Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sakit punggung merupakan salah satu gangguan yang sering dirasakan saat hamil. Namun ternyata gangguan sakit punggung ini juga masih sering dirasakan oleh para ibu setelah melahirkan. Apa penyebabnya?

5 Penyebab Sakit Punggung Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Penyebab gangguan sakit punggung setelah melahirkan

Setelah melahirkan, waktu dan perhatian ibu pasti tertuju pada si kecil. Kesibukan menyusu setiap beberapa jam sekali bahkan saat tengah malam dapat menyebabkan kelelahan yang memicu sakit punggung.

Selain kelelahan, beberapa penyebab lain sakit punggung setelah melahirkan seperti dilansir dari laman momjunction antara lain:
1. Peredaran hormon yang fluktuatif dari masa kehamilan ke persalinan dan masa menyusui. Beberapa hormon berfungsi untuk meregangkan otot juga sendi sehingga dapat menyebabkan sakit.
2. Salah postur saat menyusui dapat menyebabkan otot punggung tegang sehingga memicu sakit punggung
3. Tekanan dari rahim. Saat hamil, rahim akan terus berkembang dan membesar sehingga memberi tekanan pada tulang punggung.
4. Pertambahan berat badan saat hamil.
5. Proses persalinan. Saat melahirkan, otot-otot dan tulang akan meregang untuk membantu proses persalinan. Kondisi ini akan memberi tekanan kuat pada panggul yang juga berdampak pada tulang punggung Anda.

Cara meredakan sakit punggung setelah melahirkan

1. Postur tubuh yang benar
Jika sakit punggung Anda disebabkan oleh postur tubuh yang tidak tepat saat menyusui, Anda bisa meredakannya dengan memperbaiki postur tubuh. Berikan bantalan di punggung agar menyusui lebih nyaman.

Saat mengangkat bayi, sebaiknya Anda mendekatkan badan pada bayi lalu angkat secara perlahan. Hindari meregangkan Anda terlalu jauh untuk mengangkat bayi karena dapat menyebabkan tarikan pada tulang punggung semakin besar.

2. Olahraga
Sempatkanlah kembali berolahraga setelah melahirkan. Rutin berolahraga dapat meningkatkan kesehatan, kekuatan otot dan membantu kelenturan tubuh. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan setelah melahirkan antara lain yoga dan berenang. Jika Anda menjalani persalinan caesar, maka tunggu sekitar 6 minggu untuk kembali memulai olahraga.

3. Cukup istirahat
Dengan beristirahat yang cukup, Anda dapat mengembalikan tenaga Anda dan membantu pemulihan tulang punggung. Jika diperlukan, Anda bisa meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain untuk menjaga si kecil sementara Anda beristirahat.

4. Hindari mengangkat barang berat
Mengangkat barang berat dapat memberi tekanan pada otot dan sendi-sendi Anda. Sebaiknya minta bantuan orang lain untuk mengangkat barang berat jika Anda benar-benar harus memindahkan barang.

5. Gunakan sepatu datar
Setelah melahirkan Anda mungkin tidak sabar untuk kembali menggunakan sepatu hak tinggi yang tidak Anda gunakan saat hamil. Namun jika Anda memiliki sakit punggung sebaiknya tunda dulu keinginan tersebut hingga sakit punggung Anda pulih. Sepatu hak tinggi dapat memberi tekanan pada punggung sehingga menambah rasa sakit di punggung.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi