Terbit: 22 Oktober 2021 | Diperbarui: 24 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kacang tanah dapat menjadi sumber vitamin yang mineral yang dibutuhkan ibu dan bayi. Simak kandungan nutrisi pada kacang tanah dan apa saja manfaat kacang tanah untuk ibu hamil.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil, Enak dan Kaya Nutrisi!

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah

Kacang tanah kaya akan kandungan protein, lemak tak jenuh, dan serat. Meskipun kandungan lemak dalam kacang relatif tinggi, namun lemak ini juga dikenal dengan “lemak baik” yang aman bagi tubuh. Selain itu, kacang juga merupakan sumber magnesium, folat, vitamin E, tembaga, dan arginin.

Dalam setiap 50 gram kacang tanah terdapat kandungan:

  • Kalori: 207
  • Protein: 9 gram
  • Lemak: 18 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 1 gram

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

Asupan makanan selama hamil sangat penting karena berpengaruh pada tumbuh kembang bayi secara langsung. Salah satu makanan sehat dan bisa dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil adalah kacang tanah. Cek khasiat kacang tanah untuk ibu hamil berikut ini:

1. Menurunkan risiko alergi kacang pada bayi

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi kacang tanah dan produk kacang tanah selama kehamilan bisa mengurangi risiko alergi kacang pada bayi dalam kandungan. Jika ibu hamil banyak mengkonsumsi kacang tanah, maka dapat menurunkan risiko alergi kacang pada bayi ketika lahir nanti.

Semakin dini bayi terpapar zat yang berpotensi menimbulkan alergi seperti kacang, maka ia bisa mengembangkan sistem kekebalan dalam tubuhnya untuk mentoleransi kacang. Konsumsi kacang-kacangan sebaiknya diimbangi dengan makanan bernutrisi tinggi lainnya.

2. Sumber lemak sehat

Salah satu alasan mengapa kacang sangat baik untuk dikonsumsi adalah karena kacang merupakan salah satu sumber lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan. Lemak baik ini juga mendukung pertumbuhan plasenta, mengurangi risiko kelahiran prematur, dan memastikan bayi lahir dengan berat badan sehat.

Manfaat lainnya antara lain adalah meningkatkan kolesterol baik dalam darah dan di saat yang bersamaan menekan jumlah kolesterol jahat. Kacang tidak hanya baik untuk ibu hamil, tetapi juga untuk semua orang di segala usia.

3. Memenuhi kebutuhan folat

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya folat karena sangat baik untuk perkembangan kesehatan bayi. Kacang tanah dan produk olahannya seperti selai kacang adalah makanan kaya folat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Menurut para ahli gizi, di setiap 100 gram kacang tanah terdapat kandungan asam folat yang dapat memenuhi sekitar 60% kebutuhan harian folat untuk ibu hamil. Manfaat kacang tanah untuk ibu hamil dinilai baik di trimester pertama saat bayi sedang berada di tahap awal tumbuh kembangnya.

4. Kaya akan kandungan protein

Protein merupakan nutrisi lain yang penting untuk perkembangan janin. Sumber protein utama tentunya dari daging merah. Namun untuk ibu hamil yang harus membatasi konsumsi daging merah karena berbagai alasan, kacang tanah bisa menjadi sumber protein yang baik.

Kandungan protein yang ada di setiap 100 gram kacang tanah sudah bisa memenuhi kebutuhan protein harian calon ibu. Kacang tanah bisa dinikmati sebagai camilan sehat untuk ibu hamil.

5. Mendukung tumbuh kembang janin

Pola makan yang sehat selama masa kehamilan dapat mencegah kemungkinan bayi cacat saat lahir. Asupan makanan sehat dan bernutrisi seperti kacang tanah dapat mendukung tumbuh kembang janin secara optimal, terutama dengan kandungan asam folat yang mencegah bayi cacat lahir.

Kacang tanah juga menjadi sumber mineral sehat seperti kalsium dan zat besi, yang dapat memastikan kesehatan dan kekuatan tulang bayi.

6. Memberikan asupan energi pada ibu hamil

Selama kehamilan, wanita akan mengalami lonjakan hormon yang membuatnya cepat merasa lelah. Faktor lain seperti meningkatkan kebutuhan kalori dan perkembangan bayi dari hari ke hari membuat energi ibu hamil relatif rendah.

Anda bisa mengkonsumsi kacang tanah sebagai sumber tambahan energi. Kandungan lemak dan protein dalam kacang tanah dapat membantu mengatasi rasa lelah, sehingga ibu hamil lebih bersemangat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi? Begini Penjelasan Lengkapnya

7. Meningkatkan memori

Wanita hamil sering menderita gangguan memori yang disebut dengan kabut otak, selama masa kehamilan dan beberapa saat sesudahnya. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kacang selama kehamilan.

Salah satu kandungan utama di dalam kacang adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin B3 atau niasin dapat meningkatkan memori dan sejumlah fungsi kognitif secara bersamaan. Terlebih lagi, kacang tanah juga mengandung resveratrol, senyawa antioksidan yang bisa melancarkan aliran darah menuju otak.

8. Membantu memperbaiki suasana hati

Suasana hati yang tidak menentu atau mood swings adalah sesuatu yang wajar dialami oleh ibu hamil. Perubahan ini memang normal, namun tidak jarang banyak orang merasa tidak nyaman karena perubahan suasana hati mereka sangat mengganggu orang di sekitarnya.

Manfaat kacang tanah untuk ibu hamil dapat menjaga suasana hati ibu hamil karena kaya akan asam amino esensial seperti tryptophan, senyawa ini mempengaruhi produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Dengan mengkonsumsi selai kacang, Anda bisa melawan suasana hati yang buruk sekaligus menjauhkan diri dari depresi selama kehamilan.

Baca Juga: 11 Jenis Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

9. Mencegah diabetes gestasional

Ibu hamil sering terkena berbagai penyakit yang sifatnya sementara, salah satunya adalah diabetes gestasional. Ini adalah kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil terus meningkat selama masa kehamilan, namun akan kembali seperti semula dengan sendirinya setelah melahirkan.

Mengkonsumsi kacang tanah pada porsi yang cukup dapat mencegah kenaikan gula darah secara ekstrim dan menurunkan risiko penyakit ini.

10. Mencegah anemia selama kehamilan

Selama hamil, ibu hamil memerlukan lebih banyak darah untuk mendukung tumbuh kembang bayi di dalam rahimnya. Agar tubuh bisa memproduksi lebih banyak darah, asupan zat besi sangat penting. Kacang tanah yang kaya akan zat besi bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi ibu hamil.

Itu dia ulasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kacang tanah untuk ibu hamil. Perlu diperhatikan bahwa konsumsi kacang tanah yang diperbolehkan adalah sekitar 100 hingga 200 gram per hari atau 2 sendok makan jika dalam bentuk selai kacang. Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan agar tidak muncul efek samping yang tidak diinginkan, seperti keracunan makanan, selama kehamilan.

 

  1. Addison, Sophie. 2020. 8 Amazing Benefits Of Peanut Butter During Pregnancy. https://www.healthypregnancy.com/8-amazing-benefits-of-peanut-butter-during-pregnancy/.
  2. Khan, Aliya. 2018. Eating Peanuts During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-peanuts-during-pregnancy-its-benefits-side-effects/.
  3. Patwal, Swati. 2021. 12 Healthy Reasons Why You Should Eat Peanuts In Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-peanuts-during-pregnancy_0088418/.
  4. Roland, James. 2015. Is It Safe to Eat Peanuts During Pregnancy? https://www.healthline.com/health/allergies/peanuts-during-pregnancy.
  5. WebMD. 2021. Health Benefits of Peanuts. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-peanuts#1.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi