Terbit: 17 June 2022 | Diperbarui: 21 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada banyak anggapan bahwa semakin lama durasi berhubungan intim akan semakin memuaskan kedua pasangan. Lantas, sebenarnya berapa lama waktu berhubungan intim yang normal? Yuk, cari tahu jawabannya dalam penjelasan di bawah ini!

Berapa Lama Waktu Berhubungan Intim yang Normal?

Berapa Lama Durasi Hubungan Intim yang Normal?

Bagi pasangan yang baru menikah atau mulai mengenal dunia seksualitas, maka ada sebuah anggapan di mana hubungan intim yang ideal dan menyenangkan adalah yang berlangsung cukup lama.

Hubungan intim yang terlalu klimaks diyakini bisa membuat keharmonisan rumah tangga terganggu. Namun, pemahaman ini belum tentu benar adanya.

Memang, banyak istri yang mengeluh kurang merasa puas saat berhubungan intim karena suaminya begitu cepat mendapatkan ejakulasi. Namun, beberapa wanita juga mengeluhkan pasangan prianya yang bisa bertahan lama sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada organ vitalnya.

Oleh sebab itu, waktu ideal berhubungan intim bagi setiap orang pun berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Canadian and American Sex Therapist Perception of Normal & Abnormal Ejaculatory Latencies menunjukkan bahwa, rata-rata pasangan hanya berhubungan seks selama 3 hingga 7 menit saja. Memang, perhitungan lamanya berhubungan intim ini hanya berdasarkan waktu penetrasi saja, tidak termasuk foreplay.

Namun, waktu ini cenderung sangat singkat dengan bayangan beberapa orang yang berpikir jika hubungan intim bisa berlangsung hingga berjam-jam lamanya.

Pakar kesehatan seksual Barry W McCarthy menerangkan jika dalam realitanya, hanya sedikit pasangan yang mampu berhubungan intim lebih lama dari 12 menit.

Sebagian besar pasangan mengungkapkan, meskipun waktu rata-rata berhubungan intim hanyalah 3 hingga 7 menit saja, asalkan foreplay dilakukan cukup lama dan menyenangkan, maka hubungan intim pun sudah cukup memberikan kepuasan dan rasa rileks bagi kedua pasangan.

Bahkan banyak pasangan mengeluhkan waktu berhubungan intim yang lebih dari 13 menit sebagai waktu yang terlalu lama dan membosankan.

Dalam sebuah tinjauan, terapis seks di Amerika Serikat dan Kanada memperkirakan durasi rata-rata hubungan intim dalam kategori yang berbeda.

Para terapis menjawab bahwa berhubungan intim memiliki rata-tara durasi berikut ini:

  • Berlangsung di bawah 3 menit yang memerlukan perhatian medis.
  • Berlangsung 3-7 menit dianggap cukup memuaskan.
  • Berlangsung 7–13 menit adalah waktu yang diinginkan.
  • Berlangsung 13–30 menit adalah waktu yang terlalu lama.

Namun, sebuah penelitian di tahun 2020 yang menilai waktu orgasme pada wanita heteroseksual menemukan bahwa rata-rata durasinya adalah 13,41 menit. Hal ini menunjukkan bahwa terapis yang ditinjau sebelumnya akan menganggap seks yang memuaskan banyak wanita heteroseksual membutuhkan waktu yang lama.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa waktu rata-rata untuk setiap pasangan berkisar antara 33 detik hingga 44 menit.

Jadi, berapa lama waktu berhubungan intim yang normal? Jawabannya adalah tidak ada jumlah waktu yang normal untuk berhubungan intim. Namun, rata-rata di hampir semua pasangan adalah 5,4 menit.

Baca Juga: 11 Gaya Berhubungan Intim: dari yang Biasa Hingga ‘Menantang’!

Apa yang Memengaruhi Durasi Berhubungan Intim?

Pada dasarnya, tidak ada yang bisa mengklaim mengenai waktu bercinta yang ideal karena banyak faktor yang memengaruhinya. Berikut ini berbagai faktor yang memengaruhi durasi seks, termasuk:

  • Pandangan mengenai aktivitas seksual. Beberapa orang mendefinisikan setiap kontak yang merangsang secara seksual sebagai seks. Secara keseluruhan, orang dengan definisi yang lebih luas mungkin menganggap seks bertahan lebih lama.
  • Praktik, tujuan, dan aturan seksual. Apakah setiap pasangan harus mendapatkan orgasme? Jika iya, maka hal ini akan memengaruhi durasi bercinta.
  • Kendala eksternal. Salah satu contohnya, pasangan suami istri mungkin melakukan sesi seks yang cepat saat anak tidur siang, atau mereka mungkin mengatur waktu semalaman ketika dapat menghabiskan berjam-jam untuk foreplay.
  • Fungsi seksual dan kesehatan secara keseluruhan. Mengeluh nyeri selama atau setelah berhubungan seks dan ejakulasi dini hanyalah beberapa contoh masalah yang mungkin dapat membatasi durasi seks.
  • Usia. Durasi seks dapat menurun seiring bertambahnya usia karena faktor yang memengaruhi kesehatan dan stamina.

Baca Juga: 9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berhubungan Intim

Cara Berhubungan Intim Lebih Lama atau Cepat

Jika ingin hubungan suami istri makin lengket, ada beberapa cara yang bisa membuat seks lebih lama. Sementara bagi yang durasinya terlalu lama, ada juga cara lebih cepat selesai, berikut caranya:

  • Cara membuat seks bertahan lebih lama

Apabila menginginkan hubungan intim bertahan lebih lama, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan trik berikut:

  1. Ketika salah satu pasangan mendekati orgasme, sebaiknya segera beristirahat dan fokus pada kesenangan dengan cara lain. Beberapa mainan dan peralatan seks, obat-obatan, dan teknik juga bisa digunakan untuk menunda orgasme.
  2. Terus berkomunikasi tentang kebutuhan dan keinginan seksual satu sama lain. Cara ini bisa membantu setiap pasangan untuk lebih menikmati seks.
  3. Fokus pada foreplay sebelum melakukan penetrasi. Tips ini mampu memperpanjang durasi interaksi dan meningkatkan kesenangan bagi kedua pasangan.
  4. Jika ingin berhubungan intim tanpa penetrasi, pasangan dapat memastikan untuk mempertimbangkan orgasme dengan menawarkan stimulasi klitoris manual atau seks oral.
  5. Menggunakan latihan visualisasi dan pernapasan dalam untuk menunda orgasme.
  • Cara membuat seks selesai lebih cepat

Apabila Anda ingin berhubungan intim selesai lebih cepat, dengan alasan mungkin karena keterbatasan waktu atau alasan lainnya, berikut ini cara untuk mempercepatnya:

  1. Menggunakan alat stimulasi dan mainan seks serta pelumas untuk membantu pasangan orgasme lebih cepat.
  2. Mengeksplorasi cara-cara untuk meningkatkan rangsangan seksual, seperti mempertimbangkan minat atau menggunakan media yang bisa meningkatkan gairah
  3. Menjadwalkan beberapa waktu sendirian untuk memastikan ada cukup waktu untuk menikmati sesi berhubungan intim.

Itulah penjelasan terkait seberapa lama waktu berhubungan intim yang normal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Patel, Arti. 2017. Turns out men and women want almost the exact same thing in bed. https://globalnews.ca/news/3916453/how-long-should-sex-last/. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  2. Villines, Zawn. 2022. Sex: How long does it last?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-long-does-sex-last. (Diakses pada 17 Juni 2022)
  3. Zietsch, Brendan. 2016. How long does sex normally last?. https://theconversation.com/how-long-does-sex-normally-last. (Diakses pada 17 Juni 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi