Terbit: 24 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kondisi kehamilan menuntut ibu untuk lebih berhati-hati, termasuk urusan makanan. Salah satu makanan yang tinggi nutrisi dan mudah ditemukan adalah toge (tauge) atau kecambah. Namun, bolehkah ibu hamil makan tauge?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge Mentah dan Apa Bahayanya?

Nutrisi Tauge

Tauge sebenarnya adalah sayuran yang tinggi nutrisi. Dalam setiap 100 gram tauge tersedia 34 kalori dan rendah sekali lemak, kurang dari 1 gram. Hal itu membuat tauge menjadi sayuran yang cocok untuk diet.

Tauge juga kaya akan natrium dan serat, 3 gram protein, 41 mg beta karoten, 5 mg vitamin C, dan 0,5 mg vitamin E. Juga tinggi asam folat, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin K.

Tingginya vitamin E dan asam folat membuat toge kerap dipilih oleh mereka yang sedang merencanakan kehamilan bahkan dinilai dapat menambah kesuburan. Namun ternyata, tidak semua dokter membolehkan ibu hamil makan tauge.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge Mentah?

Ternyata toge tidak berbahaya bagi ibu hamil jika dimasak dengan benar. Karena serat tinggi dan antioksidan di dalamnya justru sangat berguna bagi ibu hamil. Tauge yang dimasak dengan benar aman dari bakteri maupun kotoran lainnya. Sehingga tidak masalah jika ibu hamil ingin makan tauge matang.

Lantas, bolehkah ibu hamil makan tauge mentah? Kebanyakan dokter tidak menyarankan ibu hamil, terutama yang sedang hamil muda untuk makan toge mentah. Alasannya adalah adanya bakteri Listeria, Salmonella, dan E. coli yang terdapat pada tauge mentah.

Bakteri-bakteri ini berpindah ke dalam biji kecambah melalui celah yang terdapat pada cangkang toge. Bagian dalam tauge yang hangat dan lembap akan memicu perkembangan bakteri. Akibat negatifnya sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

Baca Juga: 11 Manfaat Toge untuk Pria dan Nutrisinya (Paling Lengkap)

Bahaya Tauge Mentah untuk Ibu Hamil

Dalam banyak sajian makanan lokal, tauge biasanya disajikan dalam keadaan mentah atau hanya disiram dengan air panas sebentar. Nah, tauga mentah rentan masih mengandung banyak bakteri yang tidak boleh masuk ke dalam pencernaan ibu hamil.

Menilik dari bahaya bakteri yang dikandung tauge mentah, sebaiknya ibu hamil memasak tauge dengan benar sebelum mengkonsumsinya. Perlu diketahui bahwa mencelur atau merendam mencelur di dalam air panas selama beberapa menit tidak akan membunuh bakteri atau parasit yang menempel di tauge.

Berikut adalah beberapa bahaya tauge mentah untuk ibu hamil:

1. Mengakibatkan bayi lahir mati

Stillbirth atau bayi lahir mati dapat disebabkan oleh bakteri Listeriosis. Bakteri yang terdapat pada tauge mentah ini juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur, keguguran, hingga infeksi pada kehamilan.

2. Menyebabkan radang otak

Bakteri E. Coli dapat menyebabkan radang otak. Janin di dalam kandungan masih sangat rentan terhadap infeksi bakteri. Perkembangan otaknya dapat terganggu yang berakibat pada cacat otak setelah bayi lahir.

3. Diare dan memperparah mual dan muntah

Bakteri Salmonella pada toge memang tidak akan berakibat langsung terhadap janin. Namun infeksi Salmonella dapat menyebabkan diare dan memperparah mual muntah pada ibu hamil. Hal ini akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena dehidrasi yang ujung-ujungnya akan membahayakan kehamilan juga.

Manfaat dan Tips Mengkonsumsi Toge untuk Ibu Hamil

Walaupun tauge mentah berbahaya bagi ibu hamil, tetapi bukan berarti ibu tidak boleh mengkonsumsi tauge sama sekali. Tauge matang yang dimasak dengan benar justru banyak manfaatnya bagi ibu hamil dan janin. Terutama kandungan asam folat, aneka mineral dan antioksidannya.

Diantara beberapa manfaat toge matang bagi ibu hamil adalah:

  • Memperkuat kehamilan dan mencegah keguguran: Kandungan vitamin E dalam tauge sangat berperan dalam hal ini. Terutama bagi mereka yang memiliki rahim lemah atau memiliki riwayat keguguran.
  • Mencegah cacat otak pada janin: Kandungan asam folat yang tinggi pada tauge membantu mengoptimalkan perkembangan otak pada janin. Asam folat juga mencegah cacat pada otak dan batang otak janin.
  • Memperkuat pembentukan tulang dan gigi janin: Kandungan magnesium, mangan dan vitamin K pada tauge membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat dan optimal pada janin.
  • Menjaga berat badan ideal dan mencegah anemia: Multi mineral serta vitamin yang dikandung toge mengoptimalkan produksi sel darah merah. Selain itu toge rendah kalori dan lemak. Membantu ibu hamil mengontrol kenaikan berat badan.
  • Memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit: Toge mengandung serat yang tinggi dan sangat baik bagi pencernaan. Ibu hamil sering mengalami sembelit karena tekanan dari rahim kepada usus. Mengkonsumsi tauge akan memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: Konsumsi Tauge saat Hamil, Adakah Manfaatnya?

Tips Aman Mengonsumsi Tauge bagi Ibu Hamil

Semua manfaat tersebut dapat diperoleh jika ibu hamil tahu cara menyimpan dan mengolah toge dengan benar. Adapun tips mengkonsumei tauge bagi ibu hamil adalah:

  • Beli toge yang masih segar. Cirinya adalah batang yang berwarna putih bersih, renyah dan toge tidak berbau.
  • Sebelum disimpan, cuci bersih toge dengan air mengalir. Rendam toge di dalam air garam selama 1 menit.
  • Jika toge tidak langsung dikonsumsi, letakkan di dalam mangkuk berisi air dingin dan masukkan ke dalam kulkas.
  • Saat memasak toge, gunakan api yang sedang atau besar. Rebus atau tumis toge minimal 15 menit setelah dicuci bersih. Waktu ini cukup untuk mematikan bakteri-bakteri jahat yang bercokol di dalamnya.
  • Untuk meningkatkan kandungan nutrisi di dalam menu toge, campurkan sayuran tersebut dengan bahan makanan lain. Misalnya tahu, teri, jamur, daging, ikan, dll.

Baca Juga: Sering Keliru, Begini Cara Mengolah Tauge yang Benar

Setelah mengetahui manfaat dan cara yang benar dalam mengkonsumsi toge. Tidak perlu lagi bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan toge. Asalkan diolah dengan benar, toge justru sangat berguna bagi kehamilan.

 

  1. Broghammer, Samantha. 2021. Eating Sprouts and Bean Sprouts in Pregnancy: Safe or Not? https://www.pregnancyfoodchecker.com/bean-sprouts-pregnancy-safe/. (Diakses pada 18 November 2021).
  2. My Fitness Pal. 2020. Generic – Taugeh (Bean Sprouts), Raw. https://www.myfitnesspal.com/food/calories/generic-taugeh-bean-sprouts-raw-626645624. (Diakses pada 18 November 2021).
  3. Wahlberg, Rebekah. 2021. Is it safe to eat bean sprouts during pregnancy? https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/is-it-safe-to-eat-bean-sprouts-during-pregnancy_10415305. (Diakses pada 18 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi