Terbit: 26 Februari 2018 | Diperbarui: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Rahim merupakan tempat yang hangat dan nyaman bagi janin untuk mempersiapkan diri sebelum dilahirkan ke dunia nyata. Proses perkembangan indra pada manusia sebenarnya sudah berkembang sejak berada dalam kandungan. Apa saja yang sudah bisa dirasakan bayi sejak dalam kandungan?

Bayi Anda Bisa Merasakan Ini Sejak Dalam Kandungan

1. Bayi bisa merasakan sentuhan
Anda mungkin pernah mengalami bahwa ketika Anda menyentuh perut di bagian tertentu, bayi dapat meresponnya dengan gerakan atau tendangan. Hal ini menunjukkan bahwa bayi dapat bereaksi pada sentuhan tangan. Semakin besar usia kehamilan Anda, gerakan ini pun akan semakin meningkat. Anda bisa memanfaatkan sentuhan ini untuk berkomunikasi dengan anak sejak berada di dalam kandungan.

2. Bayi bisa mendengar suara
Indra pendengaran bayi mulai terbentuk pada usia kehamilan 4-5 minggu. Pada usia kehamilan 20 minggu sistem pendengaran janin sudah mulai utuh dan bisa mendengar suara dari dalam rahim. Anda bisa mulai memperdengarkan musik sejak usia kehamilan 20 minggu. Selain musik, bayi juga dapat mengenali suara dari dalam tubuh ibu mereka seperti detak jantung, suara perut ibu saat lapar dan aliran darah ibu.

3. Bayi peka terhadap asap rokok
Sebuah penelitian yag dilakukan di Lancaster dan Universitas Durham menyatakan bahwa bayi dengan ibu yang merokok selama kehamilan dapat melakukan gerakan seperti menutup mata dan mulut mereka. Hal ini menunjukkan bahwa geakan bayi ini muncul karena respon stres yang disebabkan oleh asap racun dari rokok. Jika Anda bukan perokok, sebaiknya jauhkan bayi Anda dari asap rokok saat hamil.

4. Bayi dapat merasakan cahaya matahari
Sejal awal kehamilan hingga kehamilan masuk ke usia 25 minggu, mata bayi selalu tertutup untuk mengembangkan retina. Memasuki trimester ketiga janin sudah dapat mendeteksi cahaya terang yang masuk ke dalam rahim baik itu sinar matahari atau pun sinar lampu.

5. Bayi dapat merasakan makanan ibunya
Indra perasa bayi berkembang bersama indra penciuman. Pada usia 11-15 minggu, reseptor janin sudah dapat mendeteksi bau dan rasa. Sebuah eksperimen dilakukan menggunakan wortel untuk menguji hal tersebut. Hasilnya, bayi yang ibunya banyak minum jus wortel sejak trimester ketiga lebih menikmati jus wortel pada masa penyapihan dan setelahnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi