Terbit: 29 December 2022 | Diperbarui: 30 December 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Pernahkah Anda mendengar tentang akar tanaman bajakah? Tanaman asal Kalimantan ini diklaim menyimpan banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk mengobati kanker. Lebih lengkapnya simak khasiat akar bajakah dalam ulasan di bawah ini!

7 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Obati Kanker?

Kandungan Akar Tanaman Bajakah

Akar bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) adalah tanaman merambat asal Kalimantan yang memiliki batang cukup besar dan kuat. Tanaman ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat.

Berikut ini beberapa kandungan dalam akar bajakah, antara lain:

  • Saponin.
  • Terpenoid.
  • Flavonoid.
  • Tanin.
  • Steroid.
  • Fenol.

Semua senyawa ini dapat bertindak sebagai antioksidan, senyawa yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Tanaman akar bajakah diklaim memiliki kandungan antioksidan yang jumlahnya jauh lebih banyak dari tanaman lain.

Manfaat Akar Tanaman Bajakah untuk Kesehatan

Akar bajakah merupakan tanaman yang sering kali digunakan untuk mengobati berbagai penyakit oleh masyarakat Kalimantan. Khasiat ini tak lepas dari kandungan utama di dalamnya, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Berikut ini berbagai manfaat akar bajakah untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Leukosit Tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan di Department of Nursing, School of Health YATSI, Indonesia, pemberian ekstrak akar bajakah dosis 100 mg/kgBB dapat menurunkan leukosit pada mencit (tikus) yang terinfeksi bakteri Salmonella typhimurium.

Leukosit adalah sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi pemicu penyakit. Namun, kadar leukosit yang tinggi (leukositosis) berbahaya bagi kesehatan, termasuk menyebabkan demam berulang, infeksi, gangguan pada limpa, dan kanker.

Baca Juga: 7 Manfaat Akar Bajakah Kuning, Kandungan, dan Cara Membuat

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat ekstrak akar bajakah bisa digunakan untuk mencegah infeksi bakteri, terutama bakteri Escherichia coli. Infeksi bakteri ini dapat ditandai dengan diare yang ringan hingga parah, perut kram, mual dan muntah, demam, kehilangan selera makan, dan kelelahan.

Terdapat beberapa kandungan senyawa alami yang membuat akar bajakah berkhasiat melindungi tubuh dari infeksi bakteri, termasuk saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka Luar

Manfaat akar bajakah kemungkinan besar mampu mempercepat penyembuhan luka luar dan meredakan pendarahan luka.

Tanaman ini diketahui mengandung senyawa saponin dan tanin yang diyakini dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru di area luka. Ini tentunya akan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Beberapa senyawa tersebut bersifat angiogenesis. Artinya, dapat membantu tubuh menghasilkan pembuluh darah baru.

4. Mencegah Infeksi Jamur

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Health Research, menyebutkan bahwa akar bajakah memiliki senyawa alami yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi jamur.

Kandungan flavonoid dalam ekstrak metanol dari tanaman akar bajakah dapat membantu menghambat dan membunuh pertumbuhan jamur Candida albicans.

Pertumbuhan jamur Candida albicans yang tidak terkendali kemungkinan dapat menyebabkan sariawan, infeksi jamur pada kulit, infeksi jamur pada vagina, infeksi sinus, dan gangguan pencernaan.

5. Mencegah Diabetes

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Prima, pemberian ekstrak akar bajakah memiliki aktivitas senyawa antidiabetes dan antioksidan. Kedua kandungan ini mampu menurunkan serum malondialdehyde pada tikus yang memiliki hiperglikemia (kadar gula darah tinggi).

Senyawa-senyawa tersebut dapat bekerja menunda penyerapan glukosa, mengikat radikal bebas, dan menstabilkan hidroksida yang dapat menekan kondisi stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh).

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Dianjurkan Konsumsi Brokoli

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Akar bajakah adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari serangan berbagai organisme yang menyebabkan penyakit.

Berdasarkan hasil uji skrining fitokimia, kandungan utama bajakah adalah saponin, flavonoid, dan tanin. Semua senyawa ini membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efisien untuk melawan berbagai penyakit.

7. Mengobati Kanker

Akar bajakah merupakan tanaman asli Kalimantan Tengah yang digunakan untuk mengobati kanker sejak dahulu oleh nenek moyang suku Dayak.

Berdasarkan hasil pengujian di laboratorium, akar bajakah mengandung zat anti-kanker seperti saponin, steroid, fenolik, tanin, terpenoid, alkaloid, dan flavonoid.

Meskipun bagus bagi kesehatan, manfaat akar bajakah masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan pengujian dalam skala yang lebih besar. Hal ini untuk memastikan manfaatnya bagi manusia.

Apabila Anda ingin menggunakan akar bajakah sebagai pengobatan alternatif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang dosis dan kemungkinan efek sampingnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Akar Bajakah. https://www.bsi.international/medicines/jamu-jo-2-akar-bajakah-oral-tonic/. (Diakses pada 28 Desember 2022)
  2. Susanto, Bela N. A dan Nofri. 2021. The Effect of Bajakah (Spatholobus Littoralis Hassk) Stem Extract on Calculation of Leukocyte in Mice (Mus Musculus). https://www.neliti.com/publications/558500/the-effect-of-bajakah-spatholobus-littoralis-hassk-stem-extract-on-calculation-o. (Diakses pada 28 Desember 2022)
  3. Susanto, Bela N. A dan Nofri. The Effect of Bajakah (Spatholobus Littoralis Hassk) Stem Extract on Calculation of Leukocyte in Mice (Mus Musculus). http://theicph.com/en_US/2022/06/13/the-effect-of-bajakah-spatholobus-littoralis-hassk-stem-extract-on-calculation-of-leukocyte-in-mice-mus-musculus/. (Diakses pada 28 Desember 2022)
  4. Putri, Herdian F. W et al. 2022. Comparison of Phytochemical Content and Antifungal Activity of Bajakah Tampala Stem (Spatholobus Littoralis Hassk.) Methanol and Ethanol Extracts Against Candida Albicans. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2929833. (Diakses pada 28 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi