Terbit: 22 Oktober 2021 | Diperbarui: 25 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Alkohol adalah bahan aktif utama dalam beberapa minuman paling populer seperti bir, wine, dan liquors. Semua minuman ini mengandung jumlah alkohol yang bervariasi. Simak penjelasan mengenai berbagai kadar alkohol dalam minuman keras, selengkapnya di bawah ini.

Mengenali Berbagai Jenis Minuman Keras beserta Kadar Alkoholnya

Jenis Minuman Keras dan Kandungan Alkoholnya

Minuman keras, minuman suling, atau spirit adalah minuman beralkohol yang mengandung etanol yang dihasilkan dari penyulingan. Etanol sendiri diproduksi dengan cara fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran.

Berikut adalah jenis minuman keras yang umumnya beredar di pasaran, di antaranya:

1. Bir

Bir adalah minuman beralkohol paling populer di seluruh dunia. Pada umumnya bir memiliki ABV (alcohol by volume) antara 4% hingga 6%. Meski begitu, ada juga beberapa bir yang memiliki konsentrasi alkohol yang lebih tinggi atau lebih rendah.

2. Wine

Seperti halnya bir, wine (anggur merah) adalah minuman keras yang juga populer di seluruh dunia. Kadar alkohol dalam minuman keras seperti wine umumnya kurang dari 14%. Sementara itu, sparkling wine seperti champagne memiliki konsentrasi alkohol sekitar 10% hingga 12%

Beberapa wine ada yang ‘diperkuat’ dengan alkohol suling adalah Port, Madeira, Marsala, Vermouth, dan Sherry. Jenis minuman keras ini biasanya memiliki ABV sekitar 20%.

3. Brandy

Pada dasarnya brandy adalah anggur suling. Kata brandy berasal dari kata Belanda yaitu brandewijn, yang diterjemahkan menjadi ‘burnt wine’. Selain dari anggur, minuman keras ini juga bisa dibuat dari buah lain seperti apel atau plum. Kadar alkoholnya biasanya berkisar dari 40% hingga 60%.

4. Rum

Rum dibuat dengan cara memfermentasi dan menyuling tetes tebu atau sari tebu. Minuman beralkohol ini memiliki profil rasa yang manis dan pedas. Kandungan alkohol di dalamnya biasanya berkisar antara 40% hingga 75%.

5. Gin

Gin dibuat dengan terlebih dahulu menciptakan neutral spirit kemudian disuling ulang dengan penambahan kombinasi tumbuhan seperti biji-bijian, beri, rempah-rempah, hingga akar.

Juniper berry adalah tumbuhan yang populer digunakan untuk membuat gin. Kadar alkohol dalam minuman keras ini umumnya sekitar 40%.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol Paling Efektif

6. Wiski

Whiskey atau wiski dibuat dari tumbukan biji-bijian (dan terkadang malt) yang difermentasi, biasanya menggunakan barley, jagung, rye, atau wheat. Wiski biasanya memiliki kandungan alkohol 40% hingga 68%.

7. Vodka

Seperti gin, vodka dibuat dari neutral spirit. Akan tetapi, tidak seperti  minuman beralkohol lainnya, minuman ini dirancang tanpa rasa. Vodka terbaik dianggap murni, tidak berbau, dan bening. Minuman ini umumnya memiliki kandungan alkohol 40% atau lebih.

8. Tequila

Tequila adalah jenis mezcal, yang merupakan minuman beralkohol suling yang terbuat dari semua jenis succulent agave. Secara khusus, tequila dibuat dari tanaman blue agave yang ada di meksiko. Konsentrasi alkohol tequila biasanya sekitar 40% hingga 55%.

9. Absinthe

Absinthe adalah minuman keras yang terbuat dari berbagai daun dan rempah-rempah. Minuman ini memiliki konsentrasi alkohol yang tinggi sekitar 40%, sementara yang lain memiliki kandungan alkohol hingga 90%.

10. Everclear

Everclear adalah minuman beralkohol berbasis biji-bijian yang memiliki konsentrasi alkohol yang tinggi. Minuman ini memiliki ABV minimum 60%, akan tetapi ada juga yang 75,5% hingga 95%.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol Paling Efektif

Nah, itulah berbagai jenis minuman keras yang harus Anda tahu. Penting untuk dipahami bahwa semua jenis minuman beralkohol dapat menimbulkan masalah kesehatan. Selain itu, kandungan etanol di dalam minuman ini juga dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

Oleh karena itu, Anda harus memahami setiap konsekuensi saat mencoba untuk mengonsumsi salah satu minuman di atas. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi untuk kalangan tertentu saja, umumnya seseorang yang telah melewati batas usia tertentu.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berjuang melawan kecanduan terhadap minuman beralkohol, konsultasi dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

  1. Anonim. Types of Alcohol Guide: Different Types of Liquor & Spirits. https://home.binwise.com/guides/types-of-alcohol. (Diakses pada 22 Oktober 2021).
  2. Yerby, Nathan. 2021. Types Of Alcohol. https://www.alcoholrehabguide.org/alcohol/types/. (Diakses pada 22 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi