkatkan Asupan Cairan

Meski Anda tidak dapat mempercepat organ hati untuk memetabolisme alkohol, tetapi Anda dapat membantu tubuh memproses alkohol secara lebih efisien, yaitu dengan meningkatkan asupan cairan, konsumsi makanan sehat, dan tetap aktif.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol Paling Efektif

4. Minum Kopi

Dengan meminum satu atau dua cangkir kopi, aroma kopi untuk sementara dapat mengalahkan bau alkohol di mulut. Meski cara ini tidak memberikan kesegaran pada napas, namun ini adalah cara singkat untuk menutupi aroma alkohol yang menyengat.

5. Makan Selai Kacang

Seperti halnya kopi, aroma kuat yang dihasilkan oleh selai kacang dipercaya oleh beberapa orang dapat menghilangkan bau alkohol di mulut. Selai dapat meninggalkan lapisan tipis kacang di mulut dan tenggorokan, setidaknya untuk sementara waktu.

6. Mengunyah Permen Karet

Pilih permen karet dengan rasa yang kuat dan mulailah mengunyah saat aroma alkohol ingin Anda tutupi dengan segera. Meski cara ini tidak benar-benar menghilangkan baunya, akan tetapi membantu menutupinya sampai permen karet kehilangan rasanya.

Meskipun Anda tidak dapat mengganti bau alkohol dengan bau segar, Anda dapat mengonsumsi sesuatu yang sama kuatnya untuk menutupi bau alkohol pada napas.

Baca Juga: Mengenali Berbagai Jenis Minuman Keras beserta Kadar Alkoholnya

Mengapa Menghilangkan Napas Bau Alkohol Tidak Mudah?

Alkohol diserap melalui lambung dan usus ke dalam aliran darah. Meski organ hati ikut memprosesnya, tubuh juga melepaskan sejumlah kecil zat melalui paru-paru. Sayangnya, Anda tidak akan bisa berbuat banyak untuk menghilangkan aroma tersebut sampai tubuh selesai memproses alkohol.

Oleh karena itu, menghilangkan alkohol sedikit lebih rumit daripada menggunakan permen karet atau mint untuk menutupi baunya. Kesimpulannya, bau mulut akibat alkohol tidak hanya terkait kondisi mulut tetapi juga terkait dengan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Pada akhirnya, kemampuan tubuh dalam memproses alkohol berbeda-beda, jadi sulit untuk mengetahui berapa lama bau alkohol akan bertahan. Semakin banyak Anda mengonsumsinya, semakin lama aroma alkohol akan bertahan.

 

  1. Santos-Longhurst, Adrienne. 2021. Trying to Refresh Your Breath After Drinking? Read This First. https://www.healthline.com/health/alcohol/how-to-get-rid-of-alcohol-breath. (Diakses pada 3 Januari 2022).
  2. Schultz, Alicia. 2021. How To Get Rid of Alcohol Breath. https://riahealth.com/2021/09/09/how-to-get-rid-of-alcohol-breath/. (Diakses pada 3 Januari 2022).
  3. Swain, Ellie. 2021. How to Get Rid of Alcohol Breath Fast. https://alcoholrehabhelp.org/blog/alcohol-breath/. (Diakses pada 3 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi